Skip to main content

21+ Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Tapi Hasilnya Menggiurkan

freelancer

Di dalam segala aspek kehidupan, uang bukanlah segalanya namun tanpa uang kita bisa apa. Banyak yang sudah bekerja tapi penghasilan masih relatif kecil untuk kehidupan sehari hari.

So, sudah sangat wajar jika banyak orang yang Mencari Usaha Sampingan. Pada kenyataanya banyak karyawan kantoran yang pandai memanfaatkan waktu luang mereka untuk menjalankan bisnis sampingan.

Tak hanya para pekerja kantoran saja yang bisa menjalankan sebuah usaha sampingan. Siswa sekolah, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga juga sangat memungkinkan untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan.

Untuk memilih dan memulai menjalankan Bisnis Sampingan memang bukan hal yang mudah. Butuh kerja keras dan pengorbanan.

Jika kita bisa menjalankan sebuah Usaha Sampingan yang Tepat maka dapat menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Suatu hal yang bermakna sekaligus dapat menambah pundi pundi penghasilan kamu.

Dan, saat Bisnis Sampingan yang kamu jalankan mulai bertumbuh maka bisa jadi uang yang kamu dapatkan akan lebih besar daripada gaji pekerjaan utama kamu.

Namun ada catatan, sebaiknya kita juga tidak perlu terlalu tinggi dalam bermimpi dengan membuat Usaha Modal Kecil Untung Besar. Karena apa?, sekali lagi harus ditegaskan bahwa memulai sebuah usaha dibutuhkan pengorbanan. Jangankan usaha tanpa modal, usaha dengan modal besar saja belum tentu berhasil.

Oleh sebab itu, dibawah ini sudah kami kumpulkan banyak Ide Bisnis / Usaha Sampingan yang mungkin tepat dan bisa kamu mulai jalankan.

Usaha Sampingan Karyawan

Berikut ini adalah Ide Bisnis Sampingan Karyawan yang bisa kamu jalankan dan tidak mengganggu kerjaan kamu.

image:\@kabitacokelat Car Free Day / Sunmor Yogyakarta

1. Jualan Musiman

Weekend? yap, hari libur sabtu minggu adalah peluang waktu yang cocok banget dimanfaatkan untuk melakukan usaha. Kamu bisa menjalankan usaha pakaian, aksesoris, hingga kuliner di pasar dadakan.

Hampir setiap kota sudah memiliki acara khusus Car Free Day (CFD). Momen ini tentu sangat menjanjikan untuk usaha jualan musiman.

Kamu yang memiliki kemampuan meracik minuman bisa menjalankan usaha jual minuman segar. Gak punya modal untuk beli gerobak? ah,, banyak loh yang hanya menggunakan meja biasa untuk menjadi meja jualan.

Jika kamu memiliki mobil, bisa saja gunakan bagasi belakang mobil kamu untuk disulap menjadi mini booth untuk berjualan.

Jualan apapun di pasar dadakan seperti CFD adalah peuang yang bagus, bahkan jika kamu ingin menjual barang bekas milik kamu yang masih bagus/ berfungs .

2. Jual pulsa dan kuota Internet

Jaman serba digital seperti sekarang ini siapa coba yang gak butuh internet? di Kantormu ada gak yang jualan pulsa atau kuota internet?

Jika belum ada, bisa jadi peluang bisnis buat kamu. Bisnis jualan pulsa dan kuota internet. Jadikan semua rekan kerja kamu adalah pembeli langganan pulsa dan kuota internet yang kamu jual.

Gak butuh peralatan banyak, hanya modal smartphone dan deposit pulsa ke operator kamu sudah bisa jualan.

Banyak kok Agen Jual Beli Pulsa All Operator Online yang bisa kamu jadikan sebagai distributor.

3. Usaha Katering untuk Sarapan Karyawan

Tuntutan waktu masuk jam kerja yang mengharuskan karyawan berangkat lebih pagi seringkali membuat lupa makan pagi. Hal yang disepelekan tapi sebetulnya beresiko bagi kesehatan tubuh.

Hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Kamu bisa tawarkan jasa ketering untuk rekan rekan kerja kamu. Jika tak mau ribet masak, cari saja orang atau warung yang mau membuatkan sarapan pagi untuk kamu jual kembali. Kamu ambil untung dari setiap penjualan ketering yang kamu peroleh dari orang/ warung tersebut.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Keputusan untuk tidak bekerja kantoran dan menjadi Ibu rumah tangga adalah hal yang sangat hebat.

Usaha sampingan bisa menjadi jembatan agar ibu rumah tangga tetap produktif. Disisi lain tentu bisa mendapatkan uang tambahan dari bisnis sampingan.

Berikut ini adaalah Ide Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga:

1. Bisnis Online yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis online menjadi ladang paling menggiurkan. Hanya bermodal smartphone dan akses internet setiap orang bisa mengambil peluang untuk berbisnis. Bisa dikatakan tanpa modal/ hanya dengan modal yang minim.

Apa saja Usaha online untuk ibu rumah tangga? mari simak:

#Jadi Dropshipper Fashion

Jualan fashion seperti pakaian, celana, aksesoris masih menjadi peluang yang sangat menggiurkan. Seorang ibu rumah tangga bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk merambah bisnis jualan baju tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

Ketimbang membuka hp hanya untuk utak atik sosial media tanpa manfaat. Lebih baik gunakan waktu untuk membuat akun email dan memulai membuat akun di beberapa marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, blibli. Bikin lapak di marketplace tersebut untuk dijadikan toko online kamu.

Cari supplier yang mau melayani jasa dropship. Daftarlah jadi agen dropshipper produk mereka. Upload setiap produk ke lapak yang sudah dibuat dan tunggu ada pembeli.

Alurnya adalah: Pembeli -> Bayar ke Kamu sebagai Agen Dropship -> Kamu Bayar ke Supplier -> Supplier kirim produk ke pembeli.

Agen drophip tidak harus memiliki stok barang di tangan. Jika ada yang beli maka supplier yang akan langsung mengemas dan mengirim barang ke pembeli.

#Jadi Agen Produk Kecantikan

Sudah melekat pada wanita sebuah kebiasaan bersolek untuk terlihat cantik. Hal ini bisa dimaksimalkan untuk dijadikan sebuah bisnis. Tanpa disadari peluang ini berpotensi untuk menjadi endorse bagi sebuah produk kecantikan.

Kamu bisa memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram untuk memasarkan produk kecantikan. Ingat!, pilih produk-produk kecantikan/ kesehatan yang berkualitas dan terdaftar di BPOM ya.

#Bisnis Online Kerajinan Tangan

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki skill dan kreatifitas untuk membuat kerajinan tangan bisa dijadikan lahan bisnis.

Misalnya membuat kerajinan tangan untuk aksesoris seperti Bros, dompet, headband dan pernak pernik lainnya. Hasil karya handmade bisa jadi produk dengan nilai jual yang tinggi yang menguntungkan.

Manfaatkan jejaring sosial dan juga marketplace untuk berjualan.

2. Bisnis Ketering Rames, Jajan Pasar atau Cemilan

Sudah tak bisa diragukan lagi dong bahwa perempuan seharusnya bisa memasak. Maksimalkan ketrampilan memasak untuk dijadikan sebuah bisnis.

Ibu rumahtangga bisa memulai bisnis jualan ketering rames untuk acara acara RT misalnya. Bisnis jualan jajan pasar atau cemilan sehat juga sangat berpotensi sekali.

Potensi ini masih sangat berpeluang karena jaman sekarang terlalu banyak pilihan jajanan kemasan dari perusahaan besar. Bagi sebagian orang justru lebih memilih untuk membeli produk olahan rumahan seperti jajan pasar.

3. Jasa Pembuatan Souvenir Atau Parcel

Dalam sebulan kalender acara hajatan pernikahan sudah hampir pasti ada. Jika kamu memiliki skill membuat souvenir, parcel dan atau hadiah pernikahan. Maksimalkan ini menjadi bisnis kamu.

Bukan hanya untuk pernikahan, bahkan bisa saja souvenir/ hadiah untuk untuk kelahiran anak dan ulang tahun.

Kuncinya si bikin sesuatu yang unik dan berkualitas saja. Selain itu harga yang kompetitif juga akan menarik perhatian konsumen untuk order produk kamu.

Usaha Sampingan Mahasiswa

Jadwal masuk kuliah kamu sedikit, banyak waktu luang yang sebetulnya bisa kamu gunakan untuk memulai berbisnis.

Ide usaha sampingan untuk pelajar dan mahasiswa dibawah ini mungkin cocok buat kamu.

1. Jasa Tulis Artikel

Sekarang ini pertumbuhan bisnis di sektor internet terus naik sehingga trend menulispun menjadi semakin meningkat.

Tidak bisa dipungkiri pengguna internet di Indonesia saja sudah mencapai ratusan juta, apalagi jika dihitung berdasarkan lingkup global dunia.

Memulai bisnis jasa tulis artikel, lalu kemana artikel bisa dijual?

Dengan hanya bermodal komputer atau leptop atau bahkan hanya dengan smartphone dan koneksi internet sudah bisa untuk memulai usaha sampingan jadi penulis artikel. Sekarang ini sudah sangat banyak media media online yang membutuhkan sorang penulis artikel. Lihat saja seperti:

  • Portal berita lokal seperti detik kom, viva, dll
  • Blog โ€“ blog publisher google adsense pun sering membutuhkan jasa tulis artikel
  • Perusahaan sering membutuhkan sebuah artikel review produk untuk mendongkrak kredibilitas produk mereka
  • Menulis buku digital, dan lain sebagainya

Bagaimana cara untuk promosi?

Kamu pasti punya seabreg akun jejaring sosial kan? nah, manfaatkan jejaring sosial kamu untuk melakukan promosi. Banyak penulis lepas online lain sudah melakukan hal ini.

2. Jasa Ketik Naskah

Semakin majunya teknologi justru seolah membuat orang semakin malas. Semua inginnya serba instant. Hal ini terjadi juga pada kasus malas untuk menulis hingga malas untuk mengetik tulisan yang berlembar lembar banyaknya.

Pelajari cara mengetik dengan 10 jari, dan mulailah bisnis jasa ketik naskah. Pasarkan jasa usaha ketik naskah kamu melalui jejaring sosial dan mulut ke mulut di komunitas terdekat kamu.

3. Desain Grafis

Punya skill desain grafis? Coreldraw atau Photoshop misalnya. Kamu bisa maksimalkan kemampuan mendesain kamu untuk dijadikan bisnis.

Lagi lagi bisnis di sektor internet mau tidak mau memaksa pelaku bisnis untuk lebih aktif berpromosi. Salah satunya dengan membuat poster produk. Sayangnya tidak semua orang bisa mendesain sendiri kan. Maka kamu berpeluang masuk untuk menjual jasa skill desain grafis kamu.

4. Konten Kreator Blogger atau Vlogger

Kamu suka nulis, atau kamu hobi treveller. Jadikan saja hobimu itu ladang meraup uang. Sekarang ini banyak loh blogger atau vlogger yang kaya raya hasil dari menjadi publisher google adsense.

Setiap konten yang dipublikasi via blog atau youtube bisa dimonetisasi untuk menghasilkan pundi pundi rupiah.

Jika ingin sukses di bidang ini yang terpenting adalah jadilah konten kreator yang isinya memberikan banyak manfaat.

5. Endorser/ Review Produk di Sosial Media

Kamu memiliki akun jejaring sosial dengan follower banyak? istilahnya selebgram instagram contohnya. Jangan sia siakan, kamu bisa jadikan akun kamu untuk endorse sebuah produk.

Bagaimana memulainya?

Kamu bisa memulai dengan memposting produk yang biasa kamu pakai dengan copywriting yang bagus. Tag atau DM saja official produknya, siapa tau dengan postinganmu mereka mau membayar untuk endorse produk mereka yang lainnya.

6. Foto atau Video Editor

Sekarang ini semua sudah serba diabadikan dalam sebuah foto ataupun video. Banyak yang membutuhkan jasa untuk edit foto atau video karena tidak semua orang memiliki skill foto/ video editing.

Jika kamu memiiki kemampuan editing foto/ video, jangan sia siakan peluang usaha ini meskipun dimulai untuk bisnis sampingan. Jika suatu saat berkembang maka kesuksesan sudah didepan mata.

7. Jadi Driver Online

OJOL panggilan tenar ojek online yang kian menjadi primadona bagi semua kalangan. Bagemana tidak, mau pergi kemana orang dimanjakan hanya dengan pesan via aplikasi. Mau makan tinggal klik menu dan pesan via aplikasi.

Nah, mahasiswa kan sering punya waktu luang saat tidak ada mata kuliah. Jika kamu memiliki kendaraan, manfaatkan untuk mendaftar jadi driver ojek online. Jangankan untuk usaha sampinga, banyak yang menjadikan ojol untuk jadi kerjaan utama.

Usaha Sampingan di Desa

Bagi kamu yang tinggal di desa dan pengin memiliki usaha sampingan. Jangan salah kira, di desa juga banyak peluang untuk bisnis loh.

Yuk simak peluang bisnis sampingan di desa berikut ini:

1. Membuka Angkringan Malam Hari

Ngopi dan ngemil gorengan menjadi aktifitas yang bisa dibilang kebutuhan sehari hari. Kegemaran minum kopi, jajan gorengan dan nongkrong bisa dijadikan peluang bisnis dengan membuat angkringan.

Setelah siang hingga sore kamu menjalankan aktifitas pekerjaan utama kamu. Maka masih ada sisa waktu hingga malam hari untuk memulai usaha sampingan ini.

Halaman depan rumah bisa kamu manfaatkan untuk membuka angkringan atau warung kopi. Tidak punya halaman yang luas? atau rumah tidak berada di tempat yang strategis. Bikin angkringan konsep trotoar atau pinggiran toko. Kalau di desa mungkin hanya bayar untuk kebersihan dan listrik saja kepada yang punya toko.

2. Menjual Bibit Tanaman

Suka bercocok tanam. Sektor pertanian di desa masih sangat kental dan terbuka luas untuk berbisnis. Banyak lahan lahan pertanian yang butuh digarap.

Jika kamu bisa membudidayakan dan membuat bibit tanaman kamu bisa coba bisnis jual bibit tanaman.

3. Jasa Pengetikan dan Cetak

Setiap orang pasti akan berurusan dengan hal yang bersifat administrasi. Ketika mengurus izin ini itu di kantor desa misalnya. Pasti membutuhkan berkas yang mungkin diketik dan dicetak.

Nah, kalau di desa bukan soal karakter orangnya yang malas untuk ngetik ya, tapi lebih karena orangnya belum tentu punya peralatan mengetik dan mencetak berkas, jikapun punya mungkin tidak pandai mengoperasikan tool seperti Ms. Word.

4. Freelance Fotographer Pernikahan

Jasa wedding organiser atau rias pengantin sudah bertebaran dimana mana mengingat permintaan yang banyak dan selalu ada. Tak hanya di perkotaan di desa pun banyak.

Jika kamu memiliki keahlian fotografi kamu bisa bekerjasama dengan WO agar kamu bisa dijadikan partner sebagai fotografer ketika ada job pernikahan.

5. Jasa Pengurusan Surat Surat, Pajak/ KK/ Akte Lahir Dll

Image ribet dan berbelit belit ketika mengurus surat surat di instansi pemerintahan sudah lekat sejak entah kapan dulu. Banyak orang enggan untuk mengurus sendiri sehingga lebih suka meminta bantuan kepada orang lain untuk menguruskan dan diberikan imbalan bayaran.

Mungkin kamu memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik. Jika iya, peluang ini bisa kamu jadikan bisnis sampingan untuk menambah penghasilan kamu.

6. Jasa Travel Antar Kota

Angkutan umum yang masuk sampai ke desa desa masih terbilang sedikit. Jikapun ada, jarak antara angkutan yang satu dengan yang lain mungkin sangat jauh.

Jika sebuah rombongan ingin melakukan perjalanan antar kota biasanya cenderung memilih untuk menyewa transportasi beserta sopirnya.

Jika kamu memiliki mobil yang memungkinkan untuk dijadikan mobil travel, mengapa tidak dicoba?

7. Bisnis Jasa Titip Online

Pengalaman pribadi penulis ketika berada di kampung. Banyak kawan kawan yang lebih suka meminta bantuan untuk membelanjakan barang online. Beberapa karena memang tidak terbiasa dengan transaksi online, namun ada juga yang takut salah atau takut ditipu saat melakukan transaksi.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan, berikan tarif jasa titip pada setiap orang yang meminta membelikan produk via online.

8. Guru les privat

Masih jarangnya lembaga bimbingan belajar yang berada di desa. Banyak yang enggan untuk mengikuti bimbel jika harus menempuh perjalanan jauh hingga ke kota.

Hal ini bisa jadi peluang buat kamu untuk mejadi guru les privat. Bisa dengan cara kamu yang datang ke rumah siswa, atau kamu manfaatkan sebagian ruangan di rumah kamu untuk dijadikan kelas bimbel. Bisa bimbel mata pelajaran sekolah atau lest privat hobi seperti musik.

5 thoughts to “21+ Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Tapi Hasilnya Menggiurkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *