Desain Label Makanan Minuman yang Menarik

Label kemasan sebuah produk baik makanan maupun minuman sangat berperan penting dalam menarik minat beli, menguatkan branding dan menaikkan nilai jual produk.

Kamu memiliki produk? tidak usah minder untuk dikemas menggunakan label produk.

Nah, sesuai dengan judul. Kali ini serbabisnis akan mengulas dan berbagi tips tentang desain label kemasan produk makanan maupun minuman.

Seberapa Penting Memiliki Label Kemasan Produk?

Siapa bilang label kemasan produk yang bagus dan keren hanya bisa dimiliki oleh perusahaan berskala besar saja. Kini siapa saja, baik usaha pribadi maupun UMKM dapat dengan mudah membuat label kemasan untuk mempercantik produk agar lebih menarik minat beli konsumen.

Selain untuk mempercantik kemasan agar menarik minat pembeli, label produk sangat penting untuk menunjukkan ciri dan juga identitas produk. Yap, banyak orang menyebutnya dengan branding.

Lebel produk pada kemasan menjadi pembeda antara produk yang kamu miliki dengan produk yang lain meskipun sama jenisnya.

Label juga fungsi sebagai media promosi dan penyampaian informasi mengenai brand/ logo, legalitas, kualitas dan lainnya hingga terteranya tanggal kadaluarsa produk.

Informasi Apa yang Harus Ada dalam Label?

Sebuah label produk harus berisikan informasi tentang produk itu sendiri. Dalam sebuah label produk setidaknya berisi informasi seperti, Logo/ merk dagang atau branding, slogan atau tag line, keterangan produk, komposisi/ bahan baku, perizinan, netto/berat bersih, tanggal kadaluwarsa, kontak dan juga tempat produksi.

Tips Membuat Label Produk Makanan Minuman Yang Menarik

Label kemasan yang baik adalah yang memberikan semua informasi tentang sebuah produk kepada konsumennya. Jadi selain desain grafis yang keren dan menarik, label makanan maupun minuman harus menggambarkan dan juga mewakili isi dari sebuah produk.

Dalam membuat dan mendesain sebuah label makanan/ minuman, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Bisa dibilang gampang-gampang susah, tidak hanya asal-asalan membuat desain keren yang mencatumkan logo maupun merk dagang saja.

Yuk simak tips membuat label produk makanan/ minuman berikut ini:

1. Bentuk dan Ukuran Label Kemasan

Jika kamu memiliki sebuah produk dan akan dikemas tentu kamu akan memilih kemasan seperti apa yang akan kamu gunakan. Misal kemasan berbentuk box makanan, standing pouch berbahan aluminium foil, botol minuman kekinian dan lainnya.

Kemasan tersebut pasti memliki ukuran sesuai dengan produk yang kamu jual. Oleh karena itu, tentukan bentuk dan ukuran label yang cocok dan sesuai dengan kemasan yang digunakan.

Kamu bisa memilih bentuk kotak, bundar, persegi panjang atau bentuk lainnya. Sesuaikan ukurannya dengan kemasan digunakan, jangan terlalu kecil karena label kemasan menjadi sulit terlihat.

2. Warna

Pemilihan komposisi warna juga sangat berpengaruh pada hasil desain yang bagus. Perpaduan warna yang serasi akan membuat label menjadi semakin indah dan menarik minat pembeli.

Tahukah kamu bahwa setiap warna memiliki efek psikologi yang berbeda beda?

Warna merah dan kuning menjadi pilihan yang banyak digunakan untuk label makanan. Mengapa? karena menurut penelitian menunjukkan bahwa warna merah dan kuning mampu memberikan efek psikologis yang membuat orang yang menjadi merasa ingin makan.

Selain itu, pemilihan warna warna yang cerah dan mencolok memiliki kelebihan dapat terlihat dengan jelas oleh konsumen.

3. Jenis Huruf dan Ukurannya

Tips memilih jenis huruf atau font dan ukuran yang cocok digunakan pada label. Gunakan jenis huruf yang menarik namun tetap jelas jika dibaca. Gunakan ukuran yang tepat dan proporsional. Jangan terlalu kecil hingga sulit terbaca.

Jangan sekali kali menggunakan font yang terlihat keren namun rumit dan sulit terbaca. Ini hanya akan membuat sia sia label kemasan produk yang kamu buat tidak dapat menyampaikan informasi produk dengan sempurna kepada konsumen.

Sebagai contoh jenis huruf yang dapat kamu gunakan adalah sesederhana font standar Arial, Times new roman, Calibri.

Dengan penempatan yang tepat dan pemilihan ukuran yang sesuai, jenis font standar ini justru dapat memberikan kesan elegan dan dapat dengan mudah menyampaikan dan mewakili isi informasi mengenai produk.

4. Grafis, Gambar Ilustrasi atau Foto Produk

Selain berisi informasi yang berbentuk tulisan, penambahan layer grafis berupa gambar ilustrasi atau foto yang berkaitan dengan produk menjadi nilai plus untuk menambah daya tarik.

Misal, produk makanan yang kamu jual adalah roti maka kamu bisa menambahkan gambar ilustrasi roti atau foto produk roti milik kamu.

5. Letak dan Struktur Informasi Pada Label

Tata letak dan struktur informasi menjadi sangat penting agar label kamu tetap terlihat tertata. Tidak semrawut, mudah dibaca dan dipahami.

Pengaturan letak logo dan tagline, merek dagang, komposisi produk hingga informasi kontak harus benar-benar diperhatikan. Jarak antara informasi satu dengan yang lainnya disesuaikan agar tidak terlalu dekat.

Pemberian jarak tepi label jangan terlalu mepet untuk memastikan pada saat pemotongan stiker tidak ada informasi yang ikut terpotong.

6. Pemilihan Bahan Label

Bahan cetak stiker label makanan atau minuman yang sudah kamu buat juga sangat penting untuk diperhatikan. Ada beberapa jenis bahan stiker label yang dapat kamu pilih. Diantaranya adalah bahan cetak stiker cromo dan vinyl.

Penggunaan bahan label dari stiker cromo lebih banyak dipilih karena harganya yang lebih murah dibandingkan vinyl. Selisihnya memang separuh harga. Namun untuk kualitasnya tentu sangat berbeda ya.

Namun demikian, jika kamu menghendaki untuk kualitas bahan label stiker yang bagus kamu bisa memilih stiker vinyl.

7. Kualitas Cetak Label

Tips yang terahir adalah dalam memperhatikan kualitas cetak label yang telah dibuat. Faktor yang mempengaruhi kualitas cetak yakni dari file hasil desain, bahan dan juga mesin yang digunakan.

Dalam hal file hasil desain, sebelum dicetak sebaiknya kamu sudah mempersiapkan dengan baik. Gunakan file vector dengan coreldraw untuk masuk ke percetakan. Jika terpaksa dalam bentuk image, sebaiknya gunakan image dengan resolusi yang besar agar kualitasnya tetap bagus dan tidak pecah.

Dari segi bahan sudah dibahas di atas ya. Bahan stiker seperti apa yang sebaiknya digunakan.

Kemudian, dari segi mesin cetaknya. Kamu harus pandai pandai mencari referensi percetakan yang menggunakan mesin cetak yang masih bagus hasil printoutnya.

Contoh Label Makanan Minuman

Masih bingung menentukan konsep desain untuk membuat label makanan maupun minuman produk hasil olahan kamu? Sebagai bahan referensi, berikut ini serbabisnis telah mengumpulkan beberapa contoh label makanan minuman dengan desain yang keren dan juga menarik. Salah satunya mungkin sesuai dengan keinginan kamu.

1. Stiker Label Makanan

Stiker Label Makanan Sambianca Chocolatier
image:IG\@zeeprint

Buah dari perkembangan teknologi yang semakin pesat kini bentuk stiker label makanan tidak melulu dengan bentuk yang standar. Dengan teknik die-cut kamu bisa membuat stiker label makanan dengan bentuk apapun. Seperti contoh di atas.

2. Stiker Label Minuman

Stiker Label Minuman Coffe Motret
image:IG\@labelstiker

Kamu bisa menggunakan bahan vinyl transparan untuk membuat stiker label minuman seperti contoh di atas.

Untuk label minuman kemasan botol seperti ini memang lebih banyak disukai desain flat hitam tanpa kombinasi warna cerah lainnya.

Namun, jika kamu menghendaki untuk desain yang fullcolor kamu bisa memilih bahan cromo, sistemnya sama saja tinggal di tempel di kemasan botol minuman tersebut. Seperti contoh label minuman berikut:

Stiker Label Minuman Susu Kurma Kirei
image:IG\@labelstiker

3. Stiker Label Makanan Unik

Label Makanan Unik
image:IG\@zeeprint

Sesuatu yang unik cenderung lebih banyak mendapatkan perhatian. Begitu juga dengan label produk, jika kamu membuat desain yang unik tentu akan menjadi pembeda yang sangat mencolok dibandingkan dengan produk lainnya meskipun jenisnya sama. Seperti contoh stiker label makanan unik di atas.

4. Stiker Label Makanan Ringan

Contoh label makanan ringan berikutnya ini terlihat sangat menarik yakni contoh label makanan keripik.

Stiker Label Makanan Ringan Captain Kreezz
image:IG\@captainkreezz

Makanan ringan olahan rumahan juga tidak kalah keren dan memiliki nilai jual tinggi ketika dikemas dan diberi label makanan yang bagus. Seperti contoh di atas adalah makanan ringan berupa kripik pisang yang dikemas dengan desain yang keren dan sangat menarik.

5. Label Makanan Home Industri

Label Makanan Home Industri
image:IG\@supostikerlabel

Contoh label makanan home industri seperti di atas cocok jika ditempel pada toples yang biasanya digunakan sebagai kemasan.

Jika produk home industri milik kamu menggunakan kemasan lain, tentu kamu harus sesuaikan lagi bentuk labelnya agar cocok dengan kemasannya.

6. Label Makanan Sederhana

Label Makanan Sederhana
image:IG\@happyart.id

Contoh stiker label makanan sederhana ini cocok digunakan untuk kemasan box atau kotak makanan yang biasanya terbuat dari bahan Styrofoam.

Cari Desain Label Makanan Kosong

Kamu membutuhkan template desain label makanan yang masih kosong? banyak kok situs situs besar yang menyediakan template desain untuk diedit sedemikian rupa menjadi stiker label produk makanan maupun minuman milik kami.

Sebagai contoh, kamu bisa mencarinya di situs freepik.com. disana terdapat banyak sekali template desain dari mulai yang gratis hingga yang berbayar.

Kamu tinggal cari saja melalui fitur cari sesuai dengan kata kunci yang kamu inginkan. Misal; “label“, “sticker“, “packaging“, “food” dan lain sebagainya. Nanti akan muncul banyak sekali pilihan template yang bisa kamu unduh.


Itulah rangkuman pembahasan, tips membuat desain label makanan dan juga contoh contoh yang telah kami kumpulkan sebagai bahan referensi untuk membantu kamu dalam membuat desain stiker label makanan maupun minuman produk olahan usaha kamu.

Masih bingung menemukan konsep mana yang cocok?

Jika kamu benar benar sudah buntu dan tidak mau ambil pusing untuk membuat desain label produk kamu, Gunakan saja jasa desain profesional untuk membantu membuat konsep dan desain label produk milik kamu.

Butuh jasa desain yang profesional? kami siap membantu Kamu.

Jangan sungkan untuk menghubungi kami, klik link untuk WA dengan kami >> Ya, Saya Butuh Jasa Desain Label Kemasan Produk

Jika bermanfaat, kalian bisa ikut membantu kami agar kami dapat terus update dengan menyebarkan artikel ini ke jejaring sosial. Dukung kami dengan kritik, saran yang membangun dengan berkomentar melalui kolom komentar di bawah.

Terima kasih

Share
  • 5
    Shares
  • 5
    Shares

Leave a Reply