Skip to main content

5 Teknologi Terbaik untuk Bekerja Dari Rumah Selama Pandemi Coronavirus

home-office

Ketika Coronavirus menyebar, hal ini bisa menjadi indikasi perusahaan akan meminta karyawan mereka untuk bekerja dari rumah. Namun, sistem kerja remot masih belum begitu populer di kalangan perusahaan Indonesia. Terkecuali dengan perusahaan startup IT yang lumayan sudah banyak yang menerapkan hal itu.

So, bisa jadi banyak karyawan yang tidak tahu apa yang mereka butuhkan untuk bekerja secara efektif dari rumah. Peralatan apa yang mendukung untuk bisa bekerja remote dari rumah.

Tapi ada kemungkinan juga bahwa banyak dari kita akan merasa bekerja dari rumah itu menjadi hal yang menantang. Pada artikel sebelumnya kami telah menulis tentang 3 cara agar tetap produktif menjadi freelancer yang bekerja dari rumah, ini bisa kamu terapkan selama kamu bekerja dari rumah sampai wabah virus corona benar benar bisa ditangani.

Lalu, teknologi apa saja yang dapat mendukung kamu agar tetap produktif bekerja dari rumah? berikut ini serbabisnis sudah mengumpulkan list peralatan/ teknologi yang mendukung pekerjaan kamu di rumah, yuk simak terus.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

1. Komputer / Leptop

Komputer atau leptop menjadi teknologi yang paling besar dibutuhkan dalam dunia kerja di jaman serba digital ini. Kebutuhan untuk menulis surat, editing data-data perusahaan, hingga kebutuhan untuk akses informasi online.

Apapun merek leptop yang digunakan sebaiknya harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan pekerjaan kamu. Jika tidak sesuai bisa jadi hambatan juga karena loading yang lambat misalnya. Atau tiba tiba blue screen saat kamu sedang mengetik.

2. Handphone/ Smartphone

Untuk berkoordinasi dengan pertner kerja kamu tentu membutuhkan koneksi jarak jauh. Kamu bisa melakukan koordinasi dengan cara telephone rekan kerja kamu menggunakan handphone.

Hari gini, tentu setiap orang sudah memiliki smartphone kan.

3. Koneksi internet/ WiFi

Untuk mengirim email tentu harus memiliki akses internet. Bukan hanya untuk mengirim email, akses informasi via online apapun bentuknya kita membutuhkan jaringan internet untuk membukanya.

Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli modem dan memasang jaringan internet dengan biaya yang mahal. Pasti sudah ada biaya khusus bulanan yang kamu keluarkan untuk internet smartphone kamu kan?. Kamu bisa gunakan smartphone kamu untuk tethering wifi ke leptop kamu.

4. Aplikasi Chat / Voice Call / Video Call

Ada saatnya jika kamu harus mengadakan rapat menggunakan video call. Maka kamu akan membutuhkan sebuah aplikasi chat seperti skype, atau whatsapp.

Untuk kebutuhan kerja mungkin lebih banyak yang memilih menggunakan skype untuk video call grup dalam jumlah beberapa orang.

5. Printer

Printer tentu menjadi daftar teknologi yang juga harus masuk list. Bayangkan jika kamu bekerja di rumah dan memiliki deadline laporan dalam bentuk hardfile yang harus dikumpulkan besok. Kamu akan sangat kerepotan jika harus mencettak laporan kamu ke tempat lain.

Demikian ulasan kami mengenai teknologi yang mendukung kamu bekerja remote dari rumah. Semoga bermanfaat.

Jika ada kritik dan saran yang ingin kamu sampaikan, silahkan langsung berkomentar saja melalui form komentar dibawah artikel ini ya.

Share
  • 3
    Shares
  • 3
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *