Surat Perjalanan Dinas

Surat perjalanan dinas adalah istilah yang lebih dikenal pada seseorang karyawan/ pegawai yang akan melakukan sebuah perjalanan kedinasan di dalam negeri maupun ke luar negeri untuk suatu keperluan yang berkaitan dengan pekerjaannya. Namun perlu diketahui bahwa istilah tersebut sama halnya dengan Surat Perintah Perjalanan Dinas, disingkat dengan SPPD.

Apa yang dimaksud dengan SPPD?

Mari sedikit kita ulas tentang apa itu SPPD. Sesuai dengan namanya, SPPD adalah sebuah surat tugas atau perintah yang diberikan oleh perusahaan, instansi, lembaga maupun organisasi kepada pekerja/ pegawai untuk melaksanakan sebuah perjalanan kedinasan.

Bagaimana sebuah perjalanan itu bisa dianggap sebagai perjalanan dinas? ada kriteria tertentu yang mengkategorikannya menjadi sebuah perjalanan dinas. Pada setiap perusahaan maupun instansi tentu memiliki aturannya masing-masing.

Namun peraturan mendasar yang umumnya sama adalah dari segi keperluan dan jarak tempuh yang dilakukan. Sebuah perjalanan dinas dalam negeri dapat dilakukan dengan jarak sekurang-kurangnya 5 km dihitung dari batas kota kedudukan kantor.

Contoh pelaksanaan perjalanan dinas yang dapat dilakukan adalah untuk kepentingan perusahaan, antara lain; Pekerjaan di kantor cabang, diklat, penjajakan kerja sama, meeting dengan client, tender, kegiatan sosial, memenuhi undangan teretentu, dan lain sebagainya.

Sebuah perjalanan dinas biasanya akan diinformasikan oleh pimpinan kepada karyawan yang cocok ditugaskan sesuai dengan kebutuhan. Atau kamu juga bisa mengajukan surat permohonan perjalanan dinas apabila sebuah keperluan perjalanan yang akan kamu lakukan sudah memenuhi klasifikasi perjalanan dinas.

Prinsipnya, sebuah perjalanan dalam melaksanakan kedinasan harus memperhatikan akuntabilitas agar mendapatkan hasil pencapaian kinerja yang maksimal. Kebutuhan akan biaya selama menjalani perjalanan tersebut menjadi tanggung jawab penuh perusahaan. Biaya tersebut meliputi biaya transport, harian (makan, komunikasi, dll), penginapan hingga uang saku.

Apa yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan dinas?

Suatu ketika kamu ditunjuk oleh pimpinan perusahaan untuk melakukan tugas sebuah perjalanan yang berkaitan dengan pekerjaan demi kepentingan perusahaan. SPPD sudah terbit untuk kamu.

Lalu apa yang harus dipersiapkan?

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk persiapan dilakukannya perjalanan dinas diantaranya adalah dokumen-dokumen penting yang diperlukan, pengurusan transportasi (tiket pesawat, kereta / bus), pemesasnan hotel, jadwal perjalanan, dan juga daftar agenda kegiatan yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, pada umumnya pelaksanaan perjalanan dinas dalam instansi / perusahaan swasta maupun pemerintah akan dibantu sekretaris atau bagian khusus untuk mengurus persiapan tersebut.

Contoh Surat Perjalanan Dinas DOC EXCEL PDF

Surat perjalanan dinas karyawan swasta

Serbabisnis telah mengumpulkan beberapa contoh SPPD yang bisa kamu jadikan acuan.

✓ Contoh Surat Tugas Perjalanan Dinas Guru

SPPD sakolah dibuat oleh kepala sekolah yang diberikan kepada guru/ pegawai yang ditunjuk dan ditugaskan untuk melaksanakan dan mengikuti suatu kegiatan kedinasan yang bersifat resmi.

Surat tersebut harus dibawa saat pelaksanaan kegiatan dan diberikan kepada panitia kegiatan sebagai tanda bukti tugas untuk dapat mengikuti seluruh kegiatan.

Panitia akan menerima dan menandatangani surat tersebut dan akan mengembalikannya setelah pelaksanaan kegiatan selesai dan dibawa kembali untuk diberikan kepada kepala sekolah sebagai bukti bahwa peserta telah mengikuti kegiatan sepenuhnya.

Lampiran format sppd di atas adalah contoh sppd sekolah swasta doc. Jika kamu sedang membutuhkannya untuk diedit, kamu bisa mengunduhnya melalui google drive.

✓ Contoh Surat Perjalanan Dinas Desa

SPPD Desa merupakan surat perintah untuk melaksanakan sebuah perjalanan dinas yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dalam kepentingan kedinasan.

Tugas perjadin dapat diberikan kepada Kepala Desa, Perangkat, BPD dan atau anggota lembaga kemasyarakatan, biayanya bisa dibebankan pada APBDesa.

Perintah perjadin dikeluarkan atas dasar permintaan dari instasi pemerintah supra desa Kecamatan, Kabupaten provinsi atau pihak lain yang merupakan penyelenggara kegiatan. Surat masuknya digunakan untuk menjadi dasar adanya perjalanan dinas.

Format SPPD Desa memiliki dua lembar halaman. Terdiri dari SPPD halaman depan dan SPPD halaman belakang. Isi lembar depan merupakan informasi penugasan dari pejabat tempat asal kedudukan. Sedangkan isi lembar belakang adalah untuk bagian visum dari pejabat atau panitia di tempat kegiatan dilaksanakan.

Contoh format SPPD Desa halaman depan

Contoh format SPPD Desa halaman belakang

Format sppd desa excel dapat dengan mudah dibuat hanya menggunakan aplikasi sederhana berikut ini. Jika kamu membutuhkannya silahkan diunduh melalui google drive berikut.

Aplikasi SPPD Desa Excel Sederhana 1 | Aplikasi SPPD Lengkap Excel 2

Selain yang di atas, berikut juga bisa menjadi contoh SPPD desa pdf.

✓ Contoh Surat Perjalanan Dinas Perusahaan Swasta

Surat tugas perjalanan dinas di sebuah perusahaan tentu memiliki format masing-masing. Tidak seperti sppd sekolah maupun desa yang sudah ada pedoman dari pusat.

Berikut ini salah satu contoh surat perjalanan dinas karyawan swasta di sebuah perusahaan.

DOWNLOAD DOC


Penutup

Perjalanan dinas pada dasarnya merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang maupun sebuah tim yang dalam pelaksanaannya harus melalui jarak tempuh tertrntu (sesuai yang telah diatur) untuk sebuah kepentingan perusahaan, instansi, lembaga maupun organisasi tempat ia bekerja.

Surat tugas atau surat perintah yang diberikan menjadi acuan bagi penerima tugas untuk melaksanakan perjalanan dinas dengan sebaik mungkin.

Semoga ulasan dan contoh surat perintah perjalanan dinas yang kami tulis dalam artikel ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply