Contoh Surat Penunjukan, Edit Doc!

Surat penunjukan berfungsi untuk secara tertulis formal menunjuk dan memberi wewenang/ kuasa dan tugas tertentu kepada pihak yang ditunjuk. Misalnya di sebuah perusahaan seorang direktur menunjuk karyawan A untuk menjadi koordinator lapangan dalam sebuah proyek tertentu.

Surat penunjukkan tentu diberikan kepada orang atau pihak yang dinilai mampu dan dapat dipercaya. Oleh karenanya, pihak yang ditunjuk umumnya adalah pihak yang memenuhi kriteria yang diharapkan.

Contoh surat penunjukan dapat banyak kita temui pada lingkungan hidup sehari-hari. Misalnya penunjukan dari perusahaan, surat penunjukan kerja, penunjukan untuk menjadi rekanan dan sebagainya.

Nah, Pada artikel kali ini serbabisnis akan memberikan beberapa contoh yang bisa dijadikan acuan untuk membuat surat penunjukan. Satu contoh akan kami share dalam format word DOC menggunakan google document supaya pembaca dapat mengunduh dan mengedit. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Surat Penunjukan Word Doc

Serbabisnis memberikan contoh surat penunjukkan format doc dibawah ini menggunakan struktur surat yang umum dipakai dalam sebuah perusahaan. Bisa juga dikatakan ini sebagai contoh surat penunjukan tugas dari perusahaan.

Silahkan kunjungi googel doc >> https://docs.google.com/document/d/18YPGRf8Rim3Wr7LHHwPt-zK6ttq9muvlEw8vsBA6hK4/edit?usp=sharing

Contoh Surat Penunjukan dari Perusahaan

Setelah contoh dalam format dokumen diatas, kali ini contoh yang kami sajikan berupa image yang bisa kamu baca sebagai referansi tambahan. Contoh surat ini berisi penunjukan dari seorang direktur yang bertindak atas nama perusahaannya untuk menunjuk karyawannya dalam mewakili perusahaan melakukan penagihan pembayaran kepada perusahaan lain.

Contoh Surat Penunjukan dari Perusahaan

Contoh surat penunjukan langsung

Surat penunjukkan langsung biasanya digunakan pada lembaga/ institusi pemerintahan untuk menunjuk langsung kepada pihak (dalam hal ini biasanya berupa perusahaan) untuk tujuan pengadaan barang, pengerjaan proyek, kontraktor, vendor dan lain lainnya tanpa melalui prosedur lelang.

Buka di google doc >> https://docs.google.com/document/d/1daVmFhhMPMzEi7iYwgaLZB7BB9KS8IJ1S-eWQIGZAa4/edit?usp=sharing

Contoh Surat Penunjukan Pelaksana Tugas

Contoh surat penunjukkan tugas dibawah ini adalah untuk melaksanakan tugas sebagai operator informasi publik pada dinas sosial.

Contoh Surat Penunjukkan Pelaksana Tugas

Contoh Surat Penunjukan Kerja

Surat penunjukkan kerja berikut ini adalah contoh untuk penunjukkan kerja sebagai apoteker supervisi sementara. Dalam contoh ini telah jelas dan rinci disebutkan juga beberapa ketentuan yang melekat. Seperti kapan mulai dilaksanakan, tanggungjawab kerja, hingga berakhirnya penunjukan kerja tersebut layaknya sebuah kontrak kerja.

contoh surat penunjukkan kerja

Contoh Surat Penunjukan Pajak

Surat ini digunakan untuk mewakilkan atau memberi kuasa pada saat melaporkan SPT Masa, SPT Tahunan Badan atau Surat Permohonan dan Pengajuan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Dalam surat penunjukkan atau kuasa lapor pajak ini setidaknya wajib mencantumkan elemen-elemen seperti; Identitas pihak penunjuk, Identitas perusahaan, Identitas pihak yang ditunjuk, Tanda tangan pihak penunjuk dibubui cap perusahaan.

Buka di google doc >> https://docs.google.com/document/d/1X0Atuhh9cdWD9jc_I4aCvfzp4S9GB5loqhakUB3IEvs/edit?usp=sharing

Contoh Surat Penujukkan Lapor Pajak atau kuasa lapor pajak juga bisa kamu lihat dalam format pdf melalui situs resmi kemenkeu di link berikut: https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2014/229~PMK.03~2014PerLamp.pdf

Contoh surat penunjukan rekanan

Berikut ini merupakan contoh surat penunjukkan sekanan sebagai kontraktor pelaksana pekerjaan pengadaan barang. Contoh ini juga termasuk dalam surat penunjukan langsung.

Contoh surat penunjukkan rekanan

Catatan penting ya, surat penunjukan umumnya dibuat dalam format yang khusus sesuai dengan tujuan penunjukan untuk apa.

Surat penunjukkan dibuat supaya memberikan kekuatan hukum dan keterikatan yang jelas antara pihak penunjuk dan pihak yang ditunjuk. Sehingga dalam pelaksanaanya lebih bisa dipertanggungjawabkan oleh semua pihak.

Selain itu, surat penunjukkan juga biasanya digunakan sebagai lampiran berkas persyaratan untuk kepengurusan sesuatu. Misal, berkas untuk pengajuan menjadi agen. Lampiran berkas untuk mengurus perihal perpajakan, dan lain sebagainya.

Demikian artikel mengenai ulasan dan contoh surat penunjukan. Harapan kami tulisan ini bisa menambah wawasan bagi pembaca dan juga menjadi referensi yang baik untuk dijadikan acuan

Leave a Reply