Cara Cepat Membuat Artikel Unik dan Berkualitas

Artikel bisa dikatakan seperti senjata utama buat para internet marketer dan pemain bisnis online untuk menarik pengunjung internet untuk singgah di website-nya, apalagi artikel tersebut tergolong artikel unik. Artikel juga menjadi sarana utama untuk mengawali penjualan atas sebuah produk dan menjadi media untuk mempengaruhi benak konsumen akan benefit sebuah produk. Maka sangat penting untuk bisa membuat artikel sendiri, dan cara membuatnya pun bisa bermacam-macam.

Beberapa diantara Anda mungkin sudah terbiasa dalam membuat tulisan, tetapi sebagian dari Anda saya yakin juga tidak atau belum terbiasa dalam membuat tulisan yang unik untuk sebuah topik. Sebagian dari Anda juga mungkin memiliki keahlian atau pengalaman khusus sehingga tidak sulit untuk menuangkannya dalam tulisan-tulisan, tetapi untuk menulis suatu topik dimana Anda tidak memiliki keahlian atau pengalaman dalam bidang tersebut, maka terkadang menjadi kendala untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Membuat Artikel Dengan Cara Menggabungkan Beberapa Artikel Menjadi Sebuah Artikel

Ini adalah salahsatu tekhnik yang aku pelajari dari salah seorang guru internet marketing saya dulu, dimana untuk membuat sebuah artikel unik adalah dengan menggabungkan beberapa artikel atau tulisan orang lain menjadi sebuah artikel. Hanya saja untuk membuat artikel berbahasa inggris, saya biasanya kesulitan untuk melakukan cara ini berhubung bahasa inggris saya tidak begitu bagus. Maka yang saya lakukan adalah sbb.:

  1. Mencari sebuah artikel atau tulisan orang lain.
  2. Melakukan copy+paste ke google translate dan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia.
  3. Biasanya hasil terjemahannya agak kacau, tapi biasanya masih bisa dipahami maksudnya.
  4. Mengambil beberapa bagian dan menulisnya ulang dalam bahasa Indonesia dengan gaya bahasa saya sendiri.
  5. Hasil penulisan ulang tersebut (langkah 4) saya simpan/kumpulkan menjadi 1 artikel.
  6. Mengulangi langkah 1 s/d 4 untuk artikel-artikel lainnya dan menggabungkannya dengan tulisan di langkah 5
  7. Hasil penggabungan dari penulisan ulang tersebut (langkah 5) kemudian saya terjemahkan kedalam bahasa inggris menggunakan google translate dan siap untuk diposting.

Tetapi jika anda mengerti dan memahami bahasa inggris, Anda mungkin tidak perlu melakukan langkah 1 s/d 7 tersebut diatas dan bisa Anda lakukan dengan lebih mudah. Tetapi jika anda tidak begitu bisa dan tidak memahami bahasa inggris dalam membuat sebuah artikel, maka langkah 1 s/d 7 tersebut bisa juga Anda gunakan.

Tips: Supaya hasil terjemahan dari menulis artikel penggabungan yang sudah Anda buat (berbahasa indonesia) hasil terjemahannya di google translate lumayan bagus, maka tulisan gabungan tersebut sebaiknya ditulis dengan susunan bahasa Indonesia yang baik dan baku.

Membuat Artikel Dengan Cara Menulis Dari Buku dan Majalah

Ini adalah salahsatu cara lain yang biasa saya gunakan dalam membuat sebuah artikel. Biasanya cara ini digunakan jika ingin membuat tulisan untuk topik yang tidak begitu aku ketahui atau kuasai, yaitu menulis dari sumber buku atau majalah. Biasanya untuk menemukan sumber tulisan berasal dari koleksi buku atau majalah yang saya miliki, atau beli dari toko buku.

Selanjutnya saya membaca dan mempejari buku tersebut, memberi tanda pada paragraph atau tema yang aku sukai atau sesuai dengan topik yang aku inginkan. Kemudian barulah menulis beberapa paragraph hingga membentuk sebuah artikel sendiri, tetapi dengan susunan dan gaya bahasa sendiri.

Selanjutnya artikel yang sudah saya tulis menggunakan susunan dan gaya bahasa sendiri yang bersumber dari buku atau majalah tersebut saya terjemahkan kedalam bahasa inggris menggunakan google translate untuk selanjutnya di posting dalam blog atau website saya.

Tips: Supaya hasil terjemahan menggunakan google translate bagus, sebaiknya tulisan Anda disusun dengan bahasa indonesia yang baik dan baku.

Gunakan dan Manfaatkan PLR Untuk Membuat Artikel

Private Label Rights (PLR) adalah artikel yang memiliki status private label rights yang memang dibuat untuk bisa digunakan dan dimodifikasi kembali oleh orang lain secara halal alias tidak akan melanggar hak cipta. Dengan adanya artikel PLR tersebut, maka tentunya Anda tidak perlu lagi repot untuk menulis artikel karena Anda tentunya bisa memanfaatkan artikel PLR tersebut untuk mengisi blog/website Anda.

Namun karena artikel PLR ini bukan hanya Anda saja yang menggunakannya, maka sebaiknya artikel PLR tersebut di modifikasi ulang terlebihdahulu, atau biasa dikenal dengan istilah spin atau rewrite. Jika Anda menggunakan artikel PLR dan tidak memodifikasinya ulang, maka bisa dipastikan blog atau website Anda akan terisi dengan duplicate content yang dengan algoritma Google panda saat ini justru tidak bagus efeknya terhadap website Anda.

Beberapa cara membuat artikel unik lainnya biasanya dapat Anda temukan di modul training salahsatu sekolah bisnis online dan internet marketing di member area mereka. Biasanya metode-metode tersebut berasal dari pengalaman mereka selama menggeluti bisnis online dan internet marketing. Bahkan kalau anda punya dana, anda bisa meminta seseorang untuk membuatkan artikel untuk Anda dan Anda membayar/membeli hasil tulisan mereka.

Jadi semua kendala dalam penulisan selalu ada jalan keluarnya

[Acep Sudrazat / kampungbisnisnet]

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *