Skip to main content

5 Cara Melamar Kerja sesuai Deskripsi Pekerjaan

application

Melamar pekerjaan sesuai deskripsi lowongan kerja, serbabisnis. Bagi sarjana muda atau fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman, memenuhi seluruh persyaratan dari posisi pekerjaan yang tersedia bukanlah perkara mudah.

Pada umumnya, perusahaan penyedia lapangan pekerjaan memberikan cukup banyak persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pelamar dalam proses rekrutmen. Ada beberapa hal yang dapat membuat kamu lebih unggul diantara pelamar yang lain. Salah satunya dengan deskripsi pekerjaan.

Pada saat melamar pekerjaan, pastinya akan ada serangkaian tes yang dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan apakah kamu layak bergabung dengan perusahaan tersebut atau tidak. Pada saat melamar posisi pekerjaan tersebut pastikan bahwa kamu telah benar-benar memahami deskripsi pekerjaan yang dijelaskan.

Terdapat beberapa perusahaan yang akan bertanya kepada kamu mengenai deskripsi pekerjaan seperti apa yang dibutuhkan perusahaan untuk posisi tersebut. Pada kondisi dan keadaan seperti ini dibutuhkan pemahaman mengenai deskripsi pekerjaan yang diinginkan oleh  perusahaan agar kamu dapat bersaing dengan pelamar lainnya.

Deskripsi pekerjaan sendiri adalah  penjelasan mengenai tugas serta tanggung jawab kerja dari sebuah posisi pekerjaan yang akan dilamar. Berdasarkan deskripsi pekerjaan inilah nantinya kamu bisa menemukan pekerjaan yang cocok dengan kemampuan bahkan passion kamu.

Berikut ini beberapa cara melamar pekerjaan sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan kemampuan kamu agar lebih mudah diterima.

1. Pahami Posisi Pekerjaan yang Dilamar

Sebelum kamu mengisi formulir pendaftaran diri untuk mengikuti seleksi, ada baiknya kamu memahami pekerjaan yang akan kamu lamar tersebut seperti apa. Kamu harus memperhatikan detail pekerjaan seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Detail yang harus kamu perhatikan mulai dari tingkat pendidikan dan jurusan hingga pengalaman kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Setelah kamu merasa detail tersebut sesuai dengan kualitas dan kualifikasi yang kamu miliki, maka kamu bisa memulai untuk menuliskan dan menjelaskan deskripsi pekerjaan kamu.

Pastikan bahwa apa yang kamu jelaskan dapat merefleksikan standar kebudayaan dari perusahaan yang akan kamu tuju. Gunakan bahasa yang menarik perhatian pembacanya sehingga perusahaan berminat untuk mengajak kamu bergabung.

2. Pelajari Tanggung Jawab dari Pekerjaan yang Ingin kamu Lamar

Setelah kamu melakukan identifikasi terhadap pekerjaan dan posisi yang akan kamu lamar, maka selanjutnya adalah memahami tanggung jawab dari pekerjaan tersebut. Pastikan seluruh tanggung jawab yang akan dibebankan pada posisi tersebut mampu kamu selesaikan dengan kemampuan yang kamu miliki.

Tanggung jawab yang sesuai kemampuan dapat meningkatkan nilai kamu di mata perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Pada saat kamu menjelaskan mengenai tanggung jawab pekerjaan, sampaikan secara terperinci, ringkas dan jelas.

Tunjukkan bahwa kamu memang menguasai bidang pekerjaan untuk posisi yang disediakan. Usahakan agar tidak terlalu menyombongkan diri pada saat memberikan penjelasan, namun tunjukkan bahwa kamu mampu dalam melakukan pekerjaan tersebut dengan tetap menerima saran orang lain atau rekan kerja.

Selain itu, tonjolkan juga pengalaman kerja kamu yang sesuai dengan kualifikasi. Jabarkan tugas-tugas kamu di perusahaan yang sebelumnya yang kamu lakukan sesuai dengan posisi kamu.

3. Ketahui Kewajiban Sebagai Pegawai

Hal selanjutnya yang harus kamu cari tahu dan pahami adalah tanggung jawab dan kewajiban sebagai pegawai jika kamu terpilih menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Biasanya pihak perusahaan juga sering menyertakan daftar kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelamar untuk pekerjaan tersebut. Kewajiban-kewajiban ini bisa jadi akan sangat bervariasi dan berbeda-beda dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain, bahkan walaupun posisi atau jabatan pekerjaannya sama. Hampir mirip dengan kualifikasi, kewajiban kerja ini sering kali dibuat berdasarkan urutan dari yang paling penting ke yang tidak penting.

Kewajiban pegawai ini termasuk hal penting untuk kamu ketahui karena kamu nantinya akan berhubungan dengan banyak rekan kerja selama menjalankan pekerjaan yang akan dilamar. Selain teman sejawat atau rekan kerja, kamu nantinya juga harus berhubungan dengan atasan sehingga etika sebagai pegawai yang baik harus kamu memiliki.

Ketika kamu meringkas deskripsi pekerjaan tersebut, kamu harus menjelaskan kewajiban sebagai pegawai dengan jelas namun singkat. Gunakan kata-kata dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak berbelit-belit dan sopan.

4. Tonjolkan Keterampilan Yang Kamu Miliki

Cara melamar pekerjaan sesuai dengan deskripsi pekerjaan adalah dengan menjelaskan kemampuan yang kamu miliki. Hal ini merupakan tahapan yang paling penting karena kebanyakan perusahaan akan mencari karyawan yang memiliki kemampuan yang  tinggi.

Jabarkan semua keterampilan yang kamu miliki dengan baik walaupun keterampilan tersebut tidak ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar. Kualifikasi perekrutan pegawai yang dilakukan perusahaan terhadap para pelamar berbeda-beda.

Keterampilan yang kamu miliki walaupun tidak berhubungan dengan kualifikasi posisi yang akan kamu lamar, namun hal itu terkadang menjadi pertimbangan tersendiri oleh perusahaan dalam memilih karyawan. Apalagi jika kemampuan kamu yang tidak berhubungan dengan posisi tersebut juga dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk lebih meyakinkan perusahaan yang akan kamu lamar, jangan lupa menyertakan sertifikat dan piagam penghargaan mengenai keterampilan yang kamu miliki walaupun hal itu tidak masuk ke dalam perhitungan kualifikasi. Karena sertifikat yang menunjang keterampilan kamu dapat menjadi bukti bahwa kamu memang memiliki kemampuan tersebut dan tidak hanya sekedar omongan saja.

Sertifikat keterampilan yang bisa kamu sertakan biasanya berhubungan dengan keterampilan bahasa, komputer, dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki kemampuan sebagai pemberi solusi yang baik dan kamu juga bisa ikut menyertakan kemampuan tersebut dalam penjelasan kemampuan  yang kamu miliki.

Memang akan lebih baik jika kamu memiliki sertifikat dan piagam penghargaan sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar. Namun kemampuan diluar posisi yang dilamar juga perlu diceritakan.

Tonjolkan kelebihan yang kamu miliki terhadap posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar. Jelaskan penghargaan apa saja yang telah kamu raih dari kemampuan kamu tersebut.  Jika kamu adalah seseorang yang memiliki kemampuan otodidak dan tidak memiliki sertifikat, kamu juga dapat menjelaskan hal tersebut kepada perusahaan. Terkadang perusahaan lebih percaya pada praktek langsung daripada hanya sekedar penjelasan.

4. Periksalah Pertanyan Atau Kata Kunci yang Diberikan

Pihak perusahaan akan meminta pelamar untuk menjawab pertanyaan atau bahkan ada perusahaan yang menggunakan kata kunci pada lamaran yang mereka kirim untuk memastikan bahwa pelamar kerja telah membaca deskripsi pekerjaan tersebut dengan teliti dan sampai selesai.

Pertanyaan dapat berupa sesuatu yang sangat sederhana, tetapi walaupun sederhana ini bisa jadi merupakan bagian dari aplikasi kerja yang paling penting. Oleh karena itu, sebelum kamu berpindah dari bagian deskripsi pekerjaan dan mulai menulis surat lamaran, pastikan kamu membaca ulang semua persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Gunakan bahasa yang formal, jelas dan baku ketika menjelaskan mengenai deskripsi pekerjaan kamu. Gunakan poin-poin ketika menjelaskan deskripsi agar lebih sederhana dan mudah dibaca atau dipahami.


Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa saja yang kamu harus lakukan untuk melamar pekerjaan sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Semoga berhasil

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *