Skip to main content

Peluang Usaha Hidroponik Rumahan

Contoh-tanaman-hidroponik

Bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik sudah mulai menjadi tren yang digemari masyarakat. Khususnya masyarakat di perkotaan yang cenderung hanya memiliki lahan yang sedikit. Yap,. Hidroponik menjadi daya tarik tersendiri karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan ruang kosong di lahan yang minim di sekitar rumah, dan juga proses bercocok tanamnya yang mudah.

Pengertian Hidroponik
Jadi, Apa sih sistem hidroponik?. Hidroponik merupakan budidaya menanam tanaman tanpa menggunakan tanah. Sistem hidroponik memanfaatkan air sebagai media tanamnya dan mengedepankan pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Macam-Macam Teknik Hidroponik Tanaman

Sebelum benar benar mencoba memulai bercocok tanam dengan hidroponik. Sebaiknya kamu harus tau ternyata ada 6 (enam) macam teknik hidroponik. Apa saja?

#1 Wick System

Teknik yang paling sederhana untuk para pemula. Teknik ini termasuk pasif, nutrisi mengalir ke dalam media pertumbuhan dari dalam wadah menggunakan sebuah sumbu.

#2 Ebb & Flow System

Sistem ini memerlukan pompa yang dikoneksikan ke timer. Media tumbuh ditempatkan di sebuah wadah yang diisi oleh larutan nutrisi. Kemudian nutrisi dikembalikan ke penampungan, begitu seterusnya. Pastikan menggunakan wadah yang cukup besar, jangan lupa atur jarak antar tanaman supaya pertumbuhan tanaman tidak saling mengganggu.

#3 NFT (Nutrient Film Technique) System

Teknik ini merupakan yang paling populer dalam hidroponik. Konsepnya cukup sederhana, dengan menempatkan tanaman dalam sebuah wadah dimana akarnya dibiarkan menggantung ke dalam larutan nutrisi. Sistem ini dapat terus menerus mengalirkan nutrisi yang terlarut dalam air.

#4 Aeroponic System

Teknik ini memungkinkan kamu dapat memperoleh hasil yang baik dan tercepat dibandingkan teknik yang lainnya. Hal ini karena larutan nutrisi yang diberikan berbentuk kabut langsung masuk ke akar, sehingga tanaman dapat lebih mudah dalam menyerap nutrisi yang banyak mengandung oksigen.

#5 Drip System

Teknik tetes (drip system) menggunakan timer untuk mengontrol pompa. Saat pompa dihidupkan akan meneteskan nutrisi ke setiap tanaman.

#6 Water Culture System

Menggunakan teknik ini, akar tanaman yang tersuspensi dalam air yang kaya nutrisi dan udara diberikan langsung ke akar. Tanaman dapat ditempatkan di rakit dan mengapung di air nutrisi juga. Akar tanaman terendam dalam air dan udara diberikan kepada akar tanaman melalui pompa akuarium dan diffuser udara. Semakin banyak gelembung yang lebih baik, tanaman akar akan tumbuh dengan cepat untuk mengambil air nutrisi.

Peluang Usaha Hidroponik

Jika kamu ingin bercocok tanam namun terkendala karena hanya memiliki lahan sedikit, Hidroponik bisa menjadi pilihan yang tepat. Kegiatan tersebut juga dapat dijadikan peluang bisnis.

Usaha bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik sudah menjadi pilihan bisnis pertanian modern. Peluang bisnis tanaman hidroponik bisa dibilang sangat bagus. Banyak orang kini mulai tertarik menekuni usaha tersebut.

Simak mengapa hidroponik sangat prospektif untuk dijadikan peluang bisnis.

#1 Media yang mudah dan hemat tempat

Di Indonesia pada umumnya menggunakan peralon untuk modul instalasi. Intsalasi susun akan menambah hemat tempat yang digunakan. Sangat gampang mencari bahan baku untuk instalasi hidroponik. Di toko bangunan mana yang tidak menjual peralon coba?. Untuk mengalirkan airnya skala bisnis rumahan bisa dengan dinamo akuarium yang dapat kamu beli di toko akuarium.

Atau jika tidak ingin ribet, banyak juga yang jualan online paket instalasi modul hidroponik dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa memanfaatkan barangbarang bekas di sekitar rumahmu untuk media tanam seperti botol air, toples, ember, gelas, dll.

#2 Hidroponik mudah dikembangkan

Banyak yang sudah merasakan bahwa bercocok tanam dengang sistem hidroponik lebih mudah dibandingkan dengan bertani di ladang/ sawah. Dengan hidroponik kita tidak perlu mencangkul, tempat yang digunakan juga irit. Dalam pembibitan cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak. Dan tentu tidak perlu membersihkan rumput.

#3 Modal minim

Untuk bisnis hidroponik skala rumahan minimal kamu bisa membuat satu modul instalasi (media tanam hidroponik). Satu modul itu panjangnya sekitar 2 meter kemudian ada 12 peralon, hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 1.500.000,-.

#4 Panen sayuran yang sehat

Bercocok tanam dengan sistem hidroponik jika dilakukan dengan baik dan benar tidak membutuhkan pestisida. Hal ini tentu menjadi sisi yang sangat bagus karena hasil panen adalah tanaman sayuran yang bebas pestisida dan sehat.

#5 Benih tanaman mudah didapatkan

Semakin modern jaman, untuk mendapatkan benih tanaman hidroponik kini sangat mudah ditemukan di dunia online. Tinggal order via online dan tunggu saja hingga benih diantar sampai ke rumah.

#6 Permintaan sayuran hidroponik terus meningkat

Fakta menunjukkan bahwa permintaan sayur hidroponik terus meningkat. Mengapa demikian? mungkin karena ini alasannya:
a. Panenan sayur hidroponik tidak terlalu kotor
b. Sayur hidroponik tidak menggunakan pestisida
c. Higienis dan tidak ada hama seperti ulat

Keunggulan Hidroponik

Keunggulan atau kelebihan yang didapat dari hidroponik Jika dibandingkan dengan sistem tanam konvensional adalah:

#1 Masa panennya lebih cepat.

Contoh; Tanam cabe sistem konvensional membutuhkan waktu hingga 2 bulan untuk panen, jika dilakukan dengan tanam hidroponik hanya butuh waktu 1,5 bulan saja sudah panen. Tanaman selada jika disawah butuh waktu 35 hari, di hidroponik masa tanamnya hanya 21 hari.

#2 Hama sedikit sehingga bebas pestisida

Selain itu kendala masalah hama di hidroponik lebih sedikit dari sistem tanam konvensional, karena kita biasanya pakai green house.

#3 Menghasilkan panen sayuran yang sehat

Karena non pestisida tentu hasil panen jadi lebih sehat, bebas zat kimia. Sayuran juga lebih higienis dan bersih karena menggunakan media air dan tidak bersinggungan dengan tanah.

Memulai Usaha Hidroponik

Bagi para pemula, yang perlu dipersiapkan untuk mencoba hidroponik tidak banyak. Jika ladang atau sawah harus menyiapkan satu hektar lahan tapi kalau untuk hidroponik hanya sekitar 200โ€“400meter persegi sudah melebihi hasil kapasitas satu hektar sawah.

Peralatan yang dibutuhkan untuk hidroponik adalah peralon, atau bisa juga menggunakan talang air/ asbes, bisa disesuaikan dengan kondisi tempat karena peralatan tersebut fungsinya untuk menggenangkan air saja sehingga tanaman bisa tergenang air nutrisi. Dan jangan lupa pompa air akuarium untuk mengalirkan air supaya terus mengalir.

Lalu, Apa saja langkah-langkah untuk memulai bisnis hidroponik? yuk baca dibawah ini:

  1. Selain niat, baiknya kamu pelajari dan pahami tentang bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Banyak referensi yang bisa kamu dapatkan dari internet, buku, dan juga langsung berkonsultasi dengan pakarnya.
  2. Tentukan jenis tanaman yang akan di budidayakan. Sayura, buah-buahan, atau bahkan bunga.
  3. Tentukan teknik hidroponik mana yag pas untuk kamu lakukan. Analisa berdasarkan pada sumber daya, ekonomi, lahan dan lingkungan tempat tinggal kamu.
  4. Konsultasi dengan pakar hidroponik tentang konsep kamu tersebut.
  5. Mulailah membuat instalasi modul, Atau kamu bisa beli yang sudah jadi.
  6. Belilah bibit yang bagus dan mulailah untuk menyebar bibit dengan menggunakan media Rockwool
  7. Jangan lupa nutrisi untuk tanaman hidroponik
  8. Setelah semua alat dan bahan, instalasi sudah lengkap mulailah praktek dengan cara sederhana.
  9. Rawatlah tanaman kamu sunguh sungguh, sabar dan penuh kasih sayang hingga panen.

Hal yang harus diperhatikan dalam hidroponik adalah memastikan kebutuhan air dan nutrisi untuk tanaman selalu terpenuhi. Jangan sampai kehabisan air karena air berfungsi pengganti tanah sebagai medianya. Pastikan juga tanaman hidroponik selalu terkena paparan sinar matahari.

Hidroponik dapat dilakukan di dalam rumah dengan cara mengganti sinar matahari menggunakan lampu violet point. Gunakanlah green huse supaya tanaman terhindar dari hama.

Sumber Referensi:
– hidroponik.web.id, Macam-Macam Teknik Hidroponik Tanaman, https://bit.ly/2VH4Vs6
– panduanusaha.com, Analisa Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Rumahan Tanpa Modal Besar, https://bit.ly/2ozzBQ6
– bisnisukm.com, Mudahnya memulai bisnis hidroponik, https://bit.ly/2B9kkrR
– berdesa.com, Sembilan Alasan Kenapa Usaha Hidroponik Rumahan Gampang Dilakukan, https://bit.ly/35EKReK

3 thoughts to “Peluang Usaha Hidroponik Rumahan”

Leave a Reply