Manfaat Melakukan Upgrade Dari HDD Ke SSD

Komputer maupun laptop memiliki dua jenis penyimpanan internal yakni Hard Disk Drive (HDD) dan Solite Stade Drive (SSD). Keduanya memiliki fungsi sama sebagai tempat penyimpanan berbagai file data. Namun juga memiliki sisi perbedaan di mana terdapat fungsi menarik yang lebih unggul di antara kedua jenis penyimpanan internal tersebut.

Perbedaan penyimpanan tersebut yang paling mencolok terletak pada segi performanya jika ditelisik secara keseluruhan. Performa dari penyimpanan internal jenis SSD sebenarnya jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan performa dari HDD, namun di antara keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing–masing.

img: microcontrollertips.com

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh setelah upgrade penyimpanan internal dari HDD ke SSD.

1. Mempercepat Proses Booting

Proses booting jika dilakukan dengan menggunakan penyimpanan internal HDD terkadang berjalan dengan lambat atau bisa dikatakan bahwa proses loadingnya lama pada saat booting. Namun, jika Anda menggunakan penyimpanan internal jenis SSD, maka proses booting pada laptop ataupun komputer Anda akan sangat terasa menjadi lebih cepat. Bahkan Anda dapat menyalakan komputer Anda hanya dalam beberapa detik saja dan tidak perlu menunggu proses loading yang terlalu lama.

2. Proses Transfer File Berjalan Cepat

Saat Anda melakukan transfer file di laptop Anda, jika Anda menggunakan penyimpanan internal HDD biasanya proses agak berjalan lambat. Apalagi jika file yang Anda transfer memiliki ukuran yang besar, pasti proses transfer datanya akan berjalan sangat lambat. Namun hal tersebut dapat segera Anda atasi jika Anda beralih atau mengupgrade penyimpanan internal Anda dari HDD ke SSD.

3. Lebih Awet Jika Dibandingkan Dengan HDD

Penyimpanan internal jenis SSD lebih awet jika dibandingkan dengan penyimpanan internal jenis HDD. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam SSD tidak banyak terdapat komponen yang bergerak sehingga dalam proses pemakaiannya akan lebih awet dan tahan lama. Selain itu, Penyimpanan internal jenis SSD tersebut sangat tahan terhadap segala macam benturan yang mungkin terjadi.

4. Hemat Daya Listrik

Daya listrik yang dipakai saat Anda menggunakan penyimpanan internal jenis SSD akan lebih awet karena kinerja dari penyimpanan internal SSD jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan penyimpanan internal HDD. Dengan daya listrik yang hemat, maka Anda akan lebih nyaman saat menggunakan laptop Anda dengan penyimpanan internal tersebut.

5. Laptop Tidak Mudah Panas

Saat Anda menggunakan laptop dengan jangka waktu yang lama, pasti laptop Anda akan cepat panas. Namun, jika Anda menggunakan SSD terbaik, maka laptop Anda tidak akan mudah panas karena kinerjanya dapat berjalan dengan baik. Selain itu, penyimpanan internal SSD memberikan performa yang lebih maksimal.

Kesimpulan

Dari lima manfaat yang telah di sebutkan di atas, mungkin dapat menjadi pertimbangan secara matang bagi Anda yang ingin melakukan upgrade jenis penyimpanan internal dalam laptop atau komputer Anda dari HDD (Hard Disk Drive) ke SSD (Solite Stade Drive). Saat ini, ada banyak SSD dengan pilihan kapasitas simpan yang luas. Anda bisa melihat rekomendasi SSD di Pickybest.id untuk menemukan produk terbaik.

Manfaat yang dapat Anda peroleh setelah melakukan upgrade dari HDD ke SSD adalah Anda dapat lebih merasakan kecepatan komputer atau laptop Anda pada saat booting, proses transfer file juga akan berjalan lebih cepat, penyimpanan internal SSD lebih awet daripada penyimpanan internal HDD, penggunaan daya listrik nya juga lebih hemat, dan laptop Anda pun menjadi tidak mudah panas.

Leave a Reply