Skip to main content

Mainan Anak, Bisa Jadi Peluang Bisnis

mainan-edukatif-anak-set-of-kid-toys

Melihat tumbuh kembang anak tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi semua orang tua. Segala hal akan dilakukan demi sang buah hati, termasuk alat mainan yang menemani si kecil menghabiskan waktu. Semua anak-anak pasti senang jika dibelikan mainan. Namun, banyak orang tua yang mulai selektif saat membelikan mainan. Barang yang aman menjadi salah satu faktor sebelum membeli mainan. Terlebih lagi, banyak orang tua yang membutuhkan mainan yang bisa mengedukasi sang buah hati. tidak hanya bermain, dengan mainan alat peraga edukasi, sang anak juga secara tidak langsung sedang mengalami proses belajar.

Melihat kenyataan itu, mainan edukatif menjadi salah stau peluang bisnis bagi kamu yang masih bingung ingin membangun usaha apa. Mainan edukatif membuat anak-anak merasa senang dan melatih perkembangan otak dan organ tubuh lainnya, sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Puzzle, balok susun, donat susun merupakan sedikit contoh dari peluang bisnis mainan edukasi. Jika dilihat dari segi keuntungan, mainan alat peraga edukasi bisa mengucurkan rupiah ke kantong kamu. Karena peminat dari mainan alat peraga edukasi juga banyak, sebut saja dari toko mainan, pelanggan individu, lembaga pendidikan, seperti TK, playgroup, hingga kelompok bermain seperti PAUD, BKB, dan TPA. Nah, jika kamu berminat menekuni peluang bisnis yang satu ini, ada baiknya untuk perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Sebagai pelaku bisnis satu ini, pastikan bahwa produk ditawarkan terbaik bagi anak-anak. kamu harus cermat memilih produsen alat peraga edukasi karena saat ini, sudah banyak produsen alat peraga edukas. Namun, pastikan bahwa produk kamu menggunakan bahan dan cat yang aman sehingga anak-anak tetap sehat saat bermain dengan produk kamu. 
  2. Anda sudah menemukan produsen yang paling tepat untuk usaha kamu. Maka saatnya untuk bekerja sama dengan banyak pihak. Maksimalkan pemasaran yang kamu buat untuk mendapatkan omzet dengan cara menghubungi lembaga pendidikan, kelompok bermain, dan beberapa toko mainan. Mulailah dengan lingkungan sekitar untuk mengetahui bagaimana prospek usaha ini. 
  3. Lakukan promosi efektif dengan cara membuat katalog produk. Agar usaha kamu terlihat lebih profesional tidak ada salahnya menyewa fotografer dan desainer untuk memotret dan mendesain produk kamu agar terlihat lebih indah bahkan eksklusif. Buat katalog yang nantinya digunakan unruk berpromosi ke beberapa kline. Cara seperti ini bisa dibilang ampuh ketimbang kamu berpromosi melalui media cetak dan elektronik. 

Tiga point di atas menjadi acuan dalam memulai bisnis alat peraga edukasi ini. Meskipun bisnis ini sudah banyak kompetitornya, kamu juga harus lebih proaktif dan inovatif dalam membuat produk. Jaga kelengkapan jenis mainan agar konsumen tidak kecewa. Dan yang terakhir adalah selalu pastikan bahwa produk kamu menggunakan bahan baku yang aman dengan harga jual yang tidak begitu mahal.

::Herti A::
Sumber: Majalah Digital Bisnis UKM

Leave a Reply