10 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses

Sebelum belajar bagaimana menjadi pengusaha sukses, maka perlu juga kamu ketahui bahwa cara cepat menjadi pengusaha sukses belum tentu bisa diterapkan, tetapi paling tidak sukses secara perlahan-lahan, dapat ditempuh ketika kamu memang memiliki kemauan yang kuat, selain itu di perlukan juga suatu tindakan yang tepat supaya usaha kamu dapat berjalan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Berikut adalah kiat-kiat menjadi pengusaha sukses yang tentunya dapat kamu jadikan sebagai inspirasi untuk menuju kesuksesan yang selama ini kamu mimpikan:

1. Awali Dengan Impian dan Imajinasi

Dulu tidak pernah ada yang berfikir bahwa manusia bisa mendarat di bulan, tapi nyatanya itu adalah sebuah kenyataan yang bisa dilakukan. Ide mendarat di bulan pada awalnya adalah sebuah mimpi, namun impian dan imajinasi itu akhirnya berubah menjadi kenyataan ketika seseorang telah membuktikannya dengan pendaratan manusia pertama kali ke bulan Yang perlu diingat adalah bahwa keberhasilan itu bermula dari impian dan keyakinan yang didorong oleh kerja keras untuk mewujudkannya. Jika kamu mempunyai impian untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, maka segeralah bangun dari mimpi kamu itu untuk mewujudkannya.   Bekerja keraslah untuk segera merubah mimpi kamu itu menjadi sebuah kenyataan. Seorang pemimpi akan mampu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, jasa ataupun ide ide yang bisa sukses. Tidak mengenal kata tidak bisa atau tidak mampu sebelum mencobanya. 

2. Semangat dan Kegigihan

Semangat dan kegigihan adalah modal utama dalam memulai perjuangan untuk mencapai sebuah keberhasilan. Jika kamu tidak bersemangat dan bermalas malasan, yakinlah tidak lama lagi kamu akan segera mengalami sebuah kegagalan. Carilah motivasi usaha kamu itu dengan mencari referensi dan mempelajari perjuangan para pengusaha yang telah sukses.

3. Mempunyai Pengetahuan Dasar-dasar Bisnis

Tanpa adanya pengetahuan dasar-dasar bisnis hanya akan membuat usaha kamu seperti sebuah kelinci percobaan. Kemungkinan besar hanya akan banyak mengalami kegagalan. Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan. Yang terbaik adalah belajar sambil bekerja. Bekerja dengan orang lain dulu sebelum kamu menjadi pebisnis sangat membantu kamu menyerap ilmu dan pengalaman dari orang yang lebih ahli dari kamu dan dengan itu kamu akan siap untuk sukses.

4. Berani Mengambil Resiko

Setiap apapun yang kita lakukan tentu memiliki sebuah resikonya. Dalam berbisnis, semakin besar hasil yang ingin dicapai, tentu kemungkinan resiko yang akan dialami juga semakin besar. Orang yang berani mengambil resiko adalah calon orang yang sukses. Jangan takut akan kegagalan, tapi jika mengalami sebuah kegagalan, jadikan itu sebagai batu loncatan menuju sebuah kesuksesan.

5. Kerja Keras

Untuk mencapai kemajuan dan kesuksesan dalam sebuah usaha tentu dibutuhkan kerja keras. Bohong jika ada yang mengatakan bahwa dia meraih sebuah keberhasilan hanya dengan duduk beberapa saat di tempat kerja. Tentu saja awal mula ketika mereka merintis usahanya itu adalah dengan kerja keras tanpa mengenal putus asa dan banyak berkorban waktu dan tenaga. 

6. Mau Belajar Dari Pengalaman Orang Lain

Pepatah mengatakan: “Pengalaman adalah guru yang terbaik. Jika ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses maka harus bisa mengambil pengalaman dari orang lain dan dari dirinya sendiri. Apapun pengalaman seseorang itu baik kesuksesan atau kegagalan harus dijadikan suatu pelajaran yang berharga sebagai panduan di dalam memulai usaha atau mengembangkan usahanya.

7. Mau Menerima kritik dan Nasehat Dari Orang Lain

Kritikan dan nasihat bukanlah sebuah penghambat bagi kelangsungan usaha. Tetapi bagi orang yang berfikir normal maka kritikan atau bahkan nasehat dari orang lain itu akan dijadikan sebagai gurunya yang membimbing dia ke arah sukses.   Mau menerima kritikan dari orang lain berarti menyadari bahwa kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yang ada pada diri kita maka kita akan bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterimakasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik kita karena orang tersebut telah mengingatkan akan kesalahan kita.

8. Menjalin Kerjasama Dengan Orang Lain

Sepandai pandainyanya manusia, apabila dia bekerja sendiri maka perjuangannya itu pasti tidak akan berjalan optimal. Tidak ada seorang pebisnis pun yang mampu bekerja sendiri. Kerjasama dengan rekan, mitra kerja, teman dan klien sangatlah penting bagi perkembangan suatu bisnis. Merekalah yang akan memberi masukan, saran dan kritik dan membantu di saat-saat mengalami permasalahan. Seorang pebisnis harus mampu menjalin kerjasama dan bergaul untuk menjalin relasi bisnis yang seluas-luasnya. 

9. Berani Menghadapi Kegagalan

Para pengusaha atau pebisnis yang telah mapan dan maju pasti juga pernah mengalami kegagalan. Hanya saja mereka tidak pernah putus asa dan terus berusaha hingga mencapai sukses. Orang yang takut gagal adalah orang yang tidak berani melakukan apapun dan kerjanya hanya menghayal saja.

10. Tidak Suka Menunda

Jangan suka menunda-nunda suatu pekerjaan karena pepatah mengatakan “Time is money”. Lakukanlah saat ini, sekarang juga selagi masih memiliki kesempatan. Menunda suatu pekerjaan berarti adalah suatu kerugian yang akan membuat kamu menyesal. 

::Dari Berbagai Sumber::

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *