Minta Gaji Berapa? Ini Jawaban Gaji yang Diharapkan

Apa yang kamu pikirkan saat mendapat panggilan interview kerja? bagi jobseeker yang sudah profesional tentu sudah berkaca dari pengalaman pengalaman yang sudah dilalui. Namun bagi para pencari kerja yang masih fresh graduate biasanya masih mencari-cari referensi apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi interview kerja.

Termasuk mencari informasi tentang pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate yang biasanya diberikan oleh perusahaan. Apakah kamu begitu juga?

Apalagi yang berkaitan dengan pertanyaan yang akan diberikan tentang gaji yang diinginkan. Apa yang akan kamu jawab jika mendapat pertanyaan “minta gaji berapa?” saat interview kerja?

Berikut ini ada sebuah cerita yang sangat bagus dari pengalaman seorang yang melakukan interview dan menanyakan gaji yang diharapkan. Cerita ini ditulis oleh Ang Harry Tjahjono ( GM Human Capital & Corporate Affair) dalam aku linkedin miliknya.

Minta Gaji Berapa ?

Baru aja nemenin teman offer salary ke 3 candidate. (Bergiliran).
Ditanya ke candidate ke 1, minta gaji berapa? Sesuai standar perusahaan aja pak. Akhirnya diberikan 5 jt. Happy. Sign. Then resmi kerja per tgl 1.

Ditanya ke candidate ke 2, minta gaji berapa?
Saya butuh 2.5 jt saja pak. Lho kenapa 2.5 jt? Dengan 2.5 jt saya bisa mencukupkan hidup sebulan untuk istri dan 1 anak saya. Hati rasanya hilang. Teman saya bilang, kenapa gak minta lebih? Iya takut nanti gak dapat kerjaan. Akhirnya diberikan 5 jt. Dia sampai sujud sambil nangis2. Masalahnya nangisnya nular beneran. Temen saya sampai nangis nonstop.

Ditanya ke candidate ke 3, minta gaji berapa? UMR saja pak. Kalo gak bisa UMR, dibawah itu boleh. Saya msh bujang. Gaji berapapun cukup. Yang penting saya tiap bulan bisa kirim uang ke orang tua 1 jt untuk biaya obat diabetes.
Diberikan 5 jt jg. Kaget dan bilang kebanyakan.

See.
Begitu berartinya pekerjaan itu.
Bukan untuk diri mereka sendiri tapi untuk byk orang dan ada bakti kepada orang tua mereka juga.
Apakah kita bisa bantu mereka #talentready?
Tanya hati kita. Tanya nurani kita.
Hal ini yg membuat hidup kita berarti.
Jika 150.000 follower saya bisa membantu sesamanya, 1 org membantu 2. Sdh 300.000. Multiplikasikan.

Ini yang kita butuh.

Dari tulisan tersebut dapat kita lihat bahwa jawaban gaji yang diharapkan tentu tidak selalu mempengaruhi apakah kamu akan diterima atau tidak. Seorang rekruiter akan mempertimbangkan dari banyak aspek yang kamu miliki untuk bisa bergabung dengan perusahaan.

Gaji yang kamu harapkan akan ditimbang setimpal dengan keahlian yang kamu miliki. Jadi jangan terlalu menawarkan gaji yang rendah dan jangan pula menawarkan gaji yang terlalu tinggi dari standar posisi/ jabatan kerja yang kamu lamar. Kamu bisa cari cari referensi berapa standar gaji untuk posisi kerja yang kamu inginkan itu.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply