Skip to main content

6 Sektor Peluang Usaha Bisnis di Desa Yang Menjanjikan

Tinggal di desa bukan berarti sebuah keterbatasan untuk memiliki sebuah bidang usaha bisnis. Potensi membuka bisnis di desa juga tidak bisa dibilang buruk. Banyak peluang peluang usaha yang juga menjanjikan untuk dijalankan, karena tidak hanya masyarakat perkotaan, warga di desa juga memiliki ketergantungan dengan pihak lain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Kini desa tidak lagi lekat dengan image sebuah tempat yang terpencil yang identik dengan kemiskinan. Jadi, jangan khawatir hidup di desa tidak bisa membuat usaha bisnis. Ada banyak peluang usaha bisnis di desa yang bisa meningkatkan ekonomi kehidupan.

Di bawah ini kami ulas beberapa contoh peluang usaha bisnis yang mungkin bisa dipilih yang sesuai dengan kondisi di desa.

1. Peluang usaha bidang pertanian

Sudah menjadi hal yang sangat lazim jika di desa adalah tempatnya bertani. Masih banyak lahan yang bisa di garap untuk pertanian, dan faktor lingkungan yang mendukung untuk menjalankan usaha pada bidang pertanian.

Karena hal itu, peluang usaha bidang pertanian bisa menjadi pilihan pertama yang paling ideal. Tinggal berfikir mau bertani apa? Kebun? sawah?

Selain sawah untuk menanam padi. Rekomendasi lainnya adalah sayuran dan buah-buahan. Sektor pertanian ini menjadi paling ideal dan tepat untuk dijalankan di pedesaan.

Tapi tidak semua warga di desa punya lahan juga kan? tentu, kendala ini bisa diatasi dengan sistem sewa lahan. Atau bisa juga bertanam sayuran dengan sistem hidroponik. Dengan segala kelebihannya bertanam dengan hidroponik sedang menjadi tren pertanian yang sehat dan banyak diminati.

Bagaimana cara memulai bertanam dengan sistem hidroponik, butuh modal berapa dan lahan berapa bisa dibaca pada artikel yang telah kami tulis >> usaha hidroponik rumahan.

2. Peluang usaha bidang peternakan

Selain sektor pertanian, bidang usaha bisnis peternakan tentu menjadi yang sangat ideal juga. Peluang usaha peternakan di desa menjanjikan tentu karena memiliki lahan dan faktor pendukung yang mudah.

Permintaan kebutuhan konsumsi daging di desa pun tidak kalah dengan yang di kota. Contoh peluang usaha di sektor peternakan yang bisa dilakukan di desa yang menjanjikan.

Usaha ayam potong / ayam broiler

Ternak ayam potong adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan mengingat banyak konsumen yang memerlukan daging ayam segar untuk dikonsumsi sehari hari. Dari mulai rumah tangga, warung makan dan pelaku bisnis kuliner lainnya.

Usaha ternak ikan

Ternak ikan juga menjadi salah satu peluang yang sangat menjanjikan. Kebutuhan manusia untuk mengkonsumi ikan juga sangat tinggi. Budidaya ikan lele bisa menjadi pilihan yang ideal.

Untuk mengawali budidaya ikan lele tidak membutuhkan lahan yang extra, bisa menggunakan kolam yang terbuat dari terpal. Dengan menebar bibit ikan lele yang unggul, dalam kurun waktu 2-3 bulan sudah bisa dipanen.

Peluang usaha ternak lainnya yang bisa menjadi pertimbangan:

  • Usaha ternak ayam kampung
  • Bisnis beternak kambing
  • Usaha bisnis beternak sapi
  • Bisnis ternak jangkrik dan kroto untuk pakan burung

3. Usaha di bidang Jasa

Berikut ini beberapa contoh peluang usah bidang jasa yang cukup menjanjikan jika dilakukan di desa.

Bengkel motor

Jaman sekarang siapa yang tidak memiliki kendaraan bermotor. Semakin banyak yang memakai semakin tinggi permintaan untuk melakukan service motor. Kami sudah mengamati beberapa bengkel yang berada di pedesaan dan hasilnya setiap hari tidak kurang dari 10 motor yang datang ke bengkel untuk perbaikikan motor.

Jasa Pangkas Rambut (Barbershop)

Ini saya alami sendiri, hal kecil yang jadi menyusahkan saat kebutuhan untuk memangkas rambut tapi tidak menemukan barbershop di sekitar. Beruntung baru-baru ini di desa saya ada barberhop yang baru buka yang mengakomodir kebutuhan saya untuk pangkas sambut tanpa harus ke kota.

Problem ini bisa dijadikan alasan mengapa membuka barbershop juga menjadi peluang yang menjanjikan.

Saya sempat ngobrol dengan pemilik barbershop tersebut. Ternyata lumayan loh, dalam sehari bisa lebih dari 15 orang yang datang untuk pangkas rambut. Dengan tarif 15.000 rupiah per orang.

Tukang Kayu / Jasa Pembuatan Mebel

Tidak udah diragukan lagi, kebutuhan untuk mengisi ruangan di rumah pasti ada. Meja, kursi, rak dan lain sebagainya hingga kebutuhan dekorasinya.

Tren model dekorasi dengan menggunakan kayu kayu yang artistik semakin tinggi. Dimanapun itu, mau di kota mau di desa sekalipun. Peluang ini bisa menjadi sangat menjanjikan jika pelaku bisnis di bidang perkayuan memiliki kreatifitas yang tinggi.

Disisi lain penggunaan kayu tidak hanya ramah lingkungan tapi juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Peluang usaha jasa di desa lainnya yang bisa menjadi pertimbangan:

  • Jasa persewaan tenda pernikahan dan sound system
  • Persewaan angkutan pickup/ truck
  • Jasa penggilingan jagung dan padi
  • Persewaan traktor membajak sawah
  • Bisnis Jasa menjahit

4. Peluang usaha perniagaan

Sektor perniagaaan atau lebih umum disebut dengan usaha dagang (jual beli). Banyak sekali peluang usaha bisnis dagang yang bisa dijalankan oleh masyarakat di desa.

Berikut ini contoh usaha dagang yang bisa dilakukan di desa dan cukup menjanjikan.

  • Toko Sembako
  • Toko pakaian murah
  • Toko Kelontong
  • Toko kebutuhan alat alat pertanian dan perkebunan
  • Toko plastik dan bahan membuat roti, dll

5. Peluang usaha bisnis kuliner

Peminat kuliner akhir akhir ini sedang melejit, kebutuhan akan membeli dan mengkonsumsi makanan siap saji yang dijual semakin dinggi. Tak jarang orang orang dari desa rela untuk pergi ke kota hanya untuk sekedar wisata kuliner.

Hal ini menjadi peluang untuk menjalankan bisnis ini. Bisnis kuliner bisa sukses dijalankan di manapun, termasuk tidak ada salahnya bila usaha ini dibuka di desa.

Contoh usaha kuliner yang bisa menjanjikan bila di jalankan di desa; Bakso, soto, mie ayam, serabi, gorengan, dan aneka ragam makanan kecil lainnya. Dan tidak jarang juga ada yang sukses membuka kedai kopi meskipun berada di desa loh.

6. Peluang usaha online

Peluang bisnis online adalah sangat terbuka untuk siapa saja dan dimana saja. Dengan perkembangan teknologi saat ini, kamu yang berada di desapun bisa menjalankan bisnis online. Yang penting sudah ada akses internet walaopun kurang lancar, tapi saat ini jaringan internet sudah menyebar ke hingga banyak pelosok desa kok.

Bisnis online apa yang bisa dilakukan? simak beberapa contoh berikut:

Bisnis online menjual produk lokal

Kalian bisa lihat di sekitar kalian, ada produk apa yang bisa kalian angkat untuk berjualan via online. Misal kerajinan dari kayu, bambu, kaos dan lain sebagainya.

Foto saja produk tersebut dengan baik semaksimal mungkin. Dan unggah ke sosial media untuk dijual.

Bisnis online dengan menjadi dropshiper / reseller

Salah satu bisnis onlinen yang bisa dikatakan paling tidak membutuhkan biaya adalah menjadi dropshipper / reseller. Kalian bisa cari produk melalui marketplace seperti shopee, tokopedia, buka lapak dan sebagainya, kemudian jual kembali dengan akun kamu.

Baca lebih lanjut tentang dropshiper dan reseller pada artikel yang telah kami publikasi ini >> tips menjadi reseller sukses

Tips Sebelum Memulai Usaha Bisnis di desa

Berikut ini adalah beberapa tips menemukan ide bisnis dan sebelum kamu benar benar terjun langsung untuk melakukan bisnis tersebut:

  • Kenali dulu diri kamu, dimana minat bakat dan kemampuan yang sebetulnya kamu miliki
  • Lakukan survey segala peluang yang ada di sekitar kamu terlebih dahulu.
  • Gunakan metode amati – tiru dan modifikasi

Dimana ada permasalahan dan permintaan maka disitu ada peluang bisnis untuk menyelesaikan masalah dan menyediakan kebutuhan permintaan.

Leave a Reply