Proposal Budidaya Ikan

Peternakan ikan air tawar adalah peluang bisnis yang menguntungkan. Budidaya ikan air tawar di Indonesia menjadi salah satu usaha yang digemari.

Kita patut bersyukur karena semesta di Indonesia sangat mendukung bagi petani ikan dalam menjalankan bisnis ikan air tawar. Seperti iklim tropis dengan air yang melimpah dan banyak lagi lainnya. Dsisi lain, dengan jumlah penduduk yang banyak juga tentu saja memberikan dampak permintaan konsumsi ikan yang banyak pula.

Kelompok Usaha Budidaya Ikan menjadi salah satu wadah yang menjanjikan bagi para petani ikan di Desa-desa. Petani yang tidak memiliki banyak modal akan sangat terbantu, hal ini berkaitan dengan dana bantuan dari pemerintah yang hanya bisa disalurkan melalui Kelompok Usaha.

Namun demikian, Kelompok Usaha Budidaya ikan yang ingin mendapatkan bantuan dana dari pemerintah juga harus mengajukan proposal permintaan bantuan dana kepada pemerintah.

Di artikel ini, sebrabisnis.com menyajikan berbagi macam contoh proposal pengajuan bantuan untuk budidaya ikan air tawar.

Contoh Proposal Budidaya Ikan Air Tawar

Gambar Contoh Proposal Bantuan Dana Budidaya Ikan Lele serbabisnis.com
Gambar Contoh Proposal Bantuan Dana Budidaya Ikan Lele

Proposal Budidaya Ikan lele

Berikut ini adalah contoh proposal permohonan dana bantuan untuk budidaya ikan lele halaman pertama / Bab Pendahuluan

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Mencari pekerjaan dimasa sekarang ini merupakan hal yang cukup sulit. Banyak sekali calon pekerja yang berkeinginan untuk bekerja di instansi pemerintahan atau swasta,tetapi lapangan pekerjaan saat ini sangat terbatas, hal ini menyebabkan jumlah pengangguran semakin banyak. Dilihat dari segi ekonomi individual tentu saja masalah pengangguran itu sangat merugikan karena manusia mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas. Oleh karena itu sebagai calon tenaga kerja, kita harus mampu berpikir kreatif dan inovatif yang mampu membaca peluang serta pandai memanfaatkan peluang tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak terfokus hanya pada satu jenis pekerjaan saja. Wirausaha merupakan salah satu usaha untuk mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagaian besar kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat banyak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu usaha yang mudah dikembangkan yaitu pemeliharaan ikan lele, karena banyak orang yang membutuhkannya. Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, kami mencoba mendirikan sebuah usaha budi daya ikan lele . Melihat wilayah Kecamatan Buay Madang Timur sebagai salah satu sentra budidaya ikan air tawar terutama untuk wilayah Kabupaten OKU Timur. Desa Banyumas Asri cukup strategis mengingat daerah ini mempunyai potensi yang besar pada bidang peternakan dan perikanan. Keadaan air di wilayah ini layak sebagai tempat untuk budidaya ikan air tawar.

  1. Identifikasi Masalah

Desa Banyumas Asri sebagai suatu desa pertanian masih mempunyai lahan yang cukup luas dan cocok untuk budidaya ikan lele. Desa Banyumas Asri memiliki letak strategis untuk budi daya ikan lele dan pemasaran ikan lele yang relatif mudah banyak warga Kecamatan Buay Madang Timur dan kecamatan tetangga yang menyukai hidangan ikan lele baik itu lele bakar, lele goreng, dan pecel lele. Ikan lele merupakan ikan yang relatif mudah untuk dibudidayakan. Kandungan gizi ikan lele cukup bagus untuk tumbuh kembang otak anak. Harga ikan lele cukup bersaing. Taraf kehidupan masyarakat terutama pemuda masih kurang baik. Hal ini terlihat dari sedikitnya pemuda yang masih dalam keadaan menganggur. Untuk pemberdayaan pemuda desa yang lebih baik dan kelak menjadi seoarang wirausaha yang sukses yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan, di ajukanlah sebuah metode pemberdayaan kelompok ikan Lele Sangkuriang.

  1. Batasan Masalah

Sebenarnya ada banyak peluang untuk mendirikan usaha namun kami memilih usaha budi daya ikan lele, karena usaha ini selain memiliki peluang pasar yang besar, usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar dan tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak. Usaha ini juga memiliki prospek yang cerah dengan resiko kegagalan yang relatif kecil. Karena hal-hal inilah, kami sebagai pemula dalam dunia usaha berharap dapat menjalankan usaha ini dengan sukses.

  1. Tujuan

Tujuan dari usaha budi daya ikan lele ini adalah:

    1. Dapat melakukan usaha pemeliharaan ikan lele sangkuriang  dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi para pemuda desa kususnya pemuda desa Banyumas Asri.
    2. Dapat menjaga kelangsungan pemeliharaan ikan lele dan mengembangkannya.
    3. Dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain
    4. Dengan usaha ini pengalaman dapat kami miliki.
  1. Manfaat Program

Program ini ditekankan untuk dapat memberdayakan para pemuda, meningkatkan kualitasnya sebagai pemuda dan untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat.

File proposal dana bantuan dengan halaman yang lengkap untuk proposal budidaya ikan lele .doc bisa diunduh di sesi download dengan klik link pada akhir artikel ini.

Gambar Contoh Proposal Bantuan Dana Budidaya Ikan Nila serbabisnis.com
Gambar Contoh Proposal Bantuan Dana Budidaya Ikan Nila

Proposal Budidaya Ikan Nila

Berikutnya adalah contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana untuk Budidaya Ikan Nila.

A. Informasi Umum Organisasi

  1. Nama Organisasi : Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar
  2. Alamat lengkap : Kampung  Nagewer Desa Cijengkol
      Kec. Cilograng
      Kabupaten Lebak – BANTEN

Penjelasan singkat Kelompok Budidaya 

Kelompok Budidaya Ikan Tawar  Wargi saluyu didirikan atas dasar inisiatif  individu yang mempunyai kolam yang tidak produktif, diawali dari cita-cita bersam ingin membangun potensi dilingkungan dimana sumber daya air yang begitu melimpah dan kondisi wilayah yang sangat strategis maka muncullah ide bersama untuk membangun kelompok budidaya dan membangun sentral Budidaya Ikan Air Tawar dengan memanfaatkan potensi yang belum terkembangkan.

Salaha satu Produk Budidaya yang dikelola oleh kelompok Wargi Saluyu Fokus Ikan Nila.

B. Informasi Umum Program proposal

  • Latar Belakang

Ikan Nila merupakan salah satu komediti Ikan air Tawar untuk penyedian protein hewani bagi masyarakat, komediti ikan nila sudah lam dibudidayakan oleh masyarakat baik hanya sekedar Hobi maupun komersial.

Dengan adanya ketersedian pasar Domestik yuang cukup luas, komediti ikan Nila merupakan salah satu alternative usaha petani ikan pedesaan untuk mendapatkan keuntungan.

Dikabupaten Lebak komediti ikan Nila masaih sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan pasar local saja masih dipasokan dari luar daerah, dengan adanya perminataan Pasar Domestik dan Lokal tersebut ikan Nila ini sangat memungkinkan untuk dilakukan usaha secara komersil dan berkesinambungan guna meningkatkan kepadatan petani.

Saat ini kondisi kolam budidaya hanya pada tahap pembesaran, dimana kebutuhan akan bibit masih tergantung dari daerah lain sehingga ioni menghambat, dengan melihat kondisi yang seperti itu, maka keberadaan pusat kolam pembenihan dan kolam penampungan sangat dibutuhkan untuk keberlanjutan usaha budidaya ikan tawar yang sedang kami jalamkan sekarang ini.

  • Wilayah

Didesa cijengkol kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak merupakan salah satu desa disekian banyak desa yang tersebar di wilayah kabupaten Lebak yang memiliki letak dearth yang sangat strategis, dengan kebutuhan air yang sangat melimpah, sehingga sangat memungkinkan untuk dikembangkan sebagai kawasan penghasil Nila.

  • Tujuan 

Selain untuk memenuhi kebutuhan protein hewani bagi masyarakat, pembangunan kolam Pembenihan dan penampungan hasil panen (kolam konsumsi) untuk meningkatkan pertumbuhan produktivitas ikan Nila dan membuka akses dalam pemasaran hasil panen ikan Nila untuk budidaya Ikan air tawar didaerah lebak, khususnya kelompok Budidaya Ikan air Tawar Wargi Saluyu.

Meningkatkan Produktivitas Usaha budidaya Ikan Nila didaerah Lebak.
Memutuskan ketergantungan akan stok bibit benih Ikan pada daerah lain.
Menekan Biaya Operasional dalam pengadaan stok bibit benih ikan.

C. Rencana Anggaran Biaya

(terlampir)

D. Tenaga Pelaksana

Kelompok budidaya Ikan Air Tawar Wargi Saluyu

E. PENUTUP

Demikian Proposal ini kami sampaikan, semoga dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah direncanakan

File proposal Permohonan Bantuan Dana Budidaya Ikan Nila dengan halaman lengkap bisa diunduh di sesi download dengan klik link download pada akhir artikel ini.

Gambar Proposal Budidaya Ikan Mas Serbabisnis.com
Gambar Contoh Proposal Bantuan Dana Budidaya Ikan Mas serbabisnis.com

Proposal Budidaya Ikan Mas

Contoh proposal selanjutnya adalah proposal permohonan dana untuk budidaya ikan mas.

I. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pembangunan pertanian merupakan bagian integral dari pembangunan ekonomi dan masyarakat secara umum, menunjukkan bahwa sektor yang handal dan mampu bertahan dalam krisis serta berperan sangat besar dalam perekonomian nasional.

Pembangunan perikanan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan demi tercapainya kesejahteraan petani beserta keluarganya.

Strategi pembangunan di pedesaan merupakan perpaduan pemerataan dan pertumbuhan secara berkesinambungan melalui pembangunan kelompok-kelompok dengan menerapkan cara distribusi dan pemasaran yang kelompok bisnis perikanan.

Untuk mencapai keberhasilan dari pembangunan pedesaan dalam mewujudkan masyarakat tani yang maju, mandiri, sejahtera atas dasar prakarsa masyarakat itu sendiri dan dilaksanakan masyarakat tani serta hasilnya untuk dinikmati.

Kondisi sumber daya alam mendukung usaha perikanan, ketersediaan lahan, air, dan sumber daya manusia sehingga usaha perikanan berpeluang untuk berhasil. Namun salah satu pembatas dalam pencapaian keberhasilan usaha perikanan yaitu permodalan yang terbatas.

Sehubungan kendala yang dihadapi oleh Kelompok Usaha“Generasi Arrasyidi ” bermaksud mengajukan proposal guna terpenuhinya kebutuhan bagi usaha budidaya Ikan Mas yang terletak di Desa Penimbung Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.

Tujuan

Tujuan dari pengajuan proposal ini adalah :

    1. Untuk memperkuat permodalan dalam usaha budidaya Ikan Mas.
    2. Untuk mengembangkan sumber daya yang memadai pada sub sektor perikanan.
    3. Untuk meningkatkan pendapatan.

Sasaran

Sasarannya adalah penguatan modal dapat tercapai usaha perikanan dalam Kelompok Usaha Petani Ikan “Generasi Arrasyidi  “ Desa Penimbung Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.

II. KEADAAN USAHA PERIKANAN

Keadaan Umum

Desa Penimbung Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, merupakan daerah berbukit dengan sebagian masyarakatnya adalah petani padi dan terdapat pula petani ikan dengan pengusahaan kolam air tawar tersebar di setiap Blok dengan memanfaatkan pengairan. Dengan demikian aspek teknis dengan tersedianya fasilitas kolam dan sumber air serta infra struktur dengan lokasi yang mudah dijangkau.

Namun pada aspek non teknis yaitu dalam hal permodalan merupakan kendala dalam pengembangan usaha  budidaya perikanan Ikan Mas sehingga petani belum mengarah pada kegiatan ekonomi pada skala bisnis.

Keadaan Kelompok

Usaha Kelompok bergerak pada budidaya pembesaran Ikan Mas yang berdomisili di Desa Penimbung Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat memiliki  6 unit kolam dengan luas 270 m2.

III. KEBUTUHAN MODAL USAHA

Pengembangan usaha pembesaran Ikan Mas Desa Penimbung Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, membutuhkan modal usaha bersama. 

    1. Pembelian benih ikan mas ukuran 8-12 cm sebanyak 1000kg @ Rp. 20.000
    2. Pembelian Pakan 10.000kg x Rp. 4.700
    3. Biaya operasional 

Rp. 20.000.000

Rp. 47.000.000

Rp.   5.000.000

JUMLAH 

Rp. 72.000.000

IV. ANALISA USAHA

4. Pengeluaran

  1. Pembelian benih ikan mas ukuran 8-12 cm sebanyak 1000kg @ Rp. 20.000
  2. Pembelian Pakan 10.000kg x Rp. 4.700
  3. Biaya operasional 
  4. Upah tenaga kerja 

Rp. 20.000.000

Rp. 47.000.000

Rp.   5.000.000

Rp.   1.500.000

JUMLAH 

Rp. 73.500.000

5. Penerimaan

Hasil penjualan 6,860 kg dengan ukuran per kg 3-4 ekor @Rp. 15.000 (mortalitas 15%) selama 3 bulan pemeliharaan: Rp. 102.900.000,- keuntungan dari hasil penjualan: 

Rp. 102.900.000 – Rp. 73.500.000 = Rp. 29.400.000

Dengan demikian selama 3 bulan perusahaan dapat memperoleh keuntungan sebesar Rp. 29.400.000 (Dua Puluh Sembilan Juta Empat Ratus Ribu Rupiah)

Apabila melihat perhitungan di atas, maka menunjukan  keuntungan dari hasil pemasaran ikan mas dengan B/C ratio sebesar:

Rp. 102.900.000 / Rp. 73.500.000 = 1,40
* layak untuk diusahakan

V. PENUTUP

Dari apa yang tertuang di atas pada usaha budidaya Ikan Mas memiliki prospek yang cukup baik dan menguntungkan serta dapat memberikan peningkatan pendapatan masyarakat tani yang pada akhirnya kesejahteraan keluarga dapat meningkat.

Demikian proposal ini dibuat dan diajukan kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat dari  Kelompok Usaha Petani Ikan  “Generasi Arrasyidi” Desa Penimbung Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, memohon dapat berkenan serta mengabulkannya permohonan kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

File proposal budidaya ikan mas doc bisa bisa diunduh di sesi download pada link download di akhir artikel ini.

Download Proposal Budidaya Ikan Air Tawar

Berikut ini daftar file proposal budidaya ikan air tawar yang dapat di download melalui google drive serbabisnis.com.

Download Proposal Budidaya Ikan Lele

Download Proposal Budidaya Ikan Nila

Download proposal budidaya ikan mas

Penutup

Contoh proposal tersebut di atas bisa adalah contoh proposal permohonan dana untuk budidaya ikan air tawar. Tahun pembuatan proposal adalah tahun yang sudah berlalu. Analisa usaha, rencana anggaran belanja dan perhitungannya mungkin sudah tidak lagi relefan dengan harga harga saat ini.

Proposal budidaya ikan air tawar tersebut dapat di download dan silahkan diedit sesuai dengan kebutuhan data masing masing.

Jika Anda adalah pemilik sah dari proposal tersebut yang telah kami jadikan sebagai naskah contoh dan tidak berkenan untuk dipublikasikan di website ini, silahkan menghubungi redaksi kami melalui halaman kontak.

Silahkan berkomentar jika pembaca memiliki referensi lain untuk melengkapi. Atau berkomentar untuk menyampaikan kritik dan saran.

Terima kasih telah membaca
Dan Share Artikel ini!

Leave a Reply