Jika Surat Resign Ditolak, Bagaimana Cara Terbaik Agar Bisa Tetap Resign?

Resign merupakan salah satu hak karyawan, hak untuk dapat berhenti dan keluar dari pekerjaannya. Resign kerja dapat diberitahukan dan tidak perlu ada persetujuan ditolak atau dipertahankan.

Sebagai karyawan, kita berhak untuk mengajukan pengunduran diri. Hubungan antara karyawan dan perusahaan seharusnya didasari dengan perasaan “mau sama mau”. Jika salah satu sudah tidak mau, ya tidak bisa dipaksa.

Perusahaan boleh mempertahankan kamu untuk stay, namun tidak berhak memaksa.

Namun demikian, lain halnya jika karyawan dengan status kontrak atau hubungan kerja dengan waktu tertentu, jika resign maka akan timbul pinalti sesuai dengan yang tertera dalam perjanjian kontrak kerja.

Kalau pengajuan resign kamu ditolak, bagaimana?

Kalau pengajuan resign kamu ditolak dan kamu ditahan untuk tetap bekerja, itu tandanya kamu termasuk karyawan yang bagus dan berkompeten. Perusahaan tidak mau kehilangan kamu sebagai aset karyawan yang bagus.

Coba bicarakan 4 mata dengan atasan kamu. Tanyakan apakah ada kompensasi apabila atasan mempertahankan kamu. Kompensasi salary dan prospek jenjang karir harus ada. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan bagi kamu.

Trus bagaimana jika tidak ada titik temu?

Jika status kamu adalah sebagai karyawan kontrak dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), lebih baik tetap selesaikan tanggungjawab kerja kamu hingga masa kontrak selesai.

Jika status Kamu sudah menjadi karyawan tetap di perusahaan, tetap lakukan resign dengan aturan dan etika yang baik.

Cara terbaik untuk tetap Resign bagaimana?

Seperti yang sudah diuraikan di atas, bahwa resign adalah hak bagi semua karyawan. Perusahaan tidak bisa memaksa kamu untuk tetap stay. Kecuali jika status kamu adalah PKWT tentu sebaiknya selesaikan hingga masa kontrak kerja karena jika tetap resign akan ada pinalti sesuai dengan kontrak kerja.

Lalu bagaimana cara terbaik agar tetap bisa mengundurkan diri dari pekerjaan?

Resign ya Resign Saja.

Tetap lakukan yang terbaik sampai tanggal terakhir yang sudah kamu ajukan pada surat pengunduran diri kamu.

Lakukan serah terima pekerjaan dengan baik.

Jika masih karyawan PKWT, selesaikan tanggungjawab dan pinalti sesuai kontrak kerja.

Lalu di hari terakhir, pamitlah dengan baik juga, tidak peduli direstui atau tidak.


Butuh contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar? kami sudah sediakan di artikel Contoh Surat Pengunduran Diri, Surat Resign Kerja Doc.

Semoga membantu.

Leave a Reply