Skip to main content

Tips Memilih Hewan Kurban Idul Adha

Domba-Hewan-Kurban-Idul-Adha

Sebentar lagi Hari raya Idul Adha datang. Hari rayanya umat Islam yang diperingati setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Idul Adha memang identik dengan penyembelihan hewan kurban, jadi banyak juga yang menyebutnya dengan hari raya Kurban.

Nah… di tahun 2019 ini, jika menggunakan kalender masehi, hari raya Idul Adha diperingati di hari Ahad tanggal 11 Agustus 2019. Tentu banyak umat muslim yang sudah mulai mencari cari mengenai hewan kurban. Persiapan membeli hewan kurban untuk disembelih di hari raya Idul Adha.

6 Alasan Mengapa Harus Berkurban

Mengapa harus berkurban di hari raya Idul Adha? mari simak:

Allah SWT memberikan perintah kepada hambanya pastilah mengandung hikmah. Termasuk mengenai berkurban di hari Raya Idul Adha. Perintah berkurban sebetulnya sudah ada sejak jaman Nabi Adam loh. termuat dalam Al Quran Surat Al-Maidah ayat 27;

Al Quran Surat Al-Maidah ayat 27

Pasti kamu sudah sering dengar tentang kisah Nabi Ibrahim yang bermimpi untuk menyembelih Ismail anaknya.

Yap, perintah berkurban datang kepada Nabi Ibrahim pada usia yang ke-100 tahun. Nabi Ibrahim mendapat mimpi hingga tiga kali yang datangnya dari dari Allah SWT untuk menyembelih putranya yang bernama Ismail. Keduanya memenuhi perintah tersebut dengan penuh keihlasan dan ketakwaan.

Ketika hendak menyembelih Ismail, saat pisau telah diarahkan ke leher, Allah SWT menggantinya dengan seekor domba. Karena ketakwaan dan kesabaran mereka, dengan kuasa Alloh SWT Nabi Ibrahim tidak menyembelih Ismail.

Surat As-Saffat Ayat 103
Surat As-Saffat Ayat 103
As-Saffat Ayat 105

Hikmah apa saja yang dapat diambil dari menunaikan kurban?. Mari simak penjelasan berikut;

#1 Tanda Syukur Kepada Alloh SWT dan Wujud Syukur atas Nikmat-Nya

Berkurban menjadi tanda syukur kita kepada Allah SWT. Jika kita memiliki rizki yang lebih, sisihkan untuk membeli hewan kurban. Berkurban sekaligus menjadi wujdu syukur kita atas nikmat yang diberikan oleh-Nya. Masih banyak orang yang belum seberuntung kita. Daging hewan kurban akan dibagikan supaya mereka yang belum mampu juga bisa ikut merasakan makan daging.

#2 Meneladani Ajaran Nabi Ibrahim (ikhlas, takwa dan sabar)

Dalam kisah nabi Ibrahim dan Ismail yang sulit diterima dengan akal sehat manusia. Mereka ikhlas dengan penuh ketakwaan dan kesabaran menjalankannya, karena semua itu adalah perintah dari Alloh SWT.

#3 Melepaskan Sifat Dunia

Apapun yang kita miliki di dunia ini semata mata hanyalah titipan Alloh SWT. Pada Saatnya nanti pasti akan kembali pada-Nya. Dengan berkurban, kita belajar untuk melepaskan sifat keduniawian, untuk apa harta yang kita miliki jika tidak digunakan sesuai tuntunan agama.

#4 Tanda Taqwa

Hukum berkurban di hari raya Idul Adha adalah ibadah sunnah. Jika kamu telah mampu untuk berkurban maka tunaikanlah. InsyaAlloh pahala yang besar bagimu.

#5 Memberikan Manfaat Kepada Sesama

Dengan berkurban kita telah menjalankan dua hubungan ibadah sekaligus. Habluminalloh dan Habluminannas, yaitu ibadah yang berhubungan dengan Alloh dan juga hubungan dengan sesama manusia.

Berkurban sama saja dengan menyejahterakan sesama, terlebih bagi yang kurang beruntung. Disisi lain juga dapat mempererat tali persaduaraan.

Tips Memilih Hewan Kurban

Ingat!, jangan asal membeli hewa kurban ya. Hewan yang akan dijadikan kurban harus memiliki kriteria hewan yang layak. Tidak bisa sembarang hewan bisa dijadikan hewan kurban.

Berikut ini tips memilih hewan ternak untuk kurban di hari raya Idul Adha, Mari simak:

#1 Jenis Hewan Ternak

Hewan untuk berkurban adalah dari jenis hewan ternak seperti kambing, domba, sapi, kerbau atau unta seperti yang telah menjadi ketentuan. di Indonesia umunya hewan kurban adalah Kambing, Domba, atau Sapi.

#2 Memenuhi Syarat Umur

Ketentuan setiap jenis hewan ternak untuk kurban berbeda-beda. Kambing atau domba bisa dijadikan hewan kurban apabila sudah berusia satu tahun, sedangkan sapi atau kerbau jika sudah berumur dua tahun. Sementara itu untuk unta jika sudah berumur lima tahun.

#3 Hewan Kurban Sudah Mengalami Pergantian Gigi Seri Depan dan Bawah

Bagaimana cara mengetahui bahwa gigi seri depan dan bawah sudah mengalami pergantian. Lihat saja, Bahwa karakter gigi susu yang kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap setelah pergantian adalah besar dan rata.

#4 Hewan yang Sehat, tidak menunjukkan tanda tanda sakit

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat. Tidak menunjukkan tanda-tanda sakit. Sakit seperti apa? seperti demam, kurang nafsu makan, diare, lemas, ada lendir banyak di lubang hidung karena flu, kudis, bulunya kusam dan berdiri, matanya cekung dan kotor.

#5 Gemuk dan tidak Cacat

Belilah hewan kurban yang gemuk, tidak kurus dan tidak cacat seperti buta, pincang, daun telingannya tidak ada.

#6 Tips tambahan, Ciri ciri hewan yang sehat

Hewan kurban yang sehat cuping hidungnya basah (bukan karena flu), nafas dan detak jantungnya normal, nafsu makannya normal, lubang kumlahnya bersih dan berwarna merah muda, bulunya bersih dan mengilap.

Tata Cara Menyembelih Sesuai Sunah

Setelah memilih dan membeli hewan kurban yang baik sesuai tips diatas. jika mampu, ada baiknya penyembelihan dilakukan sendiri oleh shohibul kurban. Jika tidak mampu maka bisa diwakilkan kepada orang lain yang lebih paham.

Berikut ini adalah tata cara penyembelihan hewan kurban di hari raya Idul Adha, Mari simak.

#1 Disembelih oleh shohibul kurban sendiri, atau diwakilkan

Penyembelihan hewan kurban lebih baik jika dilakukan oleh shohibul kurban sendiri. Jika ia tidak mampu maka bisa diwakilkan orang lain. Shohibul kurban disyariatkan untuk ikut menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban.

#2 Menggunakan Pisau yang Sangat Tajam

Menyembelih hewan kurban dianjurkan menggunakan pisau yang sangat tajam. Semakin tajam, semakin baik.

#3 Jangan mengasah golok atau pisau di depan hewan kurban

Mengasah pisau didepan hewan kurban yang akan disembelih dapat menyebabkan dia ketakutan. Bahkan bisa menyebabkan stres hewan sebelum disembelih dan bisa saja hewan kurban mengamuk.

#4 Menghadapkan hewan ke arah kiblat

Hadapkan hewan ke arah kiblat ketika menyembelih. Cara yang tepat adalah dengan memposisikan kepala hewan di Selatan, leher dan kaki menghadap ke Barat.

#5 Membaringkan hewan di atas lambung kiri

Hewan yang akan disembelih hendaknya dibaringkan ke sebelah kiri. Posisi lambung sebelah kiri berada dibawah sedangkan lambung sebelah kanan diatas. Ini akan memudahkan bagi penyembelih, karena penyembelih dilakukan menggunakan tangan kanan.

#6 Menginjakkan kaki di leher hewan

Hadis dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu:

“Rasulullah (Muhammad) shallallahu ‘alaihi wa sallam berkurban dengan dua ekor domba. Aku lihat beliau meletakkan kaki beliau di leher hewan tersebut, kemudian membaca basmalah ….” (HR. Bukhari & Muslim).

#7 Doa Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha

  1. Membaca Basmalah
  2. Membaca takbir (Allahu akbar)
  3. Jika disembelih sendiri, membaca hadza minka wa laka ‘anni wa ahli baitii
  4. Jika disembelih oleh wakil, membaca hadza minka wa laka ’an fulan (disebutkan nama shohibul kurban)

Jadi secara lengkap seperti ini;

Jika hewan kurban disembelih sendiri oleh shohibul qurban maka membaca; “Bismillah, Allahumma hadza minka wa laka ‘anni wa ahli baitii

Jika hewan kurban disembelih oleh yang mewakili maka membaca; “Bismillah, Allahumma hadza minka wa laka ‘an fulan (disebutkan nama shohibul kurban) wa ahli baitihi

#8 Disembelih dengan cepat

Penyembelihan hewan kurban hendaknya dilakukan dengan cepat untuk meringankan apa yang dialami hewan kurban.

#9 Pastikan Penyembelihan di Leher Sesuai Syariat

Harus benar benar dipastikan bahwa bagian tenggorokan, kerongkongan, dan dua urat leher (kanan-kiri) telah pasti terpotong

#10 Membiarkan kaki kanan bergerak

Sebagian ulama menganjurkan untuk membiarkan kaki kanan hewan bergerak setelah penyembelihan. Hal ini dilakukan agar hewan lebih cepat meregang nyawa.

#11 Tidak boleh mematahkan leher sebelum hewan benar-benar mati

Para ulama menegaskan bawa perbuatan mematahkan leher sebelum hewan benar-benar mati hukumnya adalah dibenci. Hal itu karena akan menambah rasa sakit pada hewan.

Sumber Referensi:

6 Alasan Mengapa Harus Berkurban. dompetdhuafa.org, https://bit.ly/2LIoflR
6 Tips Memilih Hewan Kurban. dompetdhuafa.org, https://bit.ly/2Lf9bNl
Doa Menyembelih Hewan Qurban. konsultasisyariah.com. https://bit.ly/2JyHvPR

5 thoughts to “Tips Memilih Hewan Kurban Idul Adha”

  1. Banyak yg salah kaprah hewan kurban hanya untuk atas nama sendiri, padahal berkurban bisa bisa untuk atas nama sendiri dan keluarga.

Leave a Reply