8+ Contoh Nota Penjualan dan Cara Mudah Membuatnya

Apakah kamu sedang membutuhkan contoh nota penjualan untuk membuat desain nota usaha UMKM yang sedang kamu jalani? Referensi ini bisa kamu gunakan sebagai acuannya.

Ada banyak sekali referensi yang bisa kita temui melalui internet. Sangat mudah mencarinya, hanya dengan ketik dan searching di browser melalui leptop maupun smartphone kita sudah bisa tinggal pilih saja yang mana yang sesuai.

Nota penjualan adalah salah satu bagian yang penting dalam proses menjalankan sebuah bisnis. Umumnya berukuran kecil dicetak menggunakan kertas NCR. Terdiri dari minimal 2 lembar salinan, satu lembar untuk pembeli dan satu lembar untuk penjual.

Fungsi nota penjualan yakni sebagai tanda bukti transaksi jual beli yang telah dilakukan. Bagi pelaku usaha, nota menjadi bagian penting untuk lampiran dalam laporan keuangan. Hal ini menjadi peran penting dalam membangun bisnis dengan managemen yang baik. Dengan adanya managemen yang baik diharapkan bisnis yang sedang dijalani dapat lebih mudah untuk berkembang.

Disisi lain ada keuntungan tambahan yang bisa didapatkan dari sebuah nota. Apa itu? MARKETING. Yess, didalam nota biasanya berisikan informasi singkat tentang sebuah usaha. Branding, bidang usahannya hingga nomer telepon. Apalagi jika nota dibuat dengan desain grafis yang lebih keren, tentu akan lebih mencolok dan menarik. Sudah jadi media promosi tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Berikut beberapa contoh desain nota penjualan yang menarik, mungkin salahsatunya cocok untuk diaplikasikan pada bisnis kamu.

1. Nota Penjualan Barang

contoh nota penjualan barang
Contoh nota penjualan toko cincin berlian shop

Yang pertama adalah contoh nota penjualan barang sebuah toko aksesoris. Komposisi desain yang menarik dengan penempatan logo di sebelah kiri bagian atas. Kemudian sebelah kanan atas adalah branding nama toko yang dibuat dengan font tebal dan artistik, di bawahnya dilengkapi dengan informasi detail tentang toko.

2. Nota Penjualan Makanan

contoh Nota penjualan makanan
Nota penjualan makanan Warung Sate Cak Agus, image:bukalapak\yogi_Olshop

Untuk contoh yang satu ini memang kebanyakan konsepnya sangat sederhana. Tapi bisa dibilang warung sate Cak Agus ini sudah keren loh ya. Warung kaki lima jarang yang mau mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat nota custom, kebanyakan masih pake buku nota biasa yang dapat dibeli di toko atk.

3. Nota Penjualan Toko Apotek

Contoh nota penjualan apotek
Contoh nota penjualan toko apotek Diva F Trenggalek

Toko apotek di kota-kota besar biasanya sudah berbasis komputerisasi, mereka mau mengeluarkan biaya lebih untuk dapat menggunakan aplikasi apotek. Jadi kemungkinan sudah jarang yang menyediakan blanko nota penjualan apotek, karena setiap transaksi sudah tercatat dalam komputer dan tinggal printout saja.

Namun demikian gambar di atas adalah contoh nota toko apotek jika kamu membutuhkannya.

4. Nota Penjualan Online Shop

contoh Nota Penjualan Online Shop MS Store
Nota Penjualan Online Shop MS Store, Image:bukalapak\yiwooba

Pelaku bisnis online shop kini semakin banyak. Tak terbatas dalam bidang usaha apapun. Supaya tetap profesional harus ada nota penjualannya ya. Seperti contoh nota toko online handphone di atas.

5. Nota Penjualan Elektronik

Contoh Nota Penjualan Elektronik
Nota Penjualan Elektronik, Surya Jaya Elektronik Solo

Toko elektronik sangat dianjurkan bahkan wajib untuk memiliki nota transaksi. Baik toko yang menjual barang-barang elektronik maupun jasa service elektronik. Selain dari kartu garansi, nota inilah yang menjadi pegangan apabila terjadi kerusakan karena barang elektronik adalah barang yang sangat tidak bisa ditebak awet atau cepat rusak.

Nah dua contoh nota toko elektronik ini bisa menjadi acuan jika kamu membutuhkan desainnya.

Contoh Nota service elektronik
Nota toko jasa service elektronik

6. Nota Penjualan Baju

Contoh nota penjualan baju
Nota Palupi Boutique

Contoh yang berikutnya adalah contoh nota toko boutique. Contoh ini juga bisa diaplikasikan untuk nota penjualan toko fashion, baju, celana, hijab dan aksesoris kecantikan lainnya. Nota seperti ini memang cocok menggunakan warna warna yang soft dan girli seperti pink, merah, biru muda dan lain sebagainya.

7. Nota Penjualan Emas

Contoh Nota Penjualan Emas
Contoh Nota Penjualan Emas, Toko Mas Sejahtera Indramayu

Toko emas menjadi toko yang wajib juga harus memiliki nota penjualan. Nota ini biasanya disandingkan dengan sertifikat emas yang dijual. Berfungsi apabila pembeli ingin menjual kembali emas yang dibelinya dianjurkan untuk menjual di toko emas itu kembali agar harganya tidak turun drastis, apalagi jika bentuknya emas perhiasan, bukan emas batangan.

8. Desain Nota Keren Untuk Cafe

Contoh desain nota keren
Contoh desain nota penjualan keren untuk cafe

Kamu pemilik usaha kafe kekinian. Jika belum mengunakan aplikasi kasir, kamu bisa membuat nota dengan desain yang keren dan modern ya. Seperti contoh di atas.

9. Contoh Nota Laundry

Contoh nota laundry
Nota resik laundry Kudus, image:site\iguanamediagrafika.com

Contoh yang terakhir adalah contoh nota penjualan untuk jasa laundry. Selain berisi informasi branding jasa laundry, biasanya dilengkapi juga dengan catatan khusus tentang ketentuan jika terjadi sesuatu seperti kerusakan, kehilangan dan lain sebagainya.

✓ Cara Membuat Nota Penjualan

Ada beberapa pilihan cara untuk membuat sebuah format nota penjualan. Untuk yang menginginkan nota dengan tampilan grafis yang keren tentu sebaiknya menggunakan software editor seperti Coreldraw CDR.

Namun sesuai judul, di artikel kali ini serbabisnis hanya akan membagikan cara yang mudah untuk membuat nota penjualan. Pilihannya adalah membuat nota penjualan dengan word (doc) atau excel.

Kita pilih jalan pitas saja, tidak perlu repot-repot untuk membuat dari awal. Jadi sudah kami sediakan template nota kosong doc. Kalian tinggal download templatenya saja dan silahkan edit sesuai kebutuhan yang ingin di terapkan. Seperti apa tampilannya? lihat gambar berikut.

Template Nota Kosong Word Doc
Template Nota Kosong Word Doc

DOWNLOAD

Nah, jika kamu sudah mengedit sesuai dengan kebutuhan nota yang diinginkan maka saatnya untuk mencetak. Sebelum masuk ke percetakan sebaiknya kamu export dulu menjadi format pdf agar operator tinggal cetak dan tidak lagi mengutak atik format doc milik kamu.


PENUTUP

Nota penjualan sangat diperlukan untuk menjadi bukti sebuah transaksi penjualan. Dengan adanya nota penjualan maka pelaku usaha akan lebih mudah untuk melakukan kros cek penjualan barang yang keluar. Sistem pelaporan keuangan jadi lebih tertata. Maka upaya untuk pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan lebih baik.

Demikian ulasan mengenai contoh nota penjualan dan cara mudah membuatnya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply