Skip to main content

12 Ide Bisnis Tanpa Modal Tanpa Resiko dan Menguntungkan

bisnis-online-bisnis-offline-tanpa-modal

Modal menjadi hal terpenting yang harus ada jika kamu ingin memulai sebuah bisnis. Pandangan umum banyak orang mengerucut tentang kata modal yang sering diartikan sebagai “materi/ dana” untuk membangun sebuah usaha. Padahal skill dan wawasan kamu akan menjadi modal yang juga sangat berpengaruh dalam memulai bisnis.

Lalu, bagaimana bisa memulai sebuah bisnis tanpa modal? Dalam tulisan ini akan dibahas beberapa ide bisnis tanpa modal. Tapi digaris bawahi bahwa modal yang dimaksud adalah modal yang berupa materi seperti misalnya alat produksi, produk yang ditawarkan, bangunan toko dll. Karena keahlian dan wawasan kami anggap sebagai modal dasar yang kamu sudah miliki dan atau bisa dipelajari.

Kebanyakan orang memiliki sebuah gadget untuk mengikuti arus jaman sekarang yang serba modern dan juga serba online. Baik itu untuk kebutuhan komunikasi, akses informasi hingga bertransaksi online.

Yap, Gadget atau smartphon yang kamu miliki ditambah lagi dengan koneksi internet merupakan modal awal yang sudah kamu miliki. Dengan modal ini kamu bisa memulai sebuah bisnis atau usaha sampingan tanpa modal.

Mari simak beberapa ide bisnis tanpa modal yang sudah kami kumpulkan berikut ini.

Usaha Bisnis Online Tanpa Modal

Dropship & Reseller

Bisnis online baju tanpa modal adalah contohnya. Membuka usaha dropship jualan baju online. Cari suplier produk yang bagus dan terpercaya yang menyediakan jasa dropship atau reseller. Jadi kamu tinggal jualan online, menawarkan barang, pasang katalog foto dan deskripinya di marketplace atau di media sosial kamu. Produksi dan stok barang sepenuhnya ada di suplier. Jika ada yang membeli produk kamu, transaksi jual beli tetap dengan kamu dan nantinya suplier yang akan mengurus dari mulai pengemasan barang hingga pengirimannya.

Model bisnis ini sedang menjadi tren, bisa dijadikan bisnis utama atau bisnis sampingan online tanpa modal. Tren model bisnis ini berkembang karena banyaknya aplikasi bisnis online tanpa modal, marketplace dan sosial media seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, facebook, instagram dan lainnya. Aplikasi aplikasi tersebut telah memberikan kemudahan kepada penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli online.

Review Produk

Review produk juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hampir setiap orang yang akan membeli sesuatu akan mencari segala informasi tentang produk tersebut. Dari mulai harga, kualitas, kelebihan dan kekurangan dll. Peluang ini bisa kamu ambil jika kamu berkompeten di bidang ini.

Cuma bermodalkan smartphone, kamu bisa foto produk dengan smartphone kamu dan mengunggahnya di media sosial kamu. Di jaman serba online ini hampir mustahil jika kamu tidak memiliki smartphone dan akun sosial media kan. Facebook, instagram, twitter.

Kamu bisa maksimalkan akun sosial media kamu untuk review sebuah produk. Mulai saja dengan produk yang biasa kamu pakai atau konsumsi. Mention dan tag merek produk yang kamu review, jika perlu hubungi bagian pengiklanan produk tersebut. Barangkali mereka tertarik dengan model tulisan review yang kamu biki dan membayar kamu untuk membuat review lagi.

Jasa tulis artikel / berita

Buat kamu yang memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar. Jangan sia siakan kemampuan kamu. Banyak website yang membuka peluang untuk menjadi penulis di situs mereka. Dari mulai situs besar seperti detik hingga para bloger pun banyak yang membutuhkan jasa artikel untuk dipublikasi di blog mereka.

Youtuber

Sudah tidak asing lagi dengan situs web untuk berbagi konten video ini. Dengan syarat dan aturan yang mereka terapkan chanel youtub yang memenuhi syarat bisa di monetisasi. Chanel youtub bisa di monetisasi melalui google adsense untuk menampilkan iklan di setiap video yang ada.

Banyak yotuber indonesia yang sukses dan meraih banyak rupiah melalui situs youtube.com. Bahkan artis artis seperti Deddy Corbuzier, Raditya dika dan masih banyak lainnya juga telah merambah di dunia youtuber.

Blogger & Publisher

Lagi lagi buat kamu yang suka nulis dan memiliki keahlian membuat konten website. Peluang ini bisa menjadi bisnis juga loh. Model review produk juga bisa diterapkan jika kamu menjadi blogger. Kamu bisa tulis artikel untuk review sebuah produk.

Nah hampir sama dengan youtuber. Kamu juga bisa menjadi publisher adnsene dengan cara monetisasi blog yang kamu miliki di google adsene. Jika blog yang kamu miliki memenuhi syarat dan diapprove sebagai publisher maka kamu bisa menampilkan iklan di blog kamu untuk menghasilkan rupiah dari website blog kamu.

Freelancer Jasa Desain Online

Jika kamu memiliki keahlian dibidang desain, kamu bisa jadi desainer online. Kamu bisa jualan jasa desain melalui media sosial kamu. Upload protofolio desain yang sudah kamu bikin.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi desainer dengan mandaftar di website desain untuk berjualan jasa desain kamu atau mengikuti kompetisi kompetisi membuat desain di 99designs.com, fiverr.com, Projects.co.id dll.

Bisnis Tanpa Modal di Dunia Nyata

Pembahasan berikut ini mengenai bisnis tanpa modal di dunia nyata, bukan bisnis online. Ide bisnis tanpa modal berikut ini bisa menjadi referensi kamu untuk membandingkan dan memilih mana yang sesuai dengan keahlian kamu.

Tour Guide

Kekayaan alam dan budaya di indoensia sangat indah dan beragam. Hal ini menjadi pengaruh yang besar terhadap sektor pariwisata di Indonesia. Tren treveling juga semakin melejit. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang meramaikan pariwisata di Indonesia.

Peluang untuk membuka bisnis tour guide tentu menjadi sangat terbuka. Tidak perlu langsung membuat perusahaan tour and travel, tanpa modal pun kamu bisa menjadi tour guide. Yang terpenting adalah kamu memiliki wawasan yang luas tentang pariwisata Indonesia. Memiliki koneksi dengan biro biro berjalanan wisata. dan tak kalah pentingnya kamu juga harus memiliki kemampuan berbicara/ komunikasi yang baik dan benar. Jika bisa berbahasa asing khususnya bahasa inggris tentu akan menjadi nilai plus buat kamu.

Jasa Fotografi

Jika kamu hobi fotografi dan memiliki keahlian di bidang ini. Bidang jasa fotografi juga bisa menghasilkan uang. Era digital membuat teknologi semakin canggih semuanya menjadi semakin maju.

Hampir setiap orang ingin mengabadikan momen atau acara yang dilakukan dalam sebuah foto dan video. Maka jangan sia siakan keahlianmu. Mulailah berpikir untuk membuka jasa fotografi meskipun tidak 100% tanpa modal ya. Di bisnis ini setidaknya kamu harus memiliki kamera.

Makelar motor/ mobil bekas

Meskipun banyak yang sudah merealisasikan bahwa menjual motor atau mobil bekas lewat internet membuat semakin banyak calon pembeli yang datang. Namun sebagian orang justru malas untuk menjual motor atau mobil bekasnya via internet karena tidak mau bersusah payah melayani banyaknya orang yang akan menanyakan.

Hal tersebut bisa kamu memanfaatkan. Jika ada teman atau tetangga yang pengin jual motor atau mobil bekasnya. kamu bisa jadi makelar untuk ikut menjualkannya. Kamu juga bisa datangi setiap sorum motor/ mobil bekas dan cobalah meminta untuk ikut menjual barang yang mereka miliki.

Guru les privat

Jika kamu berkompeten dan memiliki ilmu dalam mengajar, bisnis ini jelas tidak membutuhkan modal. Kamu hanya butuh ilmu yang tinggi untuk membuat bagaimana anak paham atas penjelasan kamu.

Les privat bukan berarti hanya berkutat di mata pelajaran sekolah saja ya. Jika kamu memiliki kemampuan seni atau olahraga juga bisa loh untuk jadi guru les privat. Les musik, les renang, les melukis misalnya.

Jasa titip

Banyak orang yang bingung ketika hendak bepergian dan meninggalkan beberapa barang. Mereka membutuhkan sebuah jasa titip yang bisa menampung barang mereka saat ditinggalkan. Kasus ini bisa kamu manfaatkan untuk lahan bisnis yang bisa dibilang tanpa modal.

Bisnis jasa titip bisa menyentuh berbagai barang titipan. Bisa berbentuk makanan, pakaian, hingga hewan peliharaan.

Jasa Transaksi Belanja Online

Pernah ngalamin temen kamu minta bantuan untuk membelikan sesuatu via online? masih banyak yang merasa ribet untuk berbelanja online, jika mereka melihat barang yang bagus dijual dionline mereka cenderung lebih suka meminta bantuan orang lain untuk membelikannya via online.

Kondisi ini masih banyak sering terjadi loh. Bisa dimanfaatkan untuk bisnis juga. Kamu ambil keuntungan kepada setiap orang yang meminta bantuan kepadamu untuk melakukan transaksi online barang yang mereka ingin beli.

Apapun bisnis yang kamu jalankan, pasti dibutuhkan ketekunan, kesabaran dan perjuangan yang keras untuk mencapai kesuksesan.

Sebelum kamu benar benar memilih dan memulai bisnis apa yang akan kamu jalankan, simak beberapa tips berikut ini.

Tips Sukses Memulai Bisnis Tanpa Modal

  1. Niat yang sungguh sungguh untuk memulai bisnis, bukan hanya sekedar untuk coba coba.
  2. Jika memulai bisnis sampingan, jangan berhenti dari pekerjaan utama
  3. Stalking stalking dulu bidang bisnis yang akan kamu pilih, perhatikan kompetitor, lihat target pasar, dll.
  4. Pilih dan fokus pada satu bidang bisnis saja, jangan mudah tergiur dengan bisnis lain
  5. Jangan terlalu pede menjalankan ide bisnis tanpa melakukan uji coba
  6. Memulai bisnis dengan biaya yang seirit mungkin
  7. Jangan mudah menyerah, teruslah belajar

Hampir mustahil jika dibilang bisnis tanpa modal. Tanpa modal disini bukan berarti tidak butuh biaya ya. Memulai berbisnis tetap akan membutuhkan setidaknya biaya yang minim, misal untuk operasional akomodasi, pulsa, internet dll.

Share
  • 2
    Shares
  • 2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *