Surat Keterangan Mengajar

Anda mau membuat surat keterangan mengajar? kami sudah siapkan template word dalam format DOC, menggunakan editor ms office. Jika kebutuhannya dalam format pdf tinggal export saja.

Sebelum lebih lanjut sebaiknya kita bahas sedikit mengenai apa itu surat keterangan supaya kita juga menjadi paham dengan apa yang akan kita buat.

Sesuai dengan namanya, surat keterangan adalah sebuah lembar dokumen resmi berisi informasi yang menerangkan sebuah kondisi. Yakni obyek atau seseorang yang diterangkan dalam surat telah melakukan, sedang menjalankan maupun sanggup untuk melakukan suatu kegiatan tertentu.

Lalu timbul pertanyaan, mirip dengan surat pernyataan dong? Iyes, isinya memang mirip. Yang menjadi pembeda ada pada siapa yang membuat surat tersebut. Surat pernyataan dapat dibuat oleh diri sendiri yang menyatakan suatu kondisi. Sementara surat keterangan dibuat oleh instansi ataupun yayasan yang menaungi.

Oke, kita lanjut pada pembahasan lebih mengerucut tentang surat keterangan mengajar. Surat ini menerangkan bahwa seseorang pernah mengajar atau telah dan masih aktif melakukan kegiatan mengajar.

Surat keterangan mengajar guru SD/ TK/ SMP/ SMA/ SMK dapat dibuat oleh: Dari kepala sekolah keterangan ke guru, Pengawas pernyataan ke Kepala Sekolah, dari yayasan dll.

Apa kegunaan surat keterangan mengajar?

Ada beberapa tujuan dibuatnya surat keterangan ini. Paling umum adalah berfungsi sebagai pelengkap berkas administrasi. Misalnya untuk; program pendidikan profesi guru (PPG), untuk inpassing, untuk pencairan BSU hingga untuk kuliah lagi.

Format Surat Keterangan Mengajar

Adakah format khusus untuk surat keterangan mengajar? jawabannya adalah iya, karena termasuk dalam surat yang bersifat resmi maka sebaiknya dalam surat keterangan mengajar setidaknya memiliki komponen berikut:

1. Kop surat

Pada bagian kop surat berisi informasi tentang instansi yang mengeluarkan surat tersebut; Misal; Nama sekolah, alamat dan kontak sekolah.

2. Judul surat

Bagian ini berisi judul surat dan nomor surat. Contoh “Surat Keterangan Mengajar Dosen”, dibawahnya ditulis nomor surat.

3. Isi surat

Pada bagian ini berisi data dua orang, satu pihak sebagai yang menerangkan dan satunya lagi sebagai orang yang diterangkan. Kemudian tertulis keterangan tentang kondisi (sudah/ telah/ aktif) mengajar pada instansi tertentu.

4. Penutup surat

Bagian penutup terdapat tempat dan tanggal dibuatnya surat, nama instansi yang mengeluarkan surat, tanda tangan dan nama pihak yang tertulis dalam isi surat sebagai perwakilan instansi.

Contoh Surat Keterangan Mengajar Paud TK SD SMP SMA SMK

Contoh SK aktif mengajar ini dikeluarkan oleh instansi pendidikan, dalam hal ini adalah pihak sekolah yang diwakili oleh kepala sekolah untuk menyatakan bahwa seorang guru masih aktif dalam kegiatan mengajar.

Contoh Surat Keterangan Aktif Mengajar Dari Kepala Sekolah
Contoh Surat Keterangan Aktif Kegiatan Mengajar Dari Kepala Sekolah SD

Contoh Surat Keterangan Mengajar Dosen

Selanjutnya adalah contoh surat keterangan mengajar untuk dosen, dikeluarkan oleh instansi pendidikan perguruan tinggi sebuah universitas.

Contoh surat keterangan mengajar dosen
Contoh surat keterangan mengajar dosen

Contoh Surat Keterangan Mengajar Ngaji

Contoh berikutnya adalah contoh surat keterangan guru ngaji TPQ. Surat ini bisa dikeluarkaan oleh Takmir Masjid, Dewan Kemakmuran Masjid, organisasi keagamaan, Pemerintah desa maupun Yayasan.

Surat keterangan Guru Ngaji umumnya dibuat untuk keperluan mengajukan permohonan bantuan dana atau upah mengajar ngaji.

Contoh surat keterangan mengajar Ngaji
Contoh surat keterangan mengajar Ngaji

Surat Keterangan Mengajar Doc Word

Baik, di bagian akhir tulisan artikel ini kami sudah menyiapkan format surat keterangan mengajar. Kami telah membaginya ke dalam dua template yang berbeda. (1) format yang berisi dua data pihak yakni pihak yang menerangkan dan yang diterangkan. (2) format surat keterangan yang hanya berisi data orang yang diterangkan.

Surat Keterangan Aktif Mengajar Guru format 1

UNDUH

Jika membutuhkan format tersebut bisa diunduh via google doc melalui link tersebut di atas, atau bisa juga dengan copypaste text word di bawah ini.

SURAT KETERANGAN AKTIF MENGAJAR
Nomor :  

 

           Yang bertanda tangan  di bawah ini :

Nama :  

NIP :

Pangkat/Gol :

Jabatan : Kepala Sekolah ……..

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama :  

NIP :

Pangkat/Gol :

Jabatan :

Unit Kerja :

Adalah benar sebagai guru di ……….. yang telah secara aktif menjalankan tugas dan mengajar di kelas ……….. sejak tanggal …-…-…… dan masih aktif hingga saat ini.

Demikian surat keterangan saya buat dengan sesungguhnya dan apabila dikemudian hari surat keterangan ini tidak benar, maka saya bersedia mendapat sanksi sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.



Tempat, tanggal ………..

Yang menerangkan,
Kepala sekolah





Nama:
Nip:

Surat Keterangan Aktif Mengajar Guru format 2

DOWNLOAD

Jika Anda membutuhkan file doc tersebut bisa diunduh via google drive melalui link tersebut di atas, atau bisa juga dengan copypaste text word di bawah ini.

SURAT KETERANGAN MENGAJAR
Nomor:

 

Yang bertanda tangan dibawah ini, Kepala Sekolah SDN ………………… menerangkan bahwa:

Nama : ……………………………….

NUPTK/NIP   : ……………………………….

Tempat/Tgl. Lahir : ………………………………………………………..

Alamat Rumah : ……………………………………………………………………………………… 

Yang bersangkautan adalah benar sebagai Tenaga Pengajar di Sekolah Dasar Negeri ……………………….. dari tahun …………….. sampai ………………..

 

Demikian surat Keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Bantul, ………………………………….

Kepala Sekolah SDN …………………………

 

ttd

 

Nama: …………………………………………….

NIP : …………………………………………….


Demikianlah pembahasan mengenai surat keterangan mengajar, baik untuk guru Paud TK SD SMP SMA SMK Dosen. File format doc yang kami bagikan tersebut diatas bisa diunduh dan digunakan gratis. Silahkan diedit sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply