Skip to main content

5 Kenyataan Dunia Kerja yang Sering tak Sesuai Harapan

businesswoman-pointing-to-the-graph-making-a-presentation

Dunia kerja memiliki banyak kejutan antara harapan dan kenyataan, seringkali apa yang kamu harapkan dan kamu impikan tidak selalu sama dengan kenyataan yang terjadi dalam dunia kerja. Bagi kamu yang telah memasuki dunia kerja pastilah paham tentang kondisi tersebut.

Setiap orang mengimpikan untuk memiliki karier dan profesi yang cemerlang, sudah umum dilakukan bahwa sedari dini telah merencanakan amunisi untuk memasuki fase Dunia kerja. Dari mulai pendidikan SMA, kemudian menginjakkan kaki di bangku kuliah dengan mengambil jurusan pendidikan tertentu dan dengan harpan setelah selesai kuliah akan langsung bekerja di sebuah perusahaan yang ternama.

image: pixabay.com

Berikut ini adalah 5 kenyataan dalam dunia kerja yang  seringkali tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan:

1. Harapan bahwa setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja, nyatanya malah menganggur lama

Mencari sebuah pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tanggan, banyak para jobseeker freshgraduate yang berfikir setelah lulus akan udah langsung bekerja di sebuah perusahaan. Hanya submit aplikasi lamaran kerja, lalu menunggu panggilan. Kenyataannya bahwa dalam sebuah iklan lowongan kerja saja saingan yang melamar pasti banyak, jika kamu berkompeten dan memiliki skills mungkin bisa menarik minat rekruiter. Tapi jangankan untuk bisa mengikuti seluruh proses rekrutmen, untuk lolos dalam screening kandidat dan dipanggil untuk tes kerja saja harus menyisihkan banyak saingan yang mungkin memiliki skills yang lebih bagus dari kamu.

Banyak dari kalangan pencari kerja yang mengatakan untuk menunggu panggilan kerja saja bisa lebih dari sebulan. Bukan cuma kalangan fresh graduate yang baru menginjakan fase di dunia kerja, tapi juga kalangan profesional kerja yang telah memiliki pengalaman kerja. Bukan karena mereka tidak memiliki skills yang bagus, tapi karena kebutuhan kerja belum sesuai dengan skill yang mereka miliki.

2. Harapan dalam iklan lowongan kerja “freshgraduate are welcome” tapi nyatanya sedikit kemungkinan untuk bisa bersaing dengan yang berpengalaman

Sering ihat iklan lowongan dengan kalimat “Pengalaman 1th .., Fresh Graduate Are Welcome“,  tapi bayangkan saja jika kamu sebagai fresh graduate ikut melamar dan bersaing dengan yang sudah berpengalaman. sangat sedikit kemungkinan bagi kamu untuk bisa lolos bersaing dengan yang berpengalaman kerja.

3. Harapan untuk dapat bonus, tapi kenyataanya cuma dapat …

Banyak perusahaan yang  memberikan bonus kepada karyawannya sebagai apresiasi atas kinerja yang mereka berikan kepada perusahaan. Bonus akhir tahun misalnya, atau bonus ketika kamu telah mencapai target tertentu yang diberikan perusahaan. Sayangnya banyak juga loh perusahaan yang hanya berjanji untuk memberikan bonus tapi tak kunjung juga memberikan bonus diwaktu yang telah dijanjikan.

4. Harapan gaji bisa naik pada awal tahun

Setiap karyawan akan menuntut haknya untuk menyesuaikan salary saat awal tahun, meminta kenaikan gaji beberapa persen kepada perusahaan. dan kebanyakan perusahaan memang sudah menggunakan sistem penyesuaian salari setiap tahunnya menyesuaikan dengan UMR.
tapi sadarkah kamu, apakah penyesuaian tersebut merupakan kenaikan gaji? dengan fluktuasi harga yang melonjak tinggi maka gaji kamu juga ikut menyesuaikan. Berati hanya sebatas penyesuaian untuk mengikuti naiknya harga-harga yang telah disesuaikan dengan UMR, bukan menaikkan nilai gaji untuk posisi kerja yang kamu pegang.

5. Harapan untuk naik jabatan setelah beberapa tahun menjadi karyawan, kenyataannya kamu dapat atasan baru.

Naik jabatan untuk meraih karier yang cemerlang dan sukses menjadi hal yang diimpikan setiap pekerja. Setelah mengabdikan diri bertahun-tahun di sebuah perusahaan kamu berharap untuk mendaatkan promosi jabatan, nyatanya seringkali sebuah perusahaan merekrut seseorang untuk menempati posisi sebagai atasanmu. Bukan mengangkat kamu untuk naik jabatan dan merekrut seorang untuk menjadi bawahan kamu. Oooopst

Harapan dan kenyataan dalam kehidupan memang sering tidak sesuai, dalam dunia kerjapun akan selalu begitu. setiap orang pasti akan sampai pada fase mengalami hal tersebut (memiliki kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan). Jadi, apapun yang kau alami dalam dunia kerja, tetap semangat dan jadikah setiap kondisi tersebut sebagai pembelajaran yang mendewasakan diri untuk menggapai sukses.

2 thoughts to “5 Kenyataan Dunia Kerja yang Sering tak Sesuai Harapan”

Leave a Reply