Daftar Riwayat Hidup Doc, Gampang Edit Lalu Cetak!

Ketika melamar sebuah pekerjaan, Daftar riwayat hidup menjadi salah satu berkas yang tidak terpisahkan dengan surat lamaran kerja. Seluruh berkas sebaiknya sesuai dengan syarat dan kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan.

Dalam kenyataannya, memang setiap perusahaan memiliki persyaratan dan kualifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan posisi lowongan kerja yang sedang dibutuhkan.

Berkas lamaran kerja biasanya dalam bentuk cetak dikirimkan secara langsung ke alamat perusahaan maupun bentuk digital dikirim secara online melalui email.

Berkas-berkas tersebut menjadi senjata penting untuk memikat bagian HRD atau rekruter agar tertarik untuk proses rekrutmen lebih lanjut kepada pelamar kerja. Kalau ibarat sebuah produk ini adalah kemasan luar yang didesain dengan sebaik mungkin agar orang tertarik untuk membuka dan mencoba isinya.

Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup kamu dengan sebaik dan semenarik mungkin.

✓ Sebenarnya Apa Perbedaan CV dan Daftar Riwayat Hidup?

Dua istilah ini sebetulnya sama saja. Bedanya ya hanya pada penyerapan bahasanya saja. Kalau Daftar Riwayat Hidup ini memang dari bahasa Indonesia. Nah kalau istilah Curriculum Vitae (CV) ini diambil dari bahasa inggris / english. Nah kamu bisa baca-baca dulu di artikel contoh CV Kreatif.

Isinya adalah tentang informasi detail tentang riwayat hidup seseorang. Mulai dari data diri, riwayat pendidikan, keahlian yang dimiliki, pengalaman kerja, prestasi, dan lainnya.

✓ Format Daftar Riwayat Hidup

Dalam prakteknya, sebuah daftar riwayat hidup tidak memiliki format baku. Namun, dalam membuatnya kamu tetap harus memperhatikan unsur-unsur yang sebaiknya ada sebagai berikut:

  1. Data Diri (Pribadi)
    Bagian ini berisi informasi lengkap tentang data diri kamu. Dari nama lengkap, jenis kelamin, alamat / domisisli, hingga nomor telepon dan email aktif yang bisa dihubungi. Informasi ini diletakkan pada kolom data diri.
  2. Riwayat Pendidikan
    Kemudian adalah informasi tentang riwayat pendidikan kamu. Kolom ini tidak perlu diisi penuh riwayat pendidikan kamu mulai dari TK, SD, dst. Cukup tuliskan tiga atau dua riwayat pendidikan terakhir yang telah kamu tempuh.
  3. Pengalaman Kerja
    Selanjutnya adalah kolom pengalaman bekerja yang telah kamu miliki. Tulis bagian dan jabatan pekerjaan sebelumnya, nama perusahaan, dan lamanya bekerja.
    Lalu bagaiman jika kamu freshgraduate atau belum memiliki pengalaman bekerja? kamu bisa mengisi kolom ini dengan kegiatan keorganisasian, PKL, volunteer dan sejenisnya. Hal ini bisa menjadi nilai plus untuk mengambil hati rekruter.
  4. Kolom Keterangan Lainnya
    Di kolom ini kamu bisa menambahkan informasi lain tentang kelebihan yang kamu miliki. Tuliskan keahlian kamu di bidang apa, apa pencapaian terbaik yang telah kamu lakukan, dan lain sebagainya.
  5. Waktu dan tempat penulisan, Tanda tangan dan nama terang
    Sekarang, bagian ini menjadi hal yang bisa atau tidak dituliskan. Jika kamu membuat daftar riwayat hidup tulis tangan, sebaiknya tetap tuliskan tempat dan tanggal dibuatnya, tanda tangan dan juga nama terang.
    Beda halnya dengan cv kreatif yang akhir-akhir ini sedang banyak digemari. Banyak yang tidak menggunakan tanda-tangan dan nama terang. CV dibuat menggunakan desain grafis yang bagus dan menarik.

✓ Daftar Riwayat Hidup Doc

Template daftar riwayat hidup sederhana sebetulnya bisa kamu beli di toko fotokopi, biasanya mereka selalu menyediakan. Jadi kamu tinggal menulis dan mengisi kolom-kolom kosong yang sudah tersedia.

Namun, banyak juga yang menginginkan untuk membuatnya dengan mengetik sendiri untuk kemudian diprint dalam selembar kertas.

Nah berikut ini kami sudah menyediakan draftnya di google doc. Kamu tinggal copy paste dan mengubah data sesuai riwayat hidup kamu. Lalu cetak sendiri deh.

Kamu bisa langsung copy paste di Ms. Word atau download berkasnya. Kalau mau mengunduhnya kamu bisa baca >> cara download file google doc

>> DOWNLOAD <<

✓ Contoh Daftar Riwayat PDF

Contoh yang pertama ini adalah daftar riwayat hidup bahasa inggris dalam format pdf. Cukup kreatif menggunakan desain grafis yang bagus. Lihat dibawah ini.

Kalo mau didwonload juga bisa kok. File pdf tersebut kami unggah di google drive, klik saja tanda kotak panah dipojok atas sebelah kanan frame untuk membuka halaman di google drive. lalu silahkan klik tombol download.

✓ Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Bagi kamu yang masih fresh graduate tentu ada juga yang bingung bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan menarik. Berikut ini ada contohnya. Kamu bisa menjadikan ini sebagai acuan kamu.

✓ Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Meskipun kini sudah jamannya teknologi. Namun sebagian orang masih menginginkan untuk membuat surat riwat hidup dengan tulis tangan. Entah karena mereka belum melek teknologi maupun karena memang supaya terlihat tulisan tangan mereka.

Apapun alasan yang mereka gunakan kita tetap harus menghargai upaya mereka. Nah, Berikut ini adalah referensi sebagai contoh;

contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dikertas folio

✓ Contoh Daftar Riwayat Hidup Lulusan SMA Sederajat

Bagi yang baru lulus SMA/ SMK/ MA sederajat yang mau langsung kerja gak usah bingung-bingung bikin surat riwayat hidup. Banyak contohnya yang bisa dijadikan referensi. Jika belum pernah memiliki pengalaman kerja, pada bagian riwayat pengalaman kerja bisa kamu isi dengan keahlian kamu di bidang apa, pengalaman organisasi, PKL / Magang dan lainnya yang menunjukkan prestasi kamu.

Seperti berikut ini contohnya.

contoh daftar riwayat hidup sma sederajat

Demikianlah ulasan mengenai daftar riwayat hidup. Draft tersebut diatas yang sudah kami bagikan bisa kamu gunakan untuk membuatnya. Tinggal isi kolom kolomnya, edit sesuai dengan informasi riwayat hidup kamu. Buat semaksimal mungkin terbaik dan menarik.

One comment

  1. Contoh yang sederhana, izin download gan. Thanks.

Leave a Reply