Skip to main content

Cara Memecahkan Masalah Dengan Baik

Memecahkan-2BMasalah-problem-solving-of-business-woman

Terkadang seseorang tidak dapat memecahkan masalahnya dengan baik, sehingga masalah tersebut tidak pernah selesai dan justru mendatangkan masalah-masalah lain di belakangnya, seperti dendam, minder, permusuhan dan sebagainya.

Menyelesaikan sebuah masalah bukanlah hal yang mudah, karena pada setiap individu memiliki keegoisan, namun tingkat keegoisan yang ada pada diri seseorang tentu berbeda beda, dan keegoisan tersebut dapat dikurangi secara perlahan sehingga masalah dapat segera terselesaikan.
Berikut ini merupakan beberapa tips cara memecahkan masalah yang dapat membantu kamu:

Sharing dengan orang kepercayaan

Untuk mengurangi tingkat keegoisan yang ada pada diri seseorang, dapat dengan cara berbagi cerita dengan orang lain. Pilihlah orang terdekat kamu, seperti orang tua, sahabat dan lainnya yang dapat meberikan nasehat ataupun memberi masukan untuk sebuah solusi. Dengan berbagi cerita, maka orang kepercayaan kamu tersebut dapat memberikan nasehat khusus, atau setidaknya dapat membuat kamu sedikit merasa lebih tenang.

Open-minded

Setelah bercerita kepada orang terdekat kamu, maka kamu juga harus dapat membuka pikiran kamu dan jangan selalu bersikokoh jika kamu adalah satu satunya orang yang paling benar. Dengan mencoba untuk membuka pikiran kamu, dan berusaha lebih tenang maka kamu akan lebih mudah menerima saran, solusi dan nasehat yang diberikan yang tentunya dalam hal yang positif.

Intropeksi diri

Ketika kamu sudah dapat membuka pikiran kamu untuk dapat lebih menerima nasehat, maka pemikiran tersebut akan memudahkan kamu untuk lebih intropeksi diri. Dengan melakukan intropeksi diri, maka hal ini tentu saja akan sangat baik karena kamu dapat merenungkan apa yang salah dari diri kamu, dan kamu dapat menuju sesuatu yang jauh lebih baik lagi.
Meskipun cara memecahkan masalah bukanlah hal yang mudah, namun kamu harus melakukannya karena masalah tidak akan pernah berhenti ketika masing masing pihak memiliki tingkat ke egoisan yang tinggi.

Semoga beberapa tips cara memecahkan masalah di atas dapat membantu kamu dalam memecahkan masalah yang kamu alami.
::dari berbagai sumber::

Leave a Reply