Skip to main content

Trik Mencapai Target Penjualan

saving-money

Kemampuan kinerja seorang tenaga penjual merupakan tingkat atau derajat kemampuan seorang tenaga penjual dalam melakukan pekerjaannya. Karena itu, seberapa besar kinerja yang dimiliki oleh tenaga penjualan dapat terindikasikan dengan melihat pencapaian hasil penjualan.

Kinerja atau sesuatu yang dicapai atau kemampuan atau prestasi yang diperlihatkan tenaga penjualan bisa juga diartikan sebagai tingkatan sampai sejauhmana para tenaga penjualan melaksanakan tanggung jawab dan tugas mereka sehinga si tenaga penjualan tesebut dapat mencapai target penjualan pada suatu perusahaan.

Pencapaian target penjualan tersebut menunjukkan kesungguhan tenaga penjual dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.

Keberhasilan tenaga penjualan mencapai target salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan dalam melakukan presentasion skill. Karena konsep penjualan itu didasarkan pada tiga kerangka penjualan yang meliputi 3 faktor yaitu:

  1. Pendekatan (approach)
  2. Penyajian (presentation)
  3. Penutupan (closing)

Dengan kemampuan ini seorang tenaga penjualan dapat melakukan pendekatan terhadap Pelanggan. Ketika ada keinginan pelanggan yang sama, maka presentasi penjualan yang cukup untuk mempengaruhi para pelanggannya melakukan pembelian. Oleh karena itu, sebuah presentasi dapat mempengaruhi pelanggan membeli produk yang mereka tawarkan.

Keberhasilan presentasi ditunjukkan antara lain dengan adanya respon dari konsumen dalam mengikuti proses presentasi dan tindakan melakukan pembelian. Strategi komunikasi yang digunakan sangat berpengaruh terhadap presentasi penjualan.

Untuk mencapai keberhasilan melakukan presentasi maka seorang tenaga penjualan dapat mengikuti rumus AIDA guna memperoleh:

  • Attentian (perhatian) 
  • Interest (minat) 
  • Desire (keinginan)
  • Action (tindakan) 

Dari rumus AIDA itu konsumen akan memiliki perhatian, minat dan membangkitkan keinginan yang menimbulkan tindakan pembelian. Untuk itu keberadaan tenaga penjualan sangat berperan besar dalam kegiatan pemasaran produk dan pelayanan. dan keberhasilan pemasaran produk sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan strategi komunikasi yang digunakan oleh tenaga penjualan.

Leave a Reply