Desain Template Sertifikat Cdr dan Word

Sertifikat sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Selembar kertas yang menjadi tanda bukti kepemilikan mengenai sesuatu hal yang bersifat fakta. Seperti sertifikat pemilikan tanah, akta kelahiran, sertifikat peserta acara seperti pelatihan, seminar dan lainnya.

Sertifikat memiliki ukuran dan desain grafis yang berbeda beda. Ukuran dan desain tersebut biasanya disesuaikan dengan kebutuhan sertifikatnya.

Pada artikel kali ini serbabisnis akan memberikan beberapa contoh desain dan download template sertifikat. Namun sebelumnya, kami akan sedikit menguraikan beberapa penjelasan mengenai sertifikat.

Apa itu Sertifikat?

Berikut ini pengertian sertifikat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

“/ser·ti·fi·kat/”

Tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian: — tanah; — kelahiran surat bukti kelahiran yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang; — tanah surat bukti pemilikan tanah yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Jadi sertifikat adalah selembar kertas berisi informasi terkait dengan kepemilikan sesuatu, barang ataupun kejadian. Informasi yang tertera tersebut dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, mempunyai kekuatan yang sah dan tidak dapat diganggu gugat.

Fungsi Sertifikat

Sertifikat berfungsi sebagai alat untuk mengklaim bahwa kita mempunyai sesuatu secara sah bisa berupa barang ataupun keahlian. Sebagai contoh fungsi lain dari sertifikat sebagai berikut:

  1. Fungsi sertifikat tanah menjadi bukti kepemilikan yang sah sesuai dengan informasi yang tertera dalam sertifikat tersebut, tidak bisa diclaim oleh orang atau pihak lain.
  2. Fungsi sertifikasi profesi salah satunya untuk mengukur kemampuan kamu dalam bekerja di bidang yang kamu tekuni, hal ini akan sangat membantu untuk mendukung mendapatkan pekerjaan. Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga/ instansi/ pemerintahan, sehingga sangat terjamin kesahannya. Diantara profesi yang membutuhkan sertifikat yakni dokter, guru, dll.

Kertas untuk Sertifikat

Untuk mencetak selembar sertifikat dibutuhkan kertas yang tebal. Sertifikat pada umumnya dicetak menggunakan kertas dengan ketebalan minimal 190gr.

Jenis kertas sertifikat yang umum digunakan diantaranya adalah:

1. Kertas Art Carton / Art Paper

Kertas jenis ini memiliki ketebalan kertas ini mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, dan 310gr dengan dasar warna putih, licin, mengkilap, dan halus.

2. Kertas Ivory

Kertas jenis ini hampir mirip dengan kertas art carton, hanya sedikit perbedaan gramasi yang biasa digunakan yakni 210gr, 230gr, 250gr, 310gr, dan 400gr. Kertas ivory memiliki sisi embar balik yang berbeda yakni glossy dan doff pada masing masing sisinya.

3. Kertas Manila

Kertas ini memiliki tekstur yang agak kasar dan juga kaku. Tersedia juga dalam berbagai warna dasar.

4. Kertas BW (Blues White)

Jenis ini merupakan kertas yang sering digunakan oleh banyak perusahaan karena teksturnya yang halus dan bagus serta harganya yang ekonomis. kertas jenis ini juga tersedia dalam beberapa warna. Ketebalan jenis kertas ini yang umum digunakan untuk cetak sertifikat adalah adalah 250gr.

5. Kertas Linen

Kertas linen memiliki tekstur yang menarik, mudah menyerap tinta dan juga tersedia berbagai piihan warna. Dengan ketebalan 250gram, sangat elegant jika digunakan untuk cetak sertifikat. Namun perlu diingat, karena tekstur permukaannya yang kasar, jenis kertas ini tidak bisa di laminasi.

Desain Template Sertifikat Word Docx dan Cdr

Berikut ini serbabisnis telah membuatkan desain sertifikat yang kami bagikan gratis. Beberapa lainnya adalah rekomendasi template sertifikat yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Cekidot

Desain Template Sertifikat Kosong cdr

Desain template sertifikat kosong cdr
Desain sertifikat kosong coreldraw x7

Desain template ini dibuat menggunakan corelDraw X7. Terlihat sederhana namun tetap menonjolkan desain yang elegan, dan terlihat keren. Dapat digunakan untuk sertifikat yang bersifat semi formal, seperti sertifikat workshop, pelatihan dan lain sebagainya.

Master desain sertifikat kosong cdr ini dapat diedit sesuai data yang ada. Font yang digunakan adalah font standar yakni Font Impact dan Calibri, jadi tidak perlu repot mencari, download dan instal font lagi di komputer kamu. Background dan bingkai desain template sertifikat berformat vektor sehingga dapat diubah ubah dan disesuaikan dengan mudah.

Kalian bisa download template sertifikat cdr ini melalui halaman berikut:

DOWNLOAD

Desain Template Sertifikat PAUD

Desain sertifikat ijazah sekolah paud tk
Desain sertifikat ijazah sekolah paud tk

Sertifikat Ijazah Piagam PAUD merupakan tanda bukti kelulusan anak. Isinya menyatakan bahwa sang anak telah mengikuti seluruh pembelajaran di sekolah PAUD / Kelompok Bermain.

Download desain sertifikat paud tersebut dalam dua format yang sudah kami sediakan, yakni sertifikat paud docx dan coreldraw.

DOWNLOAD Template Sertifikat PAUD word docx dan CDR

Desain Template Sertifikat Karyawan Terbaik

Contoh sertifikat karyawan terbaik
desain template sertifikat karyawan terbaik, image:web\templates.office.com

Sebuah perusahaan biasanya akan memberikan sebuah sertifikat bagi karyawannya yang berprestasi. Karyawan yang terbaik yang akan mendapatkan sertifikat tersebut.

Desain sertifikat diatas adalah template gratis yang disediakan oleh Microsoft Word. Desain sertifikat simple namun terlihat rapi dan formal. Cocok sekali untuk sertifikat bagi karyawan terbaik di perusahaan Anda.

DOWNLOAD

Desain Template Sertifikat Pelatihan

Desain template sertifikat pelatihan
Desain template sertifikat pelatihan, image:web\template.net

Desain ini bisa dibilang sangat kalem dan elegan dengan bingkai yang sederhana dan warna yang soft. Desain ini adalah template sertifikat untuk training fitnes. Namun bisa juga diedit dan disesuaikan untuk sertifikat training lainnya, tinggal ubah gambar backgroundnya.

DOWNLOAD

Kumpulan Contoh Sertifikat

Sebagai bahan inspirasi untuk membuat desain template sertifikat, berikut ini serbabisnis.com sudah mengumpulkan beberapa contoh sertifikat yang bagus.

Contoh sertifikat seminar

seminar Nasional IMISF Bali
Sertifikat seminar Nasional IMISF Bali, image:web\untungrahardja.ilearning.me

Contoh Sertifikat Piagam Penghargaan

Piagam Biru Media Guru
Piagam Biru Media Guru, image:web\sumbar.kemenag.go.id
Sertifikat penghargaan FKM UI
Sertifikat penghargaan FKM UI, image:web\fkm.ui.ac.id

Contoh sertifikat pramuka

Sertifikat Pramuka SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga
Sertifikat Pramuka SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga, Image:web\http://azis-farmasi.blogspot.com
Sertifikat Pramuka Penggalang
Sertifikat Pelantikan Pramuka Penggalang, image:web\resimenkita.blogspot.com

Contoh Sertifikat Juara Lomba

Sertifikat Juara 1 Lomba Esai Nasional Poltekkes Kemenkes Makassar
Juara 1 Lomba Esai Nasional Poltekkes Kemenkes Makassar, image:web\ilmapres.ristekdikti.go.id

Contoh Sertifikat PRAKERIN

Sertifikat Prakerin Cv. Karya Bhakti Balikpapan
Sertifikat Prakerin Cv. Karya Bhakti Balikpapan, image:web\fdokumen.com

Contoh Sertifikat Workshop

sertifikat workshop notebook tuning & troubleshooting
Sertifikat Workshop Notebook Tuning & Troubleshooting Universitas Gunadarma

Contoh sertifikat komputer

Sertifikat Kursus Komputer Kepanjen Malang RIZALmedia
Sertifikat Kursus Komputer Kepanjen Malang RIZALmedia

Contoh Sertifikat Toefl

sertifikat TOEFL
Contoh Sertifikat TOEFL ITP, image:web\simak.ui.ac.id

Contoh Sertifikat Tanah

contoh sertifikat tanah
Foto contoh sertifikat tanah, image:web\rumah.com

Penutup

Desain template sertifikat sebaiknya dibuat dengan desain grafis yang menarik, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Dengan adanya master desain template sertifikat semoga dapat membantu dan memudahkan dalam membuat grafis sertifikat.

Kumpulan contoh template sertifikat di atas diharapkan dapat menjadi referensi agar membuahkan ide ide yang lebih bagus dan menarik.

Kami sangat butuh kritikan dan saran yang membangun dari para pembaca. Tulis komentar kalian ya.

Terima kasih
Telah Share Artikel ini!

Share
  • 2
    Shares
  • 2
    Shares

Leave a Reply