14 Contoh Model Undangan Pernikahan Kekinian

Lagi nyari model undangan pernikahan? gak usah bingung-bingung, ini rekomendasi desain undangan yang simple, unik, keren, mewah, elegan, cantik, online.

Pernikahan menjadi momen spesial yang diimpikan dan dinantikan oleh semua pasangan kekasih. Acara sakral yang diharapkan hanya sekali seumur hidup. Setiap pasangan akan mempersiapkannya dengan sebaik mungkin.

Banyak hal yang harus dipersiapkan. Memesan gedung, dekorasi dan rias pernikahan, foto wedding, catering, souvenir, dan perlengkapan lainnya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menghitung berapa jumlah tamu undangan untuk disesuaikan dengan undangan yang akan kamu cetak.

Desain dan model undangan pernikahan bisa menjadi hal yang cukup menguras pikiran. Pemilihan model, ukuran, desain grafis hingga bahan cetaknya memang cukup rumit bagi orang yang awam.

Untuk itulah, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa informasi yang berkaitan dengan model undangan pernikahan beserta contoh-contoh yang dapat kamu jadikan referensi.

Yuk simak hingga akhir ya…

Ukuran Undangan Pernikahan yang Ideal

Berapa si ukuran undangan pernikahan yang umum digunakan? Sebuah undangan tentu saja memiliki ukuran.

Ukuran undangan disesuakan dengan model yang kita inginkan. Misal kita akan membuat model undangan lipat dua, lipat tiga dan sebagainya. Ukurannya juga harus disesuaikan dengan ukuran plastik undangan sebagai pembungkusnya.

Jenis kertas cetaknya juga bisa memperngaruhi ukuran undangan yang akan dibuat. Misal jika kamu akan membuat undangan pernikahan dengan jasa cetak di digital printing. Umumnya akan dicetak menggunakan kertas tipe A3+ yang berukuran 33x46cm, selembar bisa jadi beberapa undangan sesuai ukuran yang digunakan.

Berikut ini beberapa contoh ukuran undangan pernikahan yang umum beredar di masyarakat:

Ukuran undangan pernikahan single board

  • Ukuran: 15×20 cm
  • Ukuran: 16×21 cm
  • Ukuran: 15×21 cm

Ukuran undangan pernikahan soft cover

  • Lipat dua. Ukuran buka: 25×18 cm, Ukuran tutup: 12,5×18 cm
  • Lipat dua. Ukuran buka: 22×22 cm, Ukuran tutup: 22×11 cm
  • Lipat dua. Ukuran buka: 21×21 cm, Ukuran tutup: 10,5×21 cm
  • Lipat dua. Ukuran buka: 20×30 cm, Ukuran tutup: 20×15 cm
  • Lipat tiga. Ukuran buka: 30×15 cm, Ukuran tutup: 15×15 cm
  • Lipat tiga. Ukuran buka: 32×16 cm, Ukuran tutup: 16×16 cm

Ukuran Undangan pernikahan hard cover

  • Lipat dua. Ukuran buka: 24×12 cm, Ukuran tutup: 12×12 cm
  • Lipat dua. Ukuran buka: 24×22 cm, Ukuran tutup: 12×22 cm
  • Lipat dua. Ukuran buka: 20×30 cm, Ukuran tutup: 20×15 cm
  • Lipat dua. Ukuran buka: 30×15 cm, Ukuran tutup: 15×15 cm
  • Lipat dua. Ukuran buka: 20×30 cm, Ukuran tutup: 20×15 cm
  • Lipat tiga. Ukuran buka: 20×38 cm, Ukuran tutup: 20×15 cm
  • Lipat dua. Ukuran buka: 28×18 cm, Ukuran tutup: 14×18 cm

Nah, setelah tau ukuran mana yang akan kamu pilih. Selanjutnya ukuran tersebut bisa kamu gunakan dalam membuat desain dan model undangan pernikahan.

Contoh Model Undangan Pernikahan

Membuat sebuah model dan desain undangan tak hanya butuh keahlian dalam mengoperasikan software editor saja, namun juga membutuhkan ide-ide kreatif sebagai konsepnya. Berikut ini beberapa kumpulan contoh undangan yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Model Undangan Pernikahan Single Board

Model undangan single board berarti tanpa lipatan. Undangan didesain dalam satu bagian tanpa lipatan. Jika ingin menambahkan informasi lain seperti map lokasi maka dalam satu amplop undangan bisa berisi dari beberapa bagian di kertas masing-masing.

✓ 1. Undangan Pernikahan Tema Jawa Model Single Board Hard Cover

Undangan pernikahan single board tema Jawa
Model undangan Hard cover single board tema Jawa, image:IG\paperlove_id

Bagi orang jawa, mengusung tema jawa dalam setiap acara adalah sesuatu yang istimewa. Termasuk jika diaplikasikan dalam sebuah undangan. Konsep tema jawa memperlihatkan karakter yang luwes, elegan dan juga mewah.

Jika kamu ingin membuat undangan dengan konsep jawa, contoh di atas bisa jadi inspirasi untuk pernikahan kamu.

✓ 2. Undangan Pernikahan Simple

Undangan Pernikahan Single Board Simple dan Elegan
Undangan Pernikahan Model Single Board Simple dan Elegan, image:web\primacard.id

Sesuatu yang simpel bisa menjadi daya pikat tersendiri. Seperti contoh undangan hard cover single board dengan warna putih di atas. Tidak perlu banyak corak dan ornamen namun tetap memperlihatkan undangan terkesan elegan dan mewah.

✓ 3. Undangan Pernikahan Unik Single Board

Undangan Pernikahan Unik Single Board
Model Undangan Single Board Unik, image:IG\@mila.wedding.jogja

Contoh undangan model single board yang unik. Penggunaan motif bunga-bunga natural pada kertas yang digrafir layaknya sebuah ukiran. Memperlihatkan sebuah karya yang unik hasil kreatifitas tinggi.

Tidak memerlukan perpaduan warna yang banyak sudah membuatnya terlihat indah. Undangan model ini pasti akan membuat si penerimanya terkesan.

2. Model Undangan Pernikahan Lipat Dua

Konsep desain undangan lipat dua juga tidak sedikit lho peminatnya. Banyak calon pengantin yang memilih model undangan lipat untuk sebuah momen istimewa yang akan dilaksanakan. Nah, ragam contoh berikut ini telah kami kumpulkan untuk membantu kamu memilih sebuah ide konsep undangan lipat.

✓ 4. Undangan pernikahan mewah

Undangan Pernikahan Mewah
Undangan Model Lipat Dua yang Mewah, image:ID\@aneka_advertising

Siapa sih yang gak pengin undangannya terlihat mewah? model undangan hard cover lipat dua di atas bisa jadi contoh kalau kamu ingin membuat undangan yang mewah.

Undangan mewah terbeut mencantumkan foto prewedding kamu dalam undangan akan menjadikan kesan tersendiri bagi penerima. Tentu bisa menjadi langkah awal untuk mengenalkan rupa pasangan kamu kepada penerima.

✓ 5. Undangan pernikahan bahasa inggris

Undangan Bahasa Inggris Lipat Dua
Model Undangan lipat dua Bahasa Inggris, image:IG\@aneka_advertising

Banyak teman atau kolega dari mancanegara? jika ingin mengundang mereka ke acara pernikahan kamu tentu lebih baik membuat undangan dengan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

Sebagai contohnya, konsep undangan berbahasa inggris di atas bisa kamu tiru. Konsepnya sederhana kekinian namun terlihat sangat elegan.

✓ 6. Undangan Pernikahan Islami

Undangan Pernikahan Islami
Undangan Nikah Islami, image:tokopedia\@cho[email protected]

Bagi yang muslim tentu menginginkan konsep yang islami. Apa kamu termasuk yang ingin melekatkan konsep ini di undangan pernikahan kamu?

Contoh undangan islami diatas bisa menjadi tambahan inspirasi untuk mengembangkan ide-ide kreatif kamu.

✓ 7. Undangan pernikahan kristen

Undangan Pernikahan Kristen Lipat Dua
Contoh model Undangan Pernikahan Kristen Lipat Dua, image:IG\@adelshouseofcard

Bagi yang beragama kristen pasti ingin membuat undangan yang sesuai dengan agamanya. Nah, contoh ini bisa kamu jadikan acuan. Model undangan lipat dua hard cover sentuhan tema kristen dengan dominasi warna background biru tua.

3. Model Undangan Pernikahan Lipat Tiga

Model lipat tiga juga banyak yang suka loh. Gak usah bingung mau yang mana. Beberapa contoh undangan lipat 3 di bawah ini bisa menjadi inspirasi.

✓ 8. Undangan Pernikahan Elegan dan Menarik

Undangan Pernikahan Elegan Lipat Tiga
Model Lipat Tiga Undangan Pernikahan Elegan, image:ID\@aneka_advertising

Yang polos-polos belum tentu kurang menarik ya!. Ini contohnya, dengan konsep hitam putih memperlihatkan undangan model lipat tiga ini terkesan sangat elegan. Pemilihan font dan struktur tulisan dikombinasikan dengan gambar ilustrasi karakter pasangan membuat undangan ini juga terlihat sangat menarik.

✓ 9. Undangan pernikahan lipat 3 sederhana

Undangan Pernikahan Lipat 3 Sederhana
Model undangan lipat 3 (tiga) sederhana, image:IG\undanganhargamurah

Berpikir untuk membuat undangan yang murah namun tetap menarik? Konsep undangan sederhana adalah salah satu pilihan yang tepat. Tak perlu mengeluarkan budget yang mahal untuk membuat undangan lipat tiga sederhana ini.

Undangan model ini banyak dipilih karena konsepnya yang tidak muluk-muluk, gak ribet. Menampilkan kesan sederhana namun tetap menunjukkan sebuah undangan yang bagus.

✓ 10. Undangan pernikahan kalender duduk

Undangan Pernikahan Kalender Duduk
Model Undangan Pernikahan Lipat 3 Kalender Duduk, image:IG\@undangannikahmurah_kedaigrafis

Setiap pasangan biasanya sudah memegang konsep dan gambaran seperti apa undangan yang mereka inginkan. Ada orang yang selalu berpikir bahwa apa yang mereka buat harus memiliki manfaat yang berkelanjutan.

Ingin undangan pernikahan kamu juga memiliki manfaat lebih lanjut? Undangan model kalender ini salah satu contoh yang bisa kamu tiru. Bukan hanya berkesan saja bagi si penerima, namun juga memberikan manfaat baginya untuk digunakan sebagai kalender duduk yang bisa diletakkan di meja kerja, meja ruang santai atau dimanapun yang diinginkan.

4. Model Undangan Pernikahan Custom

✓ 11. Undangan Pernikahan Exclusive

Undangan Pernikahan Exclusive Acrylic
Model Undangan Pernikahan Exclusive bahan Acrylic, image:IG\@bee_crtv

Mau undangan yang exclusive? kamu bisa meniru konsep undangan yang satu ini. Undangan di grafir pada media akrilik layaknya sebuah plakat. Terkesan sangat premium dan mewah, namun tentu harganya juga mahal. Jadi, jika kau menginginkan konsep undangan exclusive seperti ini kamu harus menyiapkan dana yang lebih banyak menguras kantong.

✓ 12. Undangan Pernikahan Online

Undangan pernikahan online
Model desain Undangan pernikahan online via smartphone, image:IG\@und.ang

Aktifitas melalui daring sekarang sudah menjadi pelengkap kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali dengan undangan. Bisa dikirim online via aplikasi chating seperti whatsapp maupun telegram. Melalui chat sosial media juga bisa.

Oleh sebab itu, desain grafis yang ukurannya disesuaikan dengan smartphone juga menjadi hal yang patut untuk dipikirkan. Sudah banyak kok yang menggunakan konsep ini. Kamu bagaimana?

✓ 13. Undangan Pernikahan Unik Model Passport

Undangan Unik Wedding Passport
Undangan Unik Bentuk Wedding Passport, image:IG\@vaneelacard_advertising

Jika kamu menginginkan desain undangan yang berbeda dari yang lainnya. Konsep undangan wedding passport ini bisa jadi contohnya.

Konten yang sangat mirip dibuat seperti passport sampai ada stempelnya yang diisi dengan nama pasangan calon penganten dan juga tanggal menikahnya dengan icon gambar sebuah pesawat.

✓ 14. Undangan Pernikahan Custom Bentuk Buku Notebook

Undangan Pernikahan Buku Notebook
Undangan Pernikahan Buku Notebook, image:tokopedia\imayzing

Satul lagi contoh undangan yang sekaligus bisa memberikan manfaat bagi penerimanya. Seperti contoh yang ini, model undangan notes. Undangan dibuat dengan isi beberapa lembar kertas yang bisa digunakan sebagai notebook, dilengkapi juga dengan kalender didalamnya.

Sangat menginspirasi ya? kamu bisa meniru konsep tersebut untuk pernikahan kamu.


Akhir kata, setiap orang pasti memiliki gambaran dan konsep tersendiri sesuai dengan keinginannya. Namun demikian, sebuah undangan pernikahan harus betul-betul diperhatikan dengan baik. Hal ini karena berkaitan dengan kesan yang diberikan bagi penerimanya agar mau menghadiri undangan yang telah diberikan.

Jika masih bingung memilih dan menentukan konsep desain undangan untuk pernikahan kamu. Semoga contoh-contoh di atas dapan menginspirasi dan menambah ide kreatif kamu.

Berikan kritik dan saran untuk kami dengan berkomentar ya.

Terima kasih telah berkunjung dan membagikan ke jejaring sosial kamu!

2 Comments

  1. Dulu pas nikah saya bingung nyari referensi model undangan kayak gimana yang bagus. Sekarang udah banyak banget contohnya. Apa ane nikah lagi aja ya. hahaha

Leave a Reply