Cara Membuat Website Toko Online Gratis & Terpercaya Dengan Blogspot

Tren belanja online dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini semakin melejit. Tak khayal banyak bermunculan marketplace online yang membanjiri ranah jual beli online.

Di Indonesia saja bisa dibilang ada lebih dari 10 marketplace besar dan terpercaya seperti, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada Indonesia, Blibli, JD Indonesia, Elevenia, Zalora, Matahari Mall, IKEA Indonesia, dan banyak lagi lainnya.

Disisi lain, saat ini para pengusaha juga sudah sangat dimanja dengan banyaknya platform media sosial. Para pelaku bisnis bisa dengan mudah membangun toko online di media sosial seperti, Facebook, Instagram dan juga twitter.

Namun, Jika kamu ingin merambah bisnis di dunia internet marketing, maka membuat sebuah website toko online juga menjadi bagian yang penting. Mengapa demikian? karena dengan memiliki website toko online sendiri, bisnis yang dijalankan anak semakin kredibel dan meningkatkan kepercayaan melalui nama branding kamu.

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Website Toko Online

Mari kita ulas lebih detail mengapa pelaku bisnis juga perlu membuat website toko online. Berikut ini kami informasikan beberapa manfaat dan keuntungan jika memiliki sebuah website toko online untuk branding kamu.

#Kredibel, Profesional dan Terpercaya

Sebuah website juga bisa dianalogikan seperti sebuah bangunan toko. Profesionalitas sebuah bisnis online bisa diamati dengan ketersediaan informasi yang lengkap dan valid dalam situs toko online kamu.

Membuat website dengan “Nama Domain” yang disesuaikan dengan brand bisnis, akan membuat Brand bisnis kamu lebih terlihat kredibel, profesional dan terpercaya.

#Bisa Kontrol Penuh Toko Online Sendiri

Dengan memiliki situs toko online sendiri, tentu menjadikan lebih bebas dalam mengatur produk dan deskripsinya. Kita bisa memajang produk dan deskripsinya sesuai keinginan kita sendiri.

Bedakan dengan marketplace, tentu ada aturan main yang mereberlakukan untuk semua pebisnis yang bergabung dan membuat toko di marketplace. Mau tidak mau kita harus mengikuti aturan yang mereka berlakukan.

#Akses & penyebaran informasi lebih mudah dan cepat

Dalam sebuah situs toko online kamu bisa merapihkan produk kamu sesuai kategori. Archive produk/ Katalog produk akan lebih memudahkan pengunjung untuk melihat informasi dan memilih produk yang kamu pajang.

Penyebarannya tentu akan semakin mudah, setiap orang bisa share link situs website kamu melalui media sosial (whatsapp, facebook, dll), dan kamu juga bisa dapat pengunjung organik dari hasil pencarian dari google.

#Keamanan lebih terjamin

Pernah mengalami akun di marketplace tiba tiba hilang karena dihapus oleh pihak marketplace? atau produk yang kamu publikasi dihapus karena melanggar aturan yang mereka berlakukan? Ya, kami pernah mengalami itu. Data produk kami dihapus hanya karena kai memajang nomer telepon kami, dan tidak ada kekuatan bagi kami untuk menuntut kepada mereka karena itulah aturan mereka. Jika kita memiliki situs toko online sendiri, tentu ini tidak akan terjadi.

Beberapa keuntungan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Biaya sewa domain & hosting yang relatif murah, bahkan kamu bisa membuat yang gratis.
  • Kamu bisa lakukan sendiri tanpa merekrut karyawan, yang penting ada koneksi internet.
  • Kamu bisa menggunakan sistem dropship, jadi tidak harus memiliki produk sendiri.
  • Jangkauan dan target pasar tanpa batas, bisa menjangkau ke seluruh penjuru dunia.

Cara membuat toko online dengan blogspot GRATIS

Panduan lengkap cara membuat toko online gratis dengan Blogger – Saatnya kami menyajikan informasi tentang tutorial membuat website toko online dengan platform blogger. Kali ini kami memberikan tutorial untuk yang versi gratis.

Persiapan sebelum membuat situs toko online gratis dengan Blogger

Apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk membuat toko online gratis? setidaknya kamu harus memiliki perangkat tempur berikut ini;

  1. Komputer dan jaringan internet
  2. Email yang valid untuk mendaftar akun di blogger
  3. Template toko online blogspot
  4. Foto foto produk untuk di pajang di situs toko online blogspot

Tips Membangun Website Toko Online

Perhatikan juga beberapa tips berikut supaya kamu lebih maksimal dalam membangun sebuah situs toko online kamu:

1. Pilih “nama domain” yang mudah di ingat ya

Dalam proses membangun website, kamu akan diminta untuk menentukan nama domain situs kamu. Pilihlah nama domain sebagai nama toko online yang mudah di ingat ya. Sesuaikan dengan branding bisnis yang kamu jalankan.

2. Cantumkan informasi kontak dan alamat offline dengan lengkap dan jelas

Pengunjung situs kamu akan lebih yakin dan percaya jika kamu mencatumkan informasi yang lengkap. Informasi seperti kontak, alamat lokasi offline, cara bertransaksi jual beli, jasa kirim, informasi proses pembayaran, informasi layanan toko online yang diberikan, dsb.

3. Bikin tampilan toko online semenarik mungkin

Layaknya toko toko fisik pada umumnya, desain tampilan situs dan user interface yang memudahkan pengunjung akan menghasilkan persentase konversi pembelian yang lebih baik.

Membangun Toko Online Sendiri

Well, mari kita mulai tutorial cara membuat toko online di blogspot sendiri step by step.

Secara garis besar langkah langkahnya seperti ini:

  1. Sign in ke halaman Blogger.
  2. Di menu sebelah kiri, klik panah Bawah.
  3. Klik opsi Blog Baru.
  4. Masukkan nama untuk blog kamu.
  5. Pilih alamat/ url blog kamu.
  6. Pilih template.
  7. Klik Create blog/ Buat Blog.

1. Membuat akun Blogger

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar di Blogger. Seperti yang sudah kami informasikan di bagian persiapan di atas, kami asumsikan kamu sudah memiliki akun gmail ya. Cuss menuju ke situs blogger.com.

Kalian bisa pilih klik tombol sign in atau tombol create your blog. Nanti sama sama akan diarahkan ke halaman login blogger. Masuklah dengan akun gmail milik kamu.

Jika muncul form konfirmasi profil blogger, kamu isikan saja sesuai nama kamu. Nama profile blogger nantinya akan muncul sebagai nama author di situs kamu.

2. Buat Blog Baru

Setelah berhasi masuk ke halaman blogger, kini saatnya kamu cari tombol Blog Baru / New Blog di menu sebelah kiri, klik panah Bawah. Atau Tombol Buat Blog Baru / Create Your Blog di tengah halaman.

3. Isikan Judul dan Alamat Url blogspot

Silahkan isi judul situs dan nama url untuk toko online kamu. Sebagai contoh saya gunakan Beli Yuk Store sebagai nama dan alamat url blogspot. Untuk ketersediaan alamat blog akan terdeteksi secara otomatis, jika nama untuk url tidak available itu artinya sudah digunakan oleh orang lain. Carilah lagi nama lain yang paling sesuai dengan bisnis kamu dan masih tersedia alamat urlnya.

Untuk pilihan template bisa dipilih sembarang saja dulu. Karena nanti kita akan ubah dengan template yang khusus untuk toko online.

Jika sudah klik tombol Create blog / Buat Blog.

Cihuyy…, situs kamu sudah jadi. Tapi belum selesai ya. Saatnya menuju ke tahap berikutnya.

4. Ganti Template Toko Online

Situs blogspot yang sudah dibuat masih berbentuk standar blog. Nah, untuk menjadikan sebagai situs toko online kita butuh untuk ganti template. Sebagai contoh kami gunakan template online shop gratis bikinan anak negeri Bukamart.

Fitur fitur dari template toko online bukamart lumayan bagus. Apa saja? chekidot;

  • Minimalist Design
  • 4 Column
  • Responsive Design
  • Ads Responsive Ready
  • Drop Down Menu.
  • Related Post Product
  • Bank Support.
  • Shipping

Silahkan download package nya di situs resminya disini. ada 5 file yang kalian akan dapatkan untuk versi gratis.

Cara ganti template blogspot, silahkan lihat di menu sebelah kiri. Pilih menu Template atau Theme. Setelah itu akan menuju ke halaman sesuaikan dan edit html. Klik edit html, Buka file “BukaMart Template ( Free Version ).xml” dalam package template bukamart, copy codenya – hapus semua code website bawaan blogspot dan pastekan code template bukamart di editor template bloggspot. Klik Simpan Template. Lihat gambar berikut.

Jangan lupa matikan theme mode mobile bawaan blogspotnya ya karena template online shop bukamart sudah responsive untuk dibuka di ponsel.

Caranya pilih lagi tombol template atau theme di menu sebelah kiri. Lihat di tampilan mobile, klik gambar gerigi di bagian bawahnya. Maka akan muncul popup untuk mengubah tampilan pada device mobile. Pilih opsi kedua “No. Show desktop theme on mobile devices.” dan simpan.
Lihat Gambar!

5. Cara Posting Produk Toko Online

Untuk posting produk toko online kamu, silahkan lihat menu sebelah kiri pilih menu Post, dan klik New Post / Post Baru, Silahkan isi judul dan deskripsinya, jangan lupa beri nama label untuk kategori supaya ter archive dengan baik.

Untuk lebih detail kalian bisa baca baca di Dokumentasi template bukamart.

Well done, website online shop gratis sudah jadi. ini contoh yang kami bikin untuk tutorial cara buat website toko online ini, alamat url beliyukstore.blogspot.com

Butuh bantuan bikin website online shop? Yuk konsultasikan kebutuhan situs toko online terbaik kamu dengan kami.
Kontak WA: 0852-9217-1402

Share
  • 4
    Shares
  • 4
    Shares

11 Comments

  1. Asik, thanks sudah berbagi tutorial bikin toko online.

  2. Posting blognya keren gan.
    Terimakasih sudah berbagi tulisan tentang tutorial cara bikin toko online dengan blogspot.

  3. Setelah baca tutorial kok terlihat mudah ya, perlu dicoba nih

  4. Hi! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good results. If you know of any please share.

    Appreciate it!

  5. Hi! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers?

    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up
    losing many months of hard work due to no data backup.
    Do you have any methods to stop hackers?

    • Thank you for visiting our article.

      We have no any methods to stop hackers.
      You should maximize your web security system. Maybe by buying a security plugin, or just hire a programmer to handle web security

  6. Awesome article.

  7. Bermanfaat banget nih tutorialnya, semoga orang-orang terbantukan dengan baik mengikuti step by stepnya.
    Kadang juga udah ada selengkap ini masih juga nggak jelas hahaha

  8. Superb blog! Do you have any tips and hints for aspiring writers?
    I’m planning to start my own website soon but I’m a little lost on everything.

    Would you suggest starting with a free platform like
    Wordpress or go for a paid option? There are so many options out
    there that I’m totally overwhelmed .. Any suggestions?
    Thank you!

  9. Remarkable! Its truly awesome article, I have got much clear idea on the topic of from this paragraph.

Comments are closed.