Manfaat KPI Karyawan untuk Kinerja Perusahaan

Sebuah perusahaan haruslah mempunyai target yang jelas untuk mencapai kesuksesan. Salah satu target yang ditetapkan perusahaan adalah menggunakan key performance indicator atau lebih dikenal dengan KPI untuk mendukung pencapaian target tiap karyawan. Singkatnya, KPI karyawan akan membantu pencapaian target perusahaan yang lebih besar. 

Lalu, apa saja manfaat KPI karyawan bagi kinerja perusahaan? Untuk lebih lengkapnya, simak uraian di bawah ini! 

✓ Memotivasi Karyawan untuk Lebih Rajin

Perusahaan umumnya akan menilai kinerja karyawan setiap 3 bulan, 6 bulan, atau setahun sekali tergantung bagaimana pola kerja setiap divisi. Dari KPI akan terlihat jelas mana karyawan yang memiliki performa unggul, biasa saja, dan di bawah standar. 

Ketika melihat pencapaian rekannya yang lebih tinggi, karyawan lain dengan performa masih biasa saja dan di bawah standar dapat termotivasi untuk bekerja jauh lebih rajin. Tidak hanya itu, mereka juga mempunyai gambaran jelas mengenai “target” seperti apa yang harus mereka raih agar mempunyai performa yang sama baiknya dengan karyawan unggulan. 

✓ Meminimalisir Kesenjangan Keterampilan

Kesenjangan keterampilan atau gap skill dalam sebuah tim dapat menghambat progress keseluruhan. Untuk itulah tiap karyawan dalam satu divisi harus saling membantu agar sesama rekan tidak ada yang tertinggal dan progress divisi tetap berjalan lancar. Salah satunya bisa dilakukan dengan menganalisis KPI karyawan.  

✓ Mengukur Kinerja Lebih Sistematis

Pengukuran kinerja yang baik adalah kinerja yang dapat mendukung pencapaian perusahaan. 

✓ Mempererat Relasi Karyawan dan Atasan

Bagaimana bisa KPI akan mempererat relasi karyawan dan atasan? Atasan akan memberikan masukan kepada karyawan dengan kinerja kurang maksimal. Selanjutnya, karyawan akan berusaha untuk memperbaiki kinerjanya berdasarkan masukan dari atasan tersebut. Hal ini adalah pintu gerbang dari komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik membuat karyawan dan atasan saling memahami dan akhirnya menjadi lebih solid. 

✓ Membantu Perencanaan Strategis

Perencanaan yang matang akan membantu perusahaan bertahan di tengah arus persaingan yang kian ketat. Dari pengukuran yang sistematis dan hasil KPI karyawan yang sangat jelas, perusahaan dapat membangun perencanaan strategis untuk periode kinerja mendatang. Perencanaan ini juga akan membantu perusahaan untuk meminimalisir segala kendala dan hambatan yang mungkin saja muncul. 

Itulah beberapa manfaat dari KPI karyawan untuk kinerja perusahaan. Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa perusahaan harus mengelola KPI yang sistematis agar hasil dari pengukuran kinerja pun bisa lebih valid, salah satunya menggunakan KPI Software.

Contoh KPI Software yang banyak digunakan perusahaan adalah KPI Software dari LinovHR yang dikenal sebagai vendor penyedia Software HRD terbaik. Maka, perusahaan pun bisa meningkatkan pengelolaan KPI karyawan secara otomatis dan terpusat agar menghasilkan analisis yang lebih tepat serta mendukung kinerja perusahaan.

Leave a Reply