Tips Cerdas dalam Memilih Cloud Storage yang Tepat untuk Berbisnis

Apa itu cloud storage? Kamu yang bekerja secara online pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Cloud storage adalah layanan penyimpanan data yang bisa digunakan untuk sharing. Penggunaan layanan ini pun kini meluas ke berbagai jenis bisnis skala besar atau kecil.

Apakah kamu salah satu yang masih bingung untuk menentukan bagaimana pengarsipan data perusahaan sebaiknya dilakukan? Atau kamu masih bingung bagaimana mengontrol data dari beberapa cabang bisnis?

Solusinya adalah menggunakan cloud storage yang bisa membantu kamu mendapatkan data secara real time. Melalui cloud storage kamu bisa mengontrol administrasi dengan mudah dan mendapatkan laporan langsung tanpa harus datang ke lokasi.

Kamu juga harus menentukan layanan cloud storage mana yang tepat untuk digunakan. Saat ini ada begitu banyak layanan yang tersedia, kamu harus cerdas dalam memilihnya.

Tips Memilih Cloud Storage yang Berkualitas untuk Bisnis

cloud storage

Layanan cloud storage untuk bisnis memang sangat menguntungkan. Kamu tak perlu lagi keluar uang untuk membeli perangkat penyimpanan seperti hardisk. Tidak ada lagi biaya maintenance, bahkan karyawan jadi mudah bekerja dari rumah.

Apakah layanan cloud storage yang cocok untuk kamu gunakan? Jika masih bingung untuk menentukan, beberapa tips berikut ini akan sangat membantumu.

1. Kenali tujuanmu untuk menggunakannya

Tujuan dari penggunaan cloud storage adalah untuk berbisnis, tapi kenali juga apa saja kebutuhanmu. Misalnya kamu hanya membutuhkan penyimpanan data administrasi saja maka tak perlu mencari server luar negeri.

Kecuali kamu akan membuka cabang bisnis di luar negeri atau pusatnya di sana. Maka perlu server luar negeri sehingga akses lebih cepat. Khususnya jika kamu ingin membuat web perusahaan yang bisa diakses di negara tertentu.

2. Apakah memiliki fitur sinkronisasi?

Karena kamu membutuhkannya untuk urusan bisnis, maka fitur sinkronisasi sangat dibutuhkan. kamu atau karyawan lain mungkin saja tak hanya menggunakan perangkat laptop atau komputer saja.

Mungkin saja jika kamu menggunakannya pada perangkat smartphone atau tab. Untuk bisa mengakses cloud storage dengan mudah maka harus melalui proses sinkronisasi terlebih dahulu. Pastikan jika layanan tersebut menyediakan fitur ini.

3. Memiliki fitur unggahan yang terjadwal

Layanan cloud storage tak kalah dengan smartphone karena memiliki fitur untuk mengunduh file secara terjadwal. Fitur ini sangat membantu untuk efisiensi pekerjaan dan menjadi pengingat yang berdampak besar dalam perkembangan bisnis.

Melalui fitur ini semua karyawan akan lebih disiplin karena walaupun bekerja dari jarak jauh pekerjaan tetap dipantau oleh atasan. Oleh karena itu fitur ini akan mengingatkan agar tidak ada file yang terlambat untuk diupload.

4. Memiliki fitur keamanan yang terjamin

Jika hardisk bisa rusak karena dampak penggunaan atau virus, bukan berarti cloud storage juga tidak bisa rusak. Karena merupakan layanan online, maka bisa saja terserang oleh malware. Apalagi jika layanan tersebut banyak digunakan oleh perusahaan besar.

Supaya kamu mendapatkan jaminan keamanan dari data yang disimpan, pastikan bahwa layanan tersebut menyediakan tambahan fitur keamanan. Artinya file yang kamu simpan tidak akan rusak atau diakses oleh orang lain.

5. Menyediakan fitur restore data

Fitur ini sangat penting untuk meminimalisir data hilang karena tidak sengaja terhapus. Biasanya layanan cloud storage yang berkualitas memiliki fitur restore data. Jadi jika terdapat data yang hilang karena terhapus maka data tersebut bisa dikembalikan.

Hanya saja lama waktu restore data bervariasi ada yang beberapa minggu atau bulan saja. Jadi kamu harus mengecek kembali kapan terakhir data tersebut terhapus.

6. Kapasitas penyimpanan

Terakhir adalah kenali juga berapa kapasitas penyimpanannya karena akan berpengaruh dengan harga. Supaya kamu tahu bagaimana pelayanan yang diberikan, akan lebih baik untuk masuk ke mode trial terlebih dahulu.

Dengan begitu kamu akan tahu bagaimana pelayanan yang diberikan serta tahu apakah fitur yang ditawarkan berfungsi dengan baik. Tak lupa bahwa data yang kamu simpan tetap aman dan kapasitas yang ditawarkan sesuai dengan kantong.

Jangan terburu-buru dalam menentukan layanan cloud storage, kamu harus mencobanya untuk tahu mana yang tepat.

Leave a Reply