Skip to main content

Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa dan Guru

Aplikasi Berlajar Online

Sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 menyerang kesehatan manusia di berbagai penduduk negara yang ada dunia. Pemerintah memberlakukan Indonesia memberlakukan sistem work from home atau WFH akibat epidemi virus Corona atau Covid-19.

Kini Indonesia sudah menetapkan hidup new normal. Di beberapa wilayah yang berzona hijau kegiatan sekolah sudah mulai masuk dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan dan tetap memberlakukan social physical distancing.

Meski demikan masih banyak juga sekolah yang berada pada zona merah masih diliburkan untuk sementara waktu. Para pengajar dan murid diminta tetap melakukan segala bentuk proses belajar dan mengajar dialihkan dalam bentuk pembelajaran online atau daring. Salah satu cara belajar online ini dengan menggunakan aplikasi belajar online gratis untuk siswa dan guru.

1. Google Classroom

Google Classroom

Sebuah aplikasi belajar online dalam bentuk Google Suite Education dikenal dengan nama Google Classroom dapat diakses dengan mudah melalui web maupun mengunduh aplikasi secara gratis di Google PlayStore dan App Store. Sebagai bagian dari G suite, Classroom akan terikat dengan dukungan Google Drive, form, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, dan tentunya Gmail. Semua layanan akan terhubung dalam proses pembelajaran. Guru dan murid dapat menciptakan kegiatan proses belajar mengajar menjadi lebih produktif meski melalui online atau daring.

Aplikasi belajar online gratis untuk siswa dan guru ini bertujuan untuk dapat membantu mereka dalam menghemat waktu, menjaga kelas belajar tetap teratur, dan meningkatkan komunikasi antara siswa dan guru. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur yang dapat mengatur dan memudahkan murid dan guru dalam menggunakannya.Guru dapat mengunddang siswa agar dapat bergabung dengan menggunakan kode.

Semua materi dan tugas dapat dikelola di Google Drive untuk menyimpan folder materi dan tugas seperti survei Google Formulir, PDF, dan sebagainya.Keuntungan bagi siswa ialah dimudahkan untuk dapat mengakses materi. Tidak hanya siswa saja yang dapat menikmati keuntungan, guru yang berperan sebagai pengajar juga dapat melakukan pemantauan siapa yang sudah dan belum  menyelesaikan tugas, termasuk memberikan nilai dan saran real-time.

Aplikasi belajar online gratis untuk siswa dan guru disediakan secara gratis dan tidak pernah menggunakan konten pengguna atau data siswa untuk tujuan komersial. Cara untuk bergabung di Google Classroom cukup mudah, anda dengan mendaftarkan diri anda melalui akun Google yang anda miliki. Jika anda belum memiliki akun Google,  anda dapat mendaftar lebih dulu dengan ponsel pintar. Setelah itu, anda dapat langsung akses halaman Classroom di halaman web Classroom.google.com dan masuk menggunakan akun Google. 

Jika anda sudah masuk ke halaman utama Google Classroom, pilih tanda “+” di tepi kanan atas. Jika anda masuk sebagai siswa, pilih “Join Class” dan masukan kode yang diberikan oleh pengajar. Namun Jika anda masuk sebagai guru, pilih “Create Class,” kemudian centang syarat dan ketentuan, lalu masukan nama kelas, bagian, subjek, kamar, lalu Storecreate. Setelah itu Google Classroom siap digunakan, dan bagikan kode kepada murid.

2. Moodlecloud

Aplikasi Moodlecloud

Moddlecloud ialah perangkat lunak pengelola course atau kuliah yang bersifat open source dan berbasis web. Moodlecloud sering disebut sebagai Course Management System (CMS) kekinian yang telah banyak digunakan oleh berbagai universitas, sekolah, komunitas, lembaga studi dan institusi bisnis. 

Moodle sangat cocok untuk guru tunggal tanpa banyak sumber daya yang ingin menggunakan Moodle untuk kelas, tapi itu juga ditujukan untuk siapa pun yang ingin mencoba Moodle dalam situasi pendidikan yang sebenarnya.

Fasilitas yang diberikan Moodlecloud selain untuk pembuatan ujian online, bisa juga untuk pembuatan pembelajaran kelas online. Moodlecloud sudah terintegrasi aplikasi BigBlueButton yakni aplikasi open source untuk konferensi online penuh, termasuk video, audio, papan tulis dan desktop sharing .

3. Rumah Belajar Kemendikbud

Rumah Belajar Kemendikbud

Kemendikbud Ri mengembangkan sebuah aplikasi belajar online gratis untuk siswa dan guru dalam bentuk aplikasi Rumah Belajar kemendikbud. Aplikasi belajar online gratis ini bertujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi.

Rumah belajar dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis. Aplikasi belajar online gratis untuk siswa dan guru ini telah diunduh lebih dari satu juta pengguna.

4.  MejaKita

Aplikasi MejaKita

Aplikasi lain yang digunakan untuk belajar online gratis untuk siswa dan guru ialah MejaKita. Kini dengan majunya teknologi, belajar bersama tak harus bertatap muka, hanya dengan satu aplikasi satu siswa dapat bertukar catatan atau saling berbagi rumus dengan siswa lain.

Bahkan beda sekolah atau beda daerah secara real time. Penyajian materi dilakukan secara tematis dan dilengkapi dengan forum diskusi yang dapat dimanfaatkan untuk sesi tanya jawab materi. MejaKita menyediakan materi pembelajaran dari SD sampai dengan SMA  diperoleh dengan gratis dan lengkap serta catatan yang diunggah oleh murid-murid di komunitas pelajar di seluruh Indonesia.  Selain materi, MejaKita dilengkapi beberapa fitur yaitu Diskusi PR, Berbagi Catatan, Latihan Soal, Materi Belajar, Belajar Bersama dan Rumus. 

Diskusi PR user MejaKita cukup merogoh kocek maksimal Rp 3.000 untuk satu soal dengan empat sub bab pertanyaan. Fitur Berbagi Catatan, siswa hanya perlu membayar Rp 1.000 saja untuk tiap catatan. Keuntungan yang diperoleh siswa yang melakukan diskusi ialah mereka mendapat penghasilan dari pertanyaan yang mereka jawab atau catatan yang dibagikan. Siswa wajib mengunggah minimal 2 bagian foto catatan mereka dan secara otomatis catatan akan tersimpan di MejaKita.

5. Icando

Aplikasi Icando

Aplikasi belajar online gratis dengan memanfaatkan teknologi dengan berbagai permainan game seperti Icando.  Aplikasi ini bergerak di jenjang PAUD, guna untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak.

Icando dilengkapi dengan program pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi yang dikembangkan secara komprehensif dengan ratusan minigames. Aplikasi belajar ini sangat cocok sekali untuk anak-anak yang berada di jenjang pendidikan PAUD.

6. Ruangguru

Aplikasi Harga Ruang Guru

Ruangguru merupakan aplikasi belajar online gratis melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis. Para siswa dan guru dapat melakukan pembelajaran dari jarak jauh secara daring setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa, di aplikasi Ruangguru.

Ruangguru menyediakan  kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru. Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis. Layaknya sekolah seperti biasa, siswa juga dapat mengetahui apa yang akan dipelajari di jam dan hari tertentu melalui rincian jadwal pembelajaran yang terdapat di aplikasi Ruangguru.

Akhir Kata

Nah, itulah aplikasi belajar online gratis yang dapat anda rekomendasikan untuk mereka yang membutuhkan. Melihat situasi saat ini masih belum memungkinkan untuk melanjutkan proses belajar dan mengajar seperti biasanya. Tidak ada salahnya anda mencoba aplikasi-aplikasi di atas selama masa physical distancing atau pembatasan fisik.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *