Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis, baik bisnis yang berskala besar maupun kecil. Tapi kadang hal ini kurang diperhatikan oleh pelaku usaha yang masih berskala kecil. Beberapa diantaranya mengungkapkan alasan karena pembuatan laporan keuangan yang cukup rumit. Namun sebetulnya ada banyak contoh laporan keuangan yang sederhana yang bisa diaplikasikan untuk bisnis skala kecil.

Lain halnya dengan laporan keuangan untuk bisnis atau perusahaan yang sudah besar. Laporan keuangannya memang harus dibuat dengan rapi, dan biasanya sudah terintegrasi dengan sistem yang ada satu sama lainnya.

Laporan keuangan menunjukan bagaimana keadaan finansial sebuah usaha dalam periode tertentu. Setiap transaksi yang dilakukan harus tercatat. Jadi, dari laporan keuangan inilah kita bisa melihat apakah bisnis yang dijalankan berkembang atau tidak, memiliki profit atau malah rugi.

Apa yang terjadi jika tidak memiliki laporan keuangan?

Paling banyak terjadi adalah bisnis sudah lancar tapi tidak memiliki laporan keuangan atau memiliki laporan keuangan yang amburadul, jadinya uang habis entah kemana karena tidak tercatat.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Bagi pemula yang sedang atau akan merintis sebuah usaha pasti bertanya-tanya bagaimana cara untuk membuat laporan keuangan yang sederhana.

Berikut ini adalah cara membuat laporan sederhana menurut Said M. Haidir, SE.,MM. seorang Talent Ready, Logistic Manager, Warehouse Manager, Supply Chain Manager, Certified LSSGB. Ia menuliskan sebuah cara sederhana untuk membuat laporan keuangan melalui akaun Linkedin miliknya sebagai berikut.

CARA SEDERHANA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN

Jika anda sedang merintis usaha, apakah usaha anda sudah menerapkan Laporan Keuangan ??

Laporan Keuangan merupakan salah satu dashboard penting dalam suatu bisnis.

Di Laporan tersebut kita bisa lihat bisnis kita apakah berkembang atau tidak, Assetnya bertambah atau tidak, Profit atau tidak.

Setidaknya ada 3 Laporan Keuangan yg harus dipahami oleh Pengusaha yg sedang merintis bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yaitu :

=> PROFIT LOSS
=> BALANCE SHEET
=> ARUS KAS

Hal pertama yang paling mudah dilakukan adalah buat Laporan Laba/Rugi dulu, karena biasanya kita selalu penasaran dgn untung gak sih usaha saya ? hehee..

LAporan LAba/Rugi :
Sales – Biaya = Profit

Nah Profit ini akan masuk ke Balance Sheet dibagian owner’s Equity

Dari situ akan timbul Cash di Balance sheet, tentu saja cash ini dari hasil penjualan pada laporan laba/rugi.

Cash inilah yang ditempatkan di Laporan CashFlow pada saldo Akhir

Dalam LAporan CashFlow ada 3 poin utama yaitu :

1. Operating Cash Flow (OCF), yaitu kas yg masuk & keluar utk operasional.
2. Investing Cash Flow (ICF), yg berhubungan dgn investasi, misal jual beli peralatan, mesin, dll.
3. Free Cash Flow (FCF) yaitu kas yg tersisa utk pembagian laba usaha.

Nah Simple Bukan ?

Panduan Urutan Membuat Laporan Keuangan

1. Laporan Neraca

Langkah pertama yakni membuat laporan neraca perusahaan. Laporan neraca ini menunjukkan harta yang dimiliki dan jumlah hutang yang ditanggung oleh sebuah perusahaan. Pada laporan neraca ini perlu diperhatikan bahwa jumlah harta dan modal ditambah dengan hutang harus memiliki nilai yang sama.

2. Laporan Laba Rugi

Langkah berikutnya adalah membuat laporan laba rugi. Dalam laporan laba rugi menunjukkan perhitungan semua pendapatan dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan. Biaya yang dimaksud seperti biaya administrasi, biaya operasional, biaya penyusutan, dan biaya lainnya. Oleh karena itu, dalam laporan ini akan menunjukkan keuntungan ataupun kerugian yang dialami perusahaan selama periode tertentu.

3. Laporan Arus Kas

Di dalam laporan arus kas berisi mengenai jumlah kas masuk dan kas keluar dalam kurun waktu tertentu. Bisa dibuat secara sederhana dan juga terperinci.

4. Laporan Perubahan Modal

Laporan ini perlu dibuat untuk menggambarkan perubahan modal yang kemungkinan terjadi. Meskipun bisnis yang dijalankan masih berskala kecil namun laporan perubahan modal ini sebaiknya tetap disusun.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel

Nah, tibalah pada bagian yang mungkin kamu cari. Yakni contoh laporan keuangan sederhana dalam format .xls excel. Berikut ini adalah screenshoot dari contoh laporan sederhana excel yang terdiri dari bagian, Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas.

Contoh Neraca Keuangan Excel
Contoh Neraca Keuangan Excel
Contoh Laporan Laba Rugi Excel
Contoh Laporan Laba Rugi Excel
Contoh Laporan Arus Kas Excel
Contoh Laporan Arus Kas Excel

Download laporan keuangan excel ini melalui google drive dengan link berikut.

DOWNLOAD

Kesimpulan

Laporan keuangan merupakan hal yang penting sebaiknya harus ada dalam sebuah bisnis. Dengan adanya laporan ini akan sangat membantu pemilik usaha untuk mengetahui apakah bisnis yang sedang dijalankan berkembang atau malah merugi.

Dengan adanya laporan keuangan juga akan membantu mengatur dan mengolah data aliran pemasukan maupun pembelanjaan uang sehingga sangat jelas bisa dilihat penggunaan uangnya untuk apa.

Demikianlah pembahasan mengenai cara sederhana membuat laporan keuangan.

Semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan melalui jejaring sosial kamu ya,.
Terima kasih

Leave a Reply