Skip to main content

Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Custom Domain

Cara-Custom-Domain-Blogspot-dengan-Cloudflare

Blogspot atau blogger adalah layanan google untuk membuat blog secara gratis. Domain bawaannya memuat nama blogspot.com di belakangnya “nama.blogspot.com“.

Di artikel sebelumnya serbabisnis sudah menulis tentang bagaimana cara membuat blog dengan blogger.

Biarpun hanya sekedar blog pribadi tentu akan lebih keren jika nama domainnya adalah nama domain yang premium. Nah,. kali ini kami bukan akan mengulas tentang bagaimana cara membuat blog di blogspot, atau cara daftar google adsense dari blogger, hingga cara memasang adsense di blog.

Tapi, kali ini kami akan mengulas tentang bagaimana cara untuk mengubah domain blogspot menjadi custom domain pribadi. Jadi domainnya bukan lagi nama.blogspot.com tapi menjadi nama.com / nama.info atau apapun domain yang telah kamu bayar.

Setting Custom Domain Blogspot dengan Cloudflare

Mengapa menggunakan clodflare? Jawabannya untuk memperkuat keamanan dan mempercepat akses website. Gambaran sederhananya CloudFlare bertindak menjadi penghubung antara server website dan pengunjung.

Langsung saja kita ke pembahasan inti setting custom domain blogspot ya. simak step by stepnya berikut ini:

1. Log in ke akun blogger kamu

Tahap awal tentu kamu harus masuk ke dashboard blogger kamu dong. klik menu Settings >> Basic di kolom sebelah kiri.

2. Masukkan nama domain kamu

Masukkan domain kamu ke dalam form blog address. Pastikan menggunakan www ya. misal www.domainkamu.com
Klik Simpan

Kamu akan mendapatkan CNAME dan alamat IP yang diberikan oleh Blogspot. Cname dan IP ini yang akan digunakan untuk setting DNS di Cloudflare

3. Tambahkan Domain ke Cloudflare

Kami asumsikan kamu sudah punya akun di cloudflare ya. jika belum silahkan sign up di mari dash.cloudflare.com/sign-up .

Cuss add site domain kamu di clodflare. Pilih yang free saja sudah cukup.

Oh iya jangan lupa arahkan nameserver domain kamu ke ns cloudflare ya. Jika terlewat, kamu bisa lihat nameservernya di menu DNS cloudflare. untuk setting nameservernya ada di dashboard client dimana kamu membeli nama domain kamu ya. Biasanya juga sudah ada tutorialnya untuk cara mengganti nameserver domain kamu.

4. Setting Cname Google Cloudflare

Menambahkan A Record, mengarahkan IP Address Blogspot ke domain kamu. Masukkan A record, hostname dan IP address dari blogger.

Berikut ini IP address blogger

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Menambahkan CNAME Record, tambahkan cname record yang sudah diperoleh saat setting di dashboard blogger pada point nomor satu diatas.

LIhat gambar berikut.

Input lagi custom Domain

Kembali lagi ke dashboard blogger dan masukkan lagi url domain kamu, dan klik save lagi.

Jika masih error, lakukan verifikasi owner. melalui a TXT record. “you can ferivy your ownership of this domain with a txt record through the google search console here instead. ” klik link di kata here.

Oke, setelah verified, buka tab dashboard blogger dan add url domain kamu lagi dan save.

Setelah seluruh settingan diatas sudah selesai, jika masih error coba tunggu beberapa jam karena mungkin proses resolving perubahan DNS.

Closing

Setting custom domain blogger tidak terlalu rumit kok, mbah google sendiri juga sudah memberikan halaman panduan dasar disini https://support.google.com/domains/answer/6069231?hl=id .

Semoga tutorial mengubah domain blogspot yang sudah kami tuliskan diatas bisa membantu.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *