Skip to main content

3R Jurus Jitu Mempertahankan Karyawan

Bagi kamu seorang pengusaha pasti dengan sangat mudah bisa merekrut karyawan. Karena memang, setiap perusahaan pada dasarnya membutuhkan seorang karyawan. Tapi pernahkah berpikir ketika perusahaan akan ditinggalkan oleh karyawan kamu?

Ada contoh kasus dari seorang pengusaha bakery yang kehilangan pegawainya. Pengusaha itu awalnya mempekerjakan karyawan dengan memberikan pengetahuan tentang cara pembuatan bakery. Buat si pegawai, itu merupakan ilmu langka yang tidak kebanyakan orang memilkinya.

Seiring berjalannnya waktu, perusahaan bakery semakin tumbuh berkembang. Bahkan bisa dibilang untuk pengusaha bakery pemula, memiliki omzet penjualan yang lumayan besar. Si pengusaha bakery, hanya memikirkan mengenai pengembangan usahanya. Tanpa memberikan sesuatu penghargaan seperti halnya bonus atau lainnnya kepada seluruh karyawannnya.

Kemudian apa yang kiranya terjadi? Ternyata seluruh karyawan keluar meninggalkan perusahaan tersebut. Karyawan tersebut merasa kurang diperhatikan kesejahteraannya. Sehingga ketika ada perusahaan lain menawarkan pekerjaan dan kesejahteraan yang lebih baik kepadanya. Tanpa rasa ragu, iya menerimanya.

Perusahaan rugi besar, karena karyawannnya pergi meninggalkannnya. Akhirnya pengusaha bakery itu menutup sementara usahanya. Bahkan dari beberapa karyawan yang keluar, ada salah satu yang diajarkan cara membuat bakery yang enak. Seorang karyawan tersebut yang telah merasa mampu membuat bakery enak, mencoba untuk membuka usahanya sendiri. Hingga kini seorang karyawan tersebut menjadi salah satu pesaing bagi mantan atasannnya.

Contoh kasus di atas bisa dihindari ketika setiap perusahaan menerapkan perlakuan yang dapat mensejahterakan karyawannya. Agar karyawan tetap setia kepada kamu para pengusaha, jurus 3R (Respect, Recognition, Reward) dirasa mampu untuk menanganinya. Berikut untuk penjelasan mengenai 3R tersebut.

Daftar Isi

1. Respect

Respect bisa diartikan sebagi sikap menganggap, memandang, atau mempertimbangkan karyawan. Respect merupakan hal yang penting diterapkan di diri kamu untuk karyawan. Di mana karyawan merasa dihormati karenanya.

2. Recognition

Recognition yaitu sikap memperhatikan. Maksudnya memperhatikan di sini, kamu selaku pemilik perusahaan diharapkan peka terhadap karyawan. Kurang pekanya manajemen terhadap kebutuhan karyawannya, merupakan awal permasalahan dalam mempertahankan karyawan.

3. Reward

Reward atau penghargaan ini adalah sesuatu yang bis dibilang paling penting. Rewardini diberikan oleh perusahaan diluar dari besarnya gaji pokok karyawan. Bisa dikatakan juga, reward sebuah balas budi perusahaan terhadap kinerja yang bagus kepada karyawannnya. Reward-reward yang diberikan kepada karyawan akan mendorong semangat kerjanya sehingga kinerjannya akan naik. Di mana hal itu akan berdampak besar pada perusahaan kamu.

Jika kamu dapat melakukan ketiga jurus itu, karyawan akan merasa dan menganggap lebih diperhatikan kesejahteraannya oleh perusahaan. Makan karyawan akan loyal dan betah bekerja di tempat kamu. Selain itu, perusahaan kamu menjadi perusahaan yang akan di idam-idamkan banyak orang.

Setelah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi kamu. Contoh kasus di atas, bisa dijadikan pelajaran bagi kamu para pengusaha. Sesuatu, sekecil apa pun itu, apalagi jika mengenai kesejahteraan karyawan haruslah diperhatikan dan dipertimbangkan. Contoh kasus di atas, agar dapat kamu pahami mengenai pentingnya mempertahankan karyawan. Karena bisa saja teman hari ini, musuh diesok hari.

::M Hasan:dari berbagai sumber::

Leave a Reply