Keren! Ini Contoh CV Kreatif yang Menarik

Contoh CV – Curriculum Vitae adalah uraian singkat daftar riwayat hidup seseorang, tentang pendidikan, kualifikasi diri, hingga pengalaman kerja yang telah dijalani. CV menjadi salah satu berkas pelengkap terpenting saat kita melamar sebuah pekerjaan.

Apakah CV berbeda dengan Resume?

Dikutip dari situs icc.ucdavis.edu, di luar negeri CV dan Resume merupakan berkas yang berbeda namun juga memiliki kesamaan. CV menyajikan daftar riwayat lengkap tentang kredensial akademis kamu. Sebaliknya, resume fokus untuk menyajikan data data singkat tentang keterampilan dan kualifikasi kamu untuk sebuah posisi atau jabatan kerja tertentu. CV digunakan untuk keperluan mendaftar beasiswa, hibah dan posisi pengajaran / penelitian di Institusi atau untuk mencari posisi penelitian tingkat tinggi di Industri. Sedangkan resume lebih diperuntukan untuk melamar pekerjaan.

Namun demikian, di Indonesia kebanyakan orang secara umum menjadikan CV dan Resume jadi satu bagian yang tak terpisahkan.

CV dan resume menjadi satu berkas gambaran personifikasi diri dalam tulisan. Menjelaskan secara ringkas tentang data diri kamu, kualifikasi tentang kemampuan dan ketrampilan yang kamu miliki, riwayat pendidikan yang telah dijalankan, pencapaian yang telah kamu lakukan, hingga daftar pengalaman kerja yang telah dimiliki.

Apa saja jenis CV atau resume?

Ada dua jenis cv atau resume, yakni CV berdasarkan urutan kronologis dan CV berdasarkan keterampilan.

Yuk sedikit kita bahas lebih detail.

1. CV Berdasarkan Urutan Kronologis

CV jenis ini adalah yang umum digunakan oleh banyak orang. Format cv atau resume ini mengedepankan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja dengan urutan kronologis. CV jenis ini akan memperlihatkan perkembangan karir kamu dengan susunan dari pengalaman kerja yang terakhir atau terbaru. Sehingga CV ini biasanya lebih disenangi oleh bagian rekruitmen sebuah perusahaan.

2. CV Berdasarkan Keterampilan

Bagi kamu yang masih fresh graduate, belum memiliki pengalaman kerja. CV jenis ini cocok untuk kamu. Isi dari CV jenis ini lebih menonjolkan pada kemampuan dan keterampilan dibanding pengalaman kerja. Hal ini berfungsi untuk meyakinkan rekruiter bahwa kamu memiliki kualifikasi kemampuan dan keterampilan sesuai yang dibutuhkan di perusahaan.

Hal-hal yang Sering ditanyakan Fresh Graduate Saat Membuat CV

  • Kalau saya tidak memiliki pengalaman kerja bagaimana?
    “Jika kamu memiliki pengalaman organisasi atau komunitas maka kamu bisa memasukkannya ke “Pekerjaan Sukarela”. Jangan lupa tambahkan deskripsinya, apa yang kamu kerjakan dan apa yang sudah kamu capai di situ.
  • Kalau saya tidak punya skill bagaimana?
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, CV kan dibuat salah satunya untuk menerangkan kemampuan dan keterampilan kamu, jadi ya harus ada dong. Lagian juga setiap orang pasti punya skill kok. Kamu aja yang minder. Pede aja kali.
  • Nilai kelulusan perlu dimasukin CV gak?
    Boleh iya boleh enggak. Memang masih ada rekruiter yang melihat nilai. Tapi kalau nilaimu rendah masih mau kamu mencantumkan nilai kelulusan kamu?
  • Portofolio perlu dimasukin gak?
    Portofolio itu menjadi bagian yang penting untuk menunjukkan apa yang sudah kamu kerjakan. Sebisa mungkin kamu tunjukkan untuk menjadi ukuran lain untuk rekruiter. Namun, biasanya dilampirkan dalam berkas lain.
  • PKL/ Prakerin masuk pada bagian mana?
    Bisa di masukkan di bagian pengalaman kerja kok.
  • Fotonya harus bebas atau formal?
    Belum ada aturan yang jelas tentang ini. Namun perhatikan bahwa foto yang kamu pajang pasti terlihat mukanya dan harus terlihat rapih.

Membuat CV Kreatif

Beberapa tahun terakhir membuat CV Kreatif dengan sebuah desain grafis sedang menjadi tren. Namun demikian, tetep harus perhatikan format yang baik dan benar ya. Jangan cuma asal desain bagus tapi isinya tidak mengena.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat CV Kreatif

Berikut ini Hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat CV kreatif:

1. Jangan Menaruh Skill / Kemampuan Tanpa Ukuran Yang Jelas

Kebanyakan dalam CV creatif ada ukuran yang ditunjukkan dengan nilai bintang. Misal kemampuan MS Word – Bintang 4. Ukuran ini menjadi sangat tidak jelas, lagian itu ngukurnya gimana berdasarkan apa?

Sebagai contoh, sebaiknya tunjukkan apa yang menjadi tolak ukur kemampuan yang kamu miliki.
Contoh: Desain Grafis Corel Draw – 2 tahun – Mahir
atau Ms Excel – 1 Tahun – Menengah

2. Jangan Memasukkan Deskripsi Yang Tidak Penting

Memangnya deskripsi seperti apa yang tidak penting?

Contohnya seperti ini nih: “Hobi saya main sepak bola, traveling dll. Saya masih single. Saya sekolah di …., dsb”.

Lalu sebaiknya bagaimana?
Kamu bisa cantumkan seperti contoh: Kamu bisa menceritakan tentang bagaimana kamu bisa mendapatkan skill yang kamu miliki. Atau ceritakan tentang pencapaian terbaik kamu.

3. Tulis Kontak (No.telp, Email), Alamat, Tanggal Lahir dengan Jelas

Perusahaan harus tau betul kontak kamu dengan jelas agar bisa menghubungimu setiap saat untuk proses pemanggilan rekruitmen. Alamat tempat tinggal biasanya digunakan untuk ngukur seberapa jauh jarak rumah kamu dari kantor sebagai bahan pertimbangan perusahaan. Info tanggal lahir untuk mengetahu umur kamu, karena pekerjaan dengan posisi tertentu mungkin sesuai atau tidak dengan umur kamu.

4. Pisahin Pengalaman Kerja Dengan Pekerjaan Sukarela

Yang perlu diperhatikan bahwa namanya pengalaman kerja jelas beda dengan pekerjaan sukarela. Maka sebaiknya ini dipisah saja, contoh kamu bisa buat judul lain dengan nama “Pengalaman Sukarela”.

5. Tidak Usah Jelasin Pendidikan Dari Tingkat SD

Boleh boleh saja si mencantumkan sekolah tingkat SD. Tapi sebetulnya cukup tulis saja mulai dari tingkat SMA/K/Sederajat hingga Kuliah. Jangan lupa tulis jurusan dan rentang waktu pendidikannya.

6. Urutkan Pengalaman Kerjanya Berdasarkan Waktu

Jangan tulis pengalaman kerja secara acak. Sebaiknya diurutkan, sesuaikan dengan waktu mulai tempat kerjanya dan rentang waktu sampai kapan selesai. Sebaiknya urutkan dari mulai yang pengalaman kerja terbaru/terakhir kamu hingga pengalaman kerja paling awal.

Kumpulan Contoh CV yang Menarik

Nah berikut ini tim serbabisnis telah mengumpulkan beberapa contoh CV yang menarik. Selain itu juga dibuat dengan desain grafis yang bagus. Mungkin salah satunya bisa kamu tiru untuk membuat cv atau resume kamu.

1. Contoh Curriculum Vitae Mahasiswa

Curriculum Vitae
image:instagram\@marita.project

Contoh cv fresh graduate, mahasiswa yang baru lulus dan telah memiliki pengalaman magang di sebuah instansi.

2. Contoh curriculum vitae terbaru

contoh curriculum vitae terbaru
image:instagram\@marita.project

Contoh cv tersebut cukup simple namun tetap menampilkan informasi yang lengkap. Sayangnya di kolom pengalaman kerja belum dijelaskan deskripsi apa yang dikerjakan dan apa pencapaiannya.

3. Contoh CV Lamaran Kerja

contoh cv lamaran
image:facebook\Rey Dawson

Desain cv yang bagus untuk melamar kerja. Namun kalian bisa sedikit lengkapi deskripsi pengalaman kerja dan kamu ganti nilai skill kalian dengan yang lebih jelas saja, misal mahir, menengah, atau basik.

4. Contoh CV Modern

Resume cv modern
image:facebook\Ahmad Rendy Anugrah

Desain cv kreatif yang sangat terlihat modern. Namun sayangnya ada informasi yang belum tercantum disana. Apa coba? yap, kontak person dan alamat? kamu bisa lengkapi kekurangan itu.

5. Contoh CV Unik

Resume cv unik
image:facebook\Adam G Rabbani

Contoh cv ter unik yang pernah penulis temui. Bisa aja ia berfikir sampe segitunya ya. hahaha… Tapi kalo dilihat dari backgroundnya memang cv ini dibikin untuk nyari kerja perusahaan kreatif. Keren lah.

6. Contoh CV Profesional dalam Bahasa Inggris

CV Profesional Bahasa Inggris

CV Profesional yang dibuat dalam bahasa inggris ini bisa kamu tiru untuk membuat cv kamu. Simple, elegan dan profesional.

7. Contoh CV Bahasa Inggris

cv bahasa inggris

Contoh cv berbahasa inggris ini juga bisa dijadikan acuan. Kamu bisa ubah dengan gaya desain yang lebih kalem.

Download Template Desain CV Lamaran Kerja

Tidak mau ambil pusing mikirin desain untuk bikin CV? karena tidak bisa desain atau hanya malas saja?

Ah, tak perlu dipikirkan. Tim serbabisnis juga telah membagikan template cv yang dapat kamu unduh secara gratis. Kamu bisa unduh di artikel Download Format Desain CV Format Word DOC.


Demikian rangkuman pembahasan mengenai Contoh CV Kreatif yang menarik untuk disertakan pada berkas lamaran kerja. Semoga bisa jadi referensi yang bermanfaat bagi pembaca yang budiman.

Dukung kami dengan berkomentar agar tetap eksis ngeblog.

Terima kasih telah share ke jejaring sosial kamu!

3 Comments

  1. […] dan benar kamu juga harus memiliki CV yang menarik. Kamu bisa lihat contoh contoh cv dalam artikel Contoh cv yang menarik sebagai […]

  2. Salut gan, kok bisa pada buat cv yang keren-keren begitu ya, sungguh menarik.
    Thanks isnpirasinya bosqyuuu

  3. […] Dua istilah ini sebetulnya sama saja. Bedanya ya hanya pada penyerapan bahasanya saja. Kalau Daftar Riwayat Hidup ini memang dari bahasa Indonesia. Nah kalau istilah Curriculum Vitae (CV) ini diambil dari bahasa inggris / english. Nah kamu bisa baca-baca dulu di artikel contoh CV Kreatif. […]

Leave a Reply