Skip to main content

Hal-hal yang Harus Diperbaiki Dalam Bisnis

hal-2Byang-2BHarus-2BDiperbaiki-2BDalam-2BBisnis

Salah satu kunci kesuksesan seorang pengusaha adalah kemampuan dia di dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Dengan kata lain, kemampuan dia dalam mengelola waktu, menjadikannya manusia produktif dan sukses.

Nah, jika kamu ingin sukses, cobalah cara sederhana ini. Luangkan waktu satu jam saja dalam setiap minggu. Gunakanlah satu jam waktu kamu tersebut untuk melakukan perbaikan diri maupun perbaikan usaha yang kamu jalani. Karena satu jam ini jika kamu benar-benar memanfaatkanya dengan baik, maka hal tersebut dapat menjadi langkah awal untuk kesuksesan bisnis kamu.
Sudah banyak pembisnis yang sudah gagal dalam menjalankan usaha mereka yang tidak lain disebabkan oleh karena kurangnya memanajemen waktu. Karena terlalu sibuk hanya dengan bisnis ataupun denagn keluarga.
Oleh karena itu, cobalah luangkan waktu kamu satu jam untuk setiap minggu untuk memikirkan sekaligus memperbaiki hal-hal di bawah ini :

1. Menetapkan Tujuan Pengembangan Bisnis kamu

Sebelum melakukan perbaikan dalam bisnis, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan apa sebenarnya yang kamu inginkan dari usaha kamu tersebut. Tetapkanlah tujuan kamu dengan jelas, semangkin spesifik tujuan yang kamu inginkan, maka, semangkin bagus dan jelas pula tujuan usaha yang kamu inginkan tersebut.

2. Identifikasi Penghambat Kesuksesan

Untuk mencapai tujuan bisnis kamu, biasanya ada saja faktor penghalangnya. Karena itu, kamu juga harus menentukan apa saja penghalang kamu dalam mencapai kesuksesan tersebut. Tanyakanlah pada diri kamu apa saja kah yang menjadi penghambat kamu dan apa sajakah hal-hal yang kamu harus lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terkadang potensi kamu terhalang yang dikarenakan oleh satu sebab dan jika sebab itu dapan kamu hilangkan, maka kesuksesan usaha kamu akan menjadi lebih cepat sukses seperti yang kamu inginkan.

3. Bangun Relationship

Kesuksesan dalam berbisnis tidaklah mungkin dapat tercapai tanpa adanya bantuan dan hubungan baik dari orang lain. Oleh karena itu, bangunlah hubungan baik dengan semua pihak. Salah satu contoh kamu dapat membangun hubungan yang baik meliputi, keluarga kamu, Rekan Bisnis, teman, customer kamu dan semua organisasi yang berhubungan dengan bisnis kamu.

4. Buatlah Rencana Finansial kamu

Buatlah rencana finansial yang baik di dalam hidup kamu. Langkah awal, ketahuilah di mana posisi awal finansial kamu saat ini, berapa budget kamu, berapa aset kamu, dan berapa pula utang yang kamu miliki. Hal ini bertujuan agar bisnis kamu dapat lebih terkontrol dan jelas .

5. Pertajamlah Fokus kamu

Pada saat bisnis mulai tumbuh, biasanya pengusaha mulai tergoda untuk melakukan banyak hal. Karena keberhasilan yang sudah didapat dapat menjadi sebuah energi untuk melakukan banyak hal lain di luar bisnis dan kompetensinya.
Karena itu, tetaplah fokus dengan tujuan dan apa yang ingin kamu raih tersebut, sebelum tujuan kamu tersebut tercapai.

6. Bangunlah Tim yang Solid

Dalam hal ini biasakan lah untuk selalu melakukan perekrutan sember daya baru untuk membantu kamu dalam membangun ataupun mendirikan usaha kamu. Karena sumber daya manusia adalah aset penting dalam menjalankan ataupun membangun bisnis kamu.

7. Ikutilah Perkembangan Dunia Bisnis

Dalam hal ini cobalah kamu lihat dan analisa sekeliling kamu, berapa banyak kah bisnis yang dulunya adalah bisnis terbesar di kota kamu yang sekarang sudah tutup karena tidak sanggup mengikuti perkembangan zama di dalam dunia bisnis sekarang ini. Karena itu, jika kamu ingin sukses di dalam dunia bisnis, maka bukalah mata dan telinga kamu terhadap informasi-informasi perkembangan di dalam dunia bisnis.

::Pirmansyah::

Leave a Reply