6 Aplikasi Pendukung Produktivitas Kerja Tim

Teknologi menunjang kemudahan dalam menuntaskan sebuah pekerjaan yang dilakukan baik secara individu maupun dalam kelompok atau tim. Hal itu tentunya memiliki dampak baik terhadap kebutuhan, koordinasi antara satu dengan yang lain, dan meningkatkan produktivitas agar lebih baik lagi.

Melakukan pekerjaan dengan didukung kecepatan kerja tim yang hebat adalah dambaan setiap pemilik usaha.

Aplikasi Pendukung Produktivitas Kerja Tim

Berikut ini aplikasi untuk kerja tim lebih produktif.

1. GOOGLE G SUITE

GOOGLE G SUITE

Paket layanan berbasis cloud storage yang menyediakan cara yang sepenuhnya baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah. Tidak hanya menggunakan email dan chat, tetapi juga melalui konferensi video, media sosial, dan kolaborasi dokumen dalam waktu nyata.

Anda cukup mendaftar ke akun Google Suite yang menyediakan nama domain yang akan anda gunakan dengan layanan Google. Setelah terverifikasi sebagai pemilik domain, anda dan tim dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti Google Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti google+, hangouts, blogger, dan masih banyak banyak lagi.

2. SLACK

SLACK

Sebagai alat kolaborasi tim berbasis cloud. Aplikasi untuk kerja tim ini, dapat membuat proses bekerja semakin mudah, lebih produktif, dan tentunya lebih aman. Slac dapat digunakan untuk komunikasi perpesanan, manajemen project, dan berbagi file. Selain itu, Slack juga mendukung aplikasi pihak ketiga yang dibutuhkan oleh developer yang bisa sharing kode dengan mudah dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

3. Microsoft Office 365

Microsoft Office 365

Sebuah tim kerja perlu dukungan supaya lebih produktif dengan sistem yang efektif dan efisien. Para anggota tim kerja dapat membangun komunikasi secara intens untuk menciptakan kolaborasi ideal. Microsoft Office 365 sebagai aplikasi untuk menunjang kerja tim memiliki sejumlah fitur unggulan di antaranya sebagai berikut.

Aplikasi untuk kerja sama tim ini memiliki fitur Calling pada Microsoft Teams untuk menghubungi siapa saja, baik anggota tim maupun pelanggan. Sistem yang canggih mampu menyaingi perangkat keras seperti telepon secara efektif dan menghemat waktu kerja anda. Keunggulan lainya ialah anda bisa memilih siapa saja yang mendapatkan akses ke saluran suara di Microsoft Office 365.

Selain fitur Calling, anda juga dapat melakukan messaging dengan mudah membuat sebuah channel untuk tim kerja di Microsoft Teams berdasarkan jenis proyek yang dikerjakan. Masing-masing anggota dapat melakukan komunikasi dengan mudah melalui channel chat  tersebut dan percakapan yang bersifat privat dapat langsung menghubungi anggota tim terkait.

Beberapa aplikasi yang tersedia di Office 365, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote dapat terintegrasi dengan mudah. Kerja tim dan produktivitas akan semakin optimal. Tidak perlu lagi menghabiskan waktu bepergian untuk melakukan rapat dengan karyawan. Karena anda dapat  memanfaatkan fitur Video Conference yang bisa diakses melalui Microsoft Teams. Tersedia pula beberapa fitur pendukung untuk berbagi desktop, mengirimkan pesan, mengunggah dokumen, atau membuat jadwal rapat. Melalui fitur ini, anda juga bisa melangsungkan live broadcast untuk pertemuan dalam skala besar.

4. Microsoft Teams

Microsoft Teams

Sebagai wadah kerja kolaboratif yang dapat membuat kerja tim lebih produktif. Microsoft Teams hadir sebagai aplikasi untuk kerja tim supaya lebih produktif.  Aplikasi untuk kerja sama tim yang dilengkapi dengan fitur perpesanan jadi fitur inti dari Microsoft Teams, dengan dukungan pesan berbasis teks, audio, hingga audio visual via video call.

Fungsi Microsoft Teams tidak hanya sebatas pada korporasi, ragam aplikasi sambungan dengan mudah ke Microsoft Teams melalui Microsoft Store. Anda dapat melakukan kolaborasi dalam menyelesaikan suatu proyek dengan kolega yang berada di lokasi berbeda dengan dukungan MURAL bot. Gratis penyimpanan hingga 10 GB. Opsi yang cukup menggiurkan untuk sebuah layanan. Untuk kelancaran pekerjaan kolaboratif, Microsoft Teams hadir dalam versi mobile untuk platform Android dan iOS.

5. GLIP

Glip Software

Aplikasi ini hampir menawarkan pengalaman kolaborasi pekerjaan dalam tim lebih menyenangkan. Semua kebutuhan komunikasi tersedia di sini. Glip memiliki fitur penjadwalan, pengelolaan tugas, chat room dan file sharing. Dengan langkah sederhana proyek tim kerja anda dibuat dengan kemampuan tracking terhadap segala progres.

6. FACEBOOK AT WORK

Iklan  Workplace From Facebook

Facebook cuma buat hiburan semata? Sekarang Facebook dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan baik individu maupun sebuah tim. Workplace merupakan salah satu platform daring yang dibuat oleh Facebook dan memungkinkan penggunanya berkolaborasi dan membagikan informasi di tempat kerja. Platform  berisi situs web dan aplikasi Workplace Premium serta layanan online terkait.

Organisasi atau perusahaan bertanggung jawab atas pengumpulan dan penggunaan data yang anda kirimkan atau berikan melalui layanan dan penggunaan tersebut diatur oleh ketentuan yang telah diterapkan. Facebook sangat  menjamin keamanan secara internal mengenai informasi yang dibagikan antara para karyawan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi karyawan yang mudah dan aman dan meningkatkan produktivitas tim.

Semua pekerjaan yang dilakukan dalam kerja tim menunjukkan bahwa ada manfaat dari keterlibatan dan produktivitas yang sangat besar. Untuk dapat memastikan anggota tim anda bekerja sama dengan baik, saling menghormati, dan percaya mereka melakukan pekerjaan terbaik mereka. Kohesi dimulai dari pemimpin yang demokratis dan selalu melibatkan anggota tim dalam mengambil keputusan.

Sebaliknya pemimpin yang tidak suka dan tidak ingin melibatkan anggota tim akan mematahkan atau malah melemahkan semangat tim. Pemimpin dapat mempengaruhi motivasi tim. Pemimpin dapat membantu meningkatkan keharmonisan dengan menciptakan sebuah tim dari  keberagaman watak anggota tim di tempat kerja dengan mempretimbangkan tiga strategi berikut ini.

Strategi Menciptakan Tim Kerja yang Solid

1. Jangan kehilangan konsep

Sering kali dalam proses merekrut anggota tim atau karyawan baru yang akan mendukung tim ketika menghadapi pasang surut yang tak terhindarkan. Perekrutan dilakukan dengan cara mencari anggota baru yang memiliki sifat kreatif, dinamis, dan tentu saja inovatif.

Pemimpin juga harus merekomendasikan kandidat yang menunjukkan motivasi, kerendahan hati, dan ketahanan. Sangat penting untuk memiliki anggota tim yang dapat anda andalkan dan bersikap transparan. Sebab orang-orang seperti itulah yang akan membuat anda tetap tegar dan membantu anda menghindar dari membuang-buang waktu untuk hal-hal negatif.

2. Menyelaraskan tujuan dan fungsi

Cara yang paling efektif untuk meningkatkan dan memacu inovasi yaitu dengan menyelaraskan tujuan dan fungsi. Setiap anggota dari sebuah tim pasti memiliki tujuan yang sama dan mengerjakan fungsi yang sifatnya saling melengkapi tetapi penting untuk anda memastikan anggota yang bekerja menuju sasaran dan tingkat kualitas yang sama secara keseluruhan. Mustahil rasanya untuk berkolaborasi dengan indikator kinerja utama yang tidak selaras.

3. Bertanggung jawab

Kerja sebuah tim adalah tentang kolaborasi. Itu artinya setiap individu harus menarik bebannya sendiri. Setiap anggota tim harus memenuhi  tolak ukur yang diharapkan sebagai upaya untuk membentuk keberhasilan.

Penting untuk menjaga standar akuntabilitas, dengan menjabarkan tujuan yang diharapkan untuk setiap peran anggota dan pemimpin dalam sebuah tim.

Komunikasi harus tetap terbuka dengan melaksanakan pertemuan tim mingguan untuk berbagi solusi dalam kontribusi anggota tim. Kerja sama sebuah tim tidak akan pernah berhasil tanpa sedikit bantuan. Seringkali perlu dibantu oleh manajemen yang cermat dan responsif.

Demikian artikel rangkuman tentang Aplikasi Pendukung Produktivitas Kerja tim dan strategi untuk membangun tim kerja yang solid.

Leave a Reply