Terkena PHK, Apa Yang Harus Dilakukan?

Adanya Covid-19 menyebabkan segala sektor terkena dampak, tidak terkecuali sektor industri dan juga perkantoran lainnya yang menyebabkan banyak perusahaan memberlakukan Work From Home (WFH), bahkan tidak sedikit pula perusahaan yang memberhentikan para karyawannya. Hal tersebut bisa saja menjadi suatu yang tidak terduga, bahkan kamu mungkin menjadi salah satu yang terkena PHK saat ini. Lalu, apa saja hal yang harus dilakukan jika saat dalam kondisi sulit mencari pekerjaan seperti sekarang ini justru kamu menjadi salah satu korban yang tidak memiliki pekerjaan?

Kondisi ekonomi yang sulit, ditambah dengan tingginya tagihan listrik, beserta kebutuhan lainnya yang mengharuskan banyak orang untuk tetap berada di rumah justru membuat kamu harus berpikir lebih kreatif dalam menghasilkan uang.

Untuk kamu yang saat ini terkena PHK, jangan bingung mengenai tindakan apa yang sebaiknya dilakukan. Jika kamu mampu melakukan suatu perencanaan yang baik maka dapat menerapkan beberapa hal berikut ini:

Introspeksi diri dan berusaha tenang

Kena PHK perusahaan

Dalam situasi dan kondisi apapun, hal yang paling penting untuk dapat mengatasinya dengan baik adalah dengan tetap bersikap tenang dan juga berusaha untuk tetap introspeksi diri. Hal  ini berlaku dalam keadaan apapun. Termasuk salah satunya adalah saat kamu terkena PHK.

Jika kamu mengalami PHK dari kantor atau tempat kamu bekerja, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan bersikap tenang, sebab dengan tetap bersikap tenang maka akan dapat menentukan langkah selanjutnya dengan pikiran yang jernih dan juga dapat mengelola dan mengintrospeksi diri dengan sejenak melihat ke belakang sebenarnya apa yang salah pada diri kamu dan bukan justru menyalahkan keadaan.

Dengan demikian juga akan lebih membuka pikiran kamu bahwa semua yang terjadi pasti mengandung hikmah di dalamnya. Siapa yang tahu justru setelah ini kamu akan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan lebih menjanjikan? Maka tetaplah berpikir positif dan bersikap tenang dalam keadaan apapun.

Atur langkah selanjutnya

Setelah kamu mampu mengendalikan keadaan, maka langkah yang akan kamu ambil untuk selanjutnya pasti akan mudah untuk diatur. Hal tersebut akan menentukan apa hal terbaik yang bisa kamu pilih. Jangan sampai dalam keadaan yang bingung dan pusing memikirkan masa depan, dan apa yang kamu alami saat ini justru merusak langkah kamu selanjutnya. Aturlah dengan baik langkah selanjutnya yang akan kamu ambil.

Dalam psikologi menyebutkan jika kamu mampu merancang sesuatu dengan baik maka pastikan dengan melakukan perencanaan strategis dengan mempertimbangkan apa saja keuntungan/kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga tantangan ke depannya atau yang disebut dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats).

Mencari peluang lain sambil freelance job

Hal lain selagi kamu memikirkan langkah apa selanjutnya yang akan kamu ambil, maka bisa dengan mencari peluang ke depan sambil mencari freelance job sesuai dengan passion atau apa saja yang sekiranya dapat kamu lakukan.

Misalnya saja jika kamu memiliki hobi fotografi maka bisa dengan menjadi admin sosial media yang berkutat dalam bidang fotografi yang sudah menjadi akun dengan followers besar, bisa juga dengan menjadi penulis lepas, mengikuti program penelitian dengan cukup mengikuti proyek yang dibuka oleh orang lain misalnya cukup dengan mengumpulkan data, atau lakukan pekerjaan apapun yang sekiranya masih aman dilakukan dalam kondisi Covid-19 dan ada peluang di sana. Jangan lupa untuk tetap mencari peluang dengan melakukan lamaran ke perusahaan-perusahaan lain yang masih merekrut pekerjaan.

Buka usaha

Inilah langkah yang paling bisa kamu lakukan dalam waktu dekat, sebab untuk membuka sebuah usaha tidak memerlukan waktu untuk menunggu asalkan kamu memiliki modal untuk memulainya. Karena dalam kondisi banyak perusahaan yang memberhentikan para karyawan, pasti akan sedikit sulit untuk segera mendapatkan pekerjaan baru. Selain itu perekrutan karyawan yang membutuhkan banyak waktu hingga proses wawancara pasti harus menunggu protokol dari pemerintah sampai keadaan benar-benar aman dan normal dari Covid-19.

Memulai usaha bisa dengan modal yang seadanya asalkan kamu memiliki ide-ide kreatif, terlebih jika kamu memiliki banyak relasi dan juga masih memiliki tabungan. kamu dapat menghubungi teman-teman kamu untuk membuka usaha, apabila memiliki visi yang sama hal ini akan mempermudah untuk kamu membuka bisnis ke depan.

Jika kamu tidak menemukan rekan yang memiliki visi yang sama, maka bisa dengan memulai usaha secara mandiri dan pribadi. Untuk sebuah usaha yang menjanjikan saat ini misalnya saja cukup dengan berjualan masker, atau membuka toko sembako secara online. Beberapa pilihan lainnya pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Mencoba daftarkan diri pada kartu prakerja

kartu prakerja

Program dari pemerintah saat ini bisa juga menjadi opsi bagi kamu untuk diikuti, yaitu dengan mendaftarkan diri pada program kartu prakerja. Cukup mudah untuk mengikutinya, siapapun dapat mendaftarkan diri asalkan memiliki kriteria yang sesuai yaitu minimal usia 18 tahun dan memiliki KTP secara resmi, serta tidak sedang bekerja dimanapun.

Selain itu, program ini diutamakan untuk para pekerja yang sebelumnya terkena PHK dari perusahaan atau tempat sebelumnya mereka bekerja. Program ini dibagi ke dalam beberapa gelombang dan dilakukan bertahap selama 3 bulan berturut-turut untuk mengikuti pelatihan secara online.

Tentu akan sangat sesuai untuk kamu mengikutinya agar dapat meningkatkan skill kamu baik untuk bekerja di tempat lainnya atau juga untuk bekal membuka bisnis. Sebab sektor yang dipilih dari pelatihan yang disediakan bermacam-macam, mulai dari hard skill hingga soft skill. Ada bidang pendidikan, marketing, hingga depnaker. Ikutilah dengan mengikuti seleksi dan pilih pelatihan yang sesuai dengan passion kamu.

Isi dengan kegiatan positif

Jika kamu belum memiliki kegiatan yang pasti, maka hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengisi kegiatan produktif di rumah. Misalnya saja dengan membaca buku atau sekadar berkumpul dengan keluarga, sebab hal tersebut juga jarang dilakukan oleh kamu saat disibukkan oleh banyak aktivitas.

Untuk itu yang paling penting adalah dengan tetap mengisi kegiatan yang positif sehingga energi yang positif pun akan tetap tersebar ke orang-orang di sekitar kamu dan juga kamu akan lebih mampu berpikir jernih untuk ke depannya. Ada juga hal lain yang bisa dilakukan misalnya saja dengan menghubungi teman-teman komunitas kamu pada saat sekolah atau kuliah dulu untuk sekadar menyapa atau membicarakan hal-hal yang bersifat visioner ke depan, siapa yang tahu justru di sanalah jalan rezeki bagi kamu untuk memulai.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, maka kamu akan tetap mampu mengelola hidup kamu agar tetap berkualitas. Jangan pernah menyalahkan keadaan atau justru menyalahkan diri kamu sendiri. Sebab jika hal tersebut terjadi maka akan menjadi boomerang yang akan menyerang diri kamu sendiri. Tetaplah berpikir bahwa hal-hal baik ke depan akan tetap ada untuk diri kamu.

Share
  • 2
    Shares
  • 2
    Shares

Leave a Reply