Jaga Produksi Kolagen Agar Tidak Mengalami Penuaan Dini!

Penuaan dini tentu saja menjadi hal yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Tentu sebagai wanita kita menginginkan kulit kita kencang sehingga terlihat awet muda, namun siapa sangka walaupun masih berusia sekitar 20 tahunan kita juga bisa mengalami penuaan dini.

Sebenarnya apa saja sih penyebab penuaan dini?

Ada begitu banyak penyebab mengapa kita bisa mengalami penuaan dini, seperti paparan sinar matahari, pola tidur dan makan yang tidak teratur, konsumsi rokok, alcohol dan kafein hingga stress yang dialami. Tidak hanya itu sebenarnya ada satu faktor kenapa kulit bisa terlihat bagus dan kencang. Faktor tersebut adalah adanya kolagen dalam tubuh yang berlimpah ruah. Seiring bertambahnya usia produksi kolagen akan mulai menurun sehingga menyebabkan kondisi kulit menjadi melemah hingga muncul garis-garis halus dan kerutan.

Kolagen merupakan jenis protein yang berfungsi untuk memberi kekenyalan, peregangan dan struktur pada kulit. Biasanya bertempat di tulang, otot, tendon, sistem pencernaan dan pembuluh darah. Melihat hal itu tentu saja kebutuhan kolagen sangat penting keberadaannya ditubuh kita terutama dalam dunia kecantikan. Karena manfaat dari kolagen yaitu untuk mengencangkan kulit dan membuatnya tampak lebih sehat, kencang, elastis dan halus. Tentu saja kita sebagai wanita tidak ingin bukan produksi kolagen dalam tubuh berkurang. Biasanya kita akan kekurangan kolagen seiring bertambahnya usia, walaupun ada beberapa orang yang masih tergolong muda namun sudah mengalami penuaan. Selain mengakibatkan kulit terlihat kurang kencang, kekurangan kolagen juga membuat tulang rawan menjadi melemah. Dimana bagian utama dari tulang rawan adalah kolagen yang membantu mengurangi gesekan antara tulang yang satu dengan yang lainnya saat kita bergerak. Hal tersebut menunjukan bahwa manfaat kolagen sangatlah penting untuk kesehatan dan juga penampilan.

Cara meningkatkan produksi kolagen

Melihat begitu pentingnya manfaat kolagen tentu saja membuat kita bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan produksi kolagen. Cara yang bisa diterapkan tentu saja sangat mudah seperti mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino tinggi misalnya telur, ikan, susu dan daging. Kemudian mengonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin C dan vitamin A seperti buah-buahan dan sayuran serta mengonsumsi makanan yang mengandung molekul antioksidan seperti antosianin dan prolin misalnya kacang kedelai dan keju. Dimana makanan di atas memiliki kandungan yang secara alami bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Namun kenyataanya kita terkadang lupa dengan penyebab dari tubuh kita bisa kehilangan kolagen. Ada begitu banyak penyebab seperti konsumsi gula berlebihan, terlalu lama terpapar sinar matahari hingga kebiasan merokok maupun terpapar asap rokok. Penyebab perta seperti konsumsi gula berlebihan dapat menggangu kemampuan kolagen untuk berproduksi dan memperbaiki diri. Kemudian terlalu lama terpapar sinar matahari yang memiliki radiasi ultraviolet dapat mengurangi produksi kolagen. Selanjutnya kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok dapat menyebabkan keriput dan mengganggu proses penyembuhan luka.

Setelah mengetahui berbagai manfaat serta penyebab kita bisa kekurangan kolagen tentu saja membuat kita merasa takut bisa mengalami penuaan dini. Walaupun kita mengetahui cara alami untuk menghindari dan menambah kolagen dalam tubuh namun cara tersebut dirasa masih kurang untuk membuat perubahan lebih pada kulit kita. Untuk itu seringkali para wanita memanfaatkan teknologi baru di dunia kecantikan yakni dengan melakukan suntik kolagen. Suntikan tersebut berisi kolagen sintesis yang nantinya akan membantu meningkatkan produksi kolagen alami. Dan teknologi ini juga dirasa tepat untuk membuat kita para wanita memiliki kulit yang kencang dan efeknya pun dirasa lebih cepat. Namun selain itu saat ini juga terdapat teknologi lainnya tanpa merasakan sakit yaitu adanya produk susu Anlene yang dipercaya mengandung kolagen yang dapat menjaga kesehatan tubuh seperti tulang, sendi dan otot. Hal ini tentu saja memberikan efek yang baik terutama untuk yang memiliki usia senja. Karena susu ini memenuhi kebutuhan kalsium dan protein juga menghasilkan kebutuhan kolagen yang diperlukan tubuh.

Penuaan dini ini tentu saja bisa dicegah sesuai dengan tata cara di atas. Namun kita harus selalu ingat bahwa ketika memilih cara yang instan tentu saja memiliki efek panjang untuk tubuh kita bahkan bisa memberikan efek berbahaya apabila menyerang anggota tubuh lainnya. Kolagen tentu saja akan tercipta dengan sendirinya apabila kita mengikuti gaya hidup sehat. Yang mana cara tersebut akan lebih bertahan lama daripada memilih melakukan dengan cara yang cepat. Untuk itu agar sampai usia senja kebutuhan kolagen kita masih tercukupi kita harus memulai merawat tubuh dimulai dari dalam ke luar.

Leave a Reply