Skip to main content

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena sakit, dibuat oleh orang tua wali murid.

Hi sobat bisnispro, Mengenyam pendidikan di sekolah memang menjadi sangat diperlukan untuk menuntut ilmu. Mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Dan di jaman now tentu jika mampu harus mengenyam bangku perkuliahan juga ya.

Namun, Sekolah bukan hanya sekedar untuk mencari title saja, tapi memperluas ilmu (skill) dan wawasan ya. Kamu harus sungguh sungguh untuk belajar hingga mendapatkan manfaat dari apa yang di ajarkan di sekolah.

Ingat!, belajar tentu menjadi sangat penting. Tapi menjaga kesehatan agar bisa tetap berangkat masuk ke sekolah juga menjadi prioritas. Bagaimana mungkin kamu akan bisa mengikuti arus pelajaran sekolah jika tidak bisa masuk sekolah karena sering sakit.

Tapi jika memang sudah terlanjur sakit dan tidak bisa berangkat sekolah. Tentu saja kamu harus membuat surat izin tidak masuk sekolah bukan?.

Pengertian Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah merupakan surat izin yang ditujukan kepada pihak sekolah. Surat isin ini memuat keterangan bahwa seorang meminta izin tidak bisa masuk sekolah karena suatu alasan tertentu.

Dalam membuat surat izin, harus jujur sesuai dengan keadaan. Jangan merekayasa kebenaran ya. Jangan sekali kali membuat surat izin palsu. Salah satu tujuan utama sekolah kan juga supaya kamu bisa teguh memegang kejujuran.

Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Surat Izin

Tentu ada hal hal yang perlu diperhatikan. Perhatikan format surat izin saki. Tanda baca yang benar dan Penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai EYD.

Format surat izin yang benar harus ditulis dengan bahasa yang baku dan sesuai dengan kaidah penulisan surat. Secara umum standar kaidah penulisan surat setidaknya memiliki poin poin sebagi berikut:

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat izin
  2. Alamat tujuan surat (Kepada)
  3. Salam pembuka surat
  4. Kalimat pembuka surat
  5. Isi surat
  6. Salam penutup surat
  7. Nama terang pembuat surat

Cara Membuat Surat Izin

Membuat sebuah surat izin merupakan hal yang mudah. Kita tinggal ikuti format surat izin yang setidaknya memiliki poin poin kaidah penulisan surat diatas.

Tapi ada unsur-unsur yang harus diperhatikan:

Tujuan Pengiriman Surat

Bagian ini berisi informasi mengenai tujuan surat izin akan diberikan kepada siapa. Apakah ke kepala sekolah atau ke wali kelas. Jangan sampai salah tujuan ya. Bisa jadi fatal kalau tidak sampai kepada tangan yang dimintai izin. Kalau surat tidak sampai ke tujuan yang tepat berati kamu tetap terhitung bolos sekolah.

Isi Surat

Bagian ini tentu merupakan inti dari isi surat izn. Alasan mengapa surat izin ini dibuat. Tuliskanlah alasanmu dengan jujur dan logis. Pada bagian inilah yang menjadi penentu apakah surat izin kamu akan diterima atau tidak.

Pembuat / Pengirim Surat

Bagian ini berisi informasi / nama terang yang membuat surat izin. Surat izin tidak selalu dibuat oleh yang bersangkutan. Kebanyakan jika kamu masih sekolah yang akan membuat surat izin adalah wali kamu sebagai murid. Orang tua, kakak atau saudara kamu. Apalagi surat izin yang dibuat adalah surat izin sakit tidak bisa masuk sekolah.

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah

Berikut ini contoh format surat izin karena sakit sehingga tidak bisa berangkat ke sekolah untuk mengikuti pelajaran.

Magelang, 29 Juni 2019
 
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas II
SMP N 1 Mauntilan
 
Assalamu’alaikum Wr Wb.

Dengan hormat,
Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :
Nama 	: Arizal Saputra Nugraha
Siswa 	: Kelas II-A SMP N 1 Muntilan
Alamat 	: Jl. Muntilan Km 2, Muntilan, Magelang

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa 29 Juni 2019 dikarenakan sakit demam yang mengharuskan dirawat dan istirahat total. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas II-A memberikan izin.
Demikian surat izin ini kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Hormat saya,
Orang tua/Wali Murid


Fikri Ginanjar

Surat izin sakit ini sudah kami sediakan di format google doc, bisa kamu download melalui google drive. Preview surat izin tidak masuk sekolah karena sakit di google doc berikut ini.

Bagi kamu yang ingin membuka di google doc atau download bisa melalui link berikut >> https://docs.google.com/document/d/1xdGBNW0ZMOes6VBeTH7jQELQ8Mn4Q9l-ZouxINas0iE/edit?usp=sharing

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Keperluan Keluarga

Berikut ini contoh surat izin tidak bisa berangkat ke sekolah karena ada keperluan keluarga dan bersifat penting. Dalam kasus ini alasan yang digunakan dalam surat izin adalah karena pergi ke luar kota untuk mengikuti acara pernikahan kakak.

Purwokerto, 17 Juni 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Wali Kelas X TKJ
SMKN 2 Purwokerto
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama       : Fahri Pramono
Kelas      : X-B TKJ
NISN       : 127690

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat masuk sekolah dan mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Rabu, 17 Juni 2019 dikarenakan ada kepentingan pergi ke luar kota untuk mengikuti acara pernikahan kakak. Kiranya Bapak/Ibu berkenan memberikan izin kepada saya.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Atas izin dan kebijaksanaan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Fahri Pramono

Surat izin karena ada keperluan keluarga ini juga sudah kami sediakan dalam format google doc yang bisa kamu download melalui google drive. Preview surat izin tidak masuk sekolah karena sakit di google doc berikut ini.

Bagi kamu yang ingin membuka di google doc atau download bisa melalui link berikut >> https://docs.google.com/document/d/15_l74dt7QvTyDZI7_lk8c0G7buYYoOoLEQ2BOrHnzJ4/edit?usp=sharing

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Ada Keperluan Penting

Seorang manusia pasti tidak bisa terlepas dari urusan yang bersifat penting dan mendesak. Seorang yang masih mengenyam bangku pendidikan pun pasti begitu.

Ada kalanya kamu akan menemui saat saat dimana kamu memiliki kepentingan yang mendesak sehingga kamu tidak bisa masuk ke sekolah. Dan tentu kamu harus membuat surat izin untuk itu.

berikut contoh untuk surat izin dengan alasan karena ada kepentingan yang bersifat urgent dan mendesak.

Sragen, 20 Juli 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Wali Kelas XII IPA
SMAN 2 Sragen
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama       : Galih Kurniawan
Kelas      : XII IPA
NISN       : 2127693

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat masuk sekolah dan mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Selasa, 21 Juli 2019 dikarenakan ada kepentingan untuk mengurus kesalahan data AKTA kelahiran. Kiranya Bapak/Ibu berkenan memberikan izin kepada saya.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar–benarnya. Atas izin dan kebijaksanaan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Galih Kurniawan

Contoh surat izin karena ada keperluan pentingan ini juga kami buat dalam format google doc. Previewnya bisa kamu lihat seperti berikut ini:

Jika kamu ingin membukanya di google doc atau mendownload filenya bisa melalui klik link berikut >> https://docs.google.com/document/d/1BGmNde9M7fiANTmERRx-AqE-3c4ClPkbMbIRv6Foh2o/edit?usp=sharing

Sobat bisnispro, demikian artikel mengenai surat izin tidak bisa masuk sekolah beserta beberapa contohnya. Semoga bisa menambah wawasan kalian untuk membuat surat izin dengan baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku ya.

2 thoughts to “Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah”

  1. Jadi inget dulu pas jaman sekolah bikin surat izin tidak masuk sendiri karena ngekos, beruntung tulisan sy latin jadi mirip kaya tulisan orang tua jama dulu.
    Nice post min

Leave a Reply