Skip to main content

Tokopedia Diretas – 91 juta Data Pengguna Bocor dan Dijual di Darkweb

Data Pengguna Tokopedia Dibobol

Tokopedia kebocoran data?, Salah satu raksasa marketplace di Indonesia yakni Tokopedia mengalami kebocoran data karena diretas. 91 juta data pengguna dijual di pasar web gelap (Darkweb) dengan harga $5.000. Jika nilai rupiah terhadap dolar saat ini Rp 14.700 maka harganya adalah sekitar 73.500.000 Rupiah.

Tokopedia breach, data akun pengguna tokopedia bocor
Tokopedia breach, Data akun tokopedia bocor karena di hack. image:twitter\@underthebreach

Kebocoran data pengguna tokopedia ini diketahui pertama kali diunggah di akun twitter @underthebreach. Dalam cuitannya diunggah juga screenshot sebagian data pribadi pengguna Tokopedia yang berhasil diretas. Diantaranya yakni nama, tanggal lahir, email dan password, beserta data data privasi lainnya.

Diduga peretasan terjadi pada bulan Maret 2020. Pelaku peretasan pada awalnya hanya menawarkan data sebanyak 15 juta, dan mengungkapkan bahwa masih banyak lagi data lainnya. Hingga kemudian si peretas benar benar memberi tau bahwa sejumlah 91 juta data tokopedia yang berhasil diambil untuk dijual.

Kebocoran data tokopedia yang ditawarkan untuk diperjualbelikan yakni meliputi informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, email, nomor HP, dan data data privasi lainnya.

Screenshoot data akun tokopedia dibobol

Tokopedia kebocoran data, ini data pengguna tokopedia yang berhasil di hack
Gambar screenshoot sebagian data pengguna tokopedia yang di hack, image:twitter\@underthebreach

Dilansir dari situs www.hackread.com, bahwa perusahaan data breach monitoring (underthebreach.com) telah mengkonfirmasi bahwa data yang diperdagangkan secara online tersebut memang berisi data asli milik Tokopedia yang mencakup data hingga bulan Maret 2020.

Imbas dari kondisi ini mungkin akan berlangsung lama, terutama bagi pelanggan dan pedagang. Serangkaian penipuan akan lebih banyak, dimana para penjahat cyber akan menggunakan akun real milik korban dari hasil peretasan tersebut untuk melakukan penipuan.

Jika Kamu memiliki akun di Tokopedia, apa yang bisa kamu lakukan? lindungi segera bisnis online yang kamu jalankan di tokopedia, langkah terbaik saat ini adalah secepatnya mengubah password akun Tokopedia kamu. Selain itu, selalu awasi setiap transaksi di akun kamu jika mungkin ada terjadi transaksi yang mencurigakan.


Sumber informasi:
www.hackread.com, “Tokopedia hacked – Login details of 91 million users sold on dark web“, https://bit.ly/35rybYD

Share
  • 19
    Shares
  • 19
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *