Ukuran X Banner Standar Yang Biasa Digunakan Untuk Promosi

Macam-macam ukuran X Banner dan Roll Banner sesuai standar. Jenis: ✓ X Banner, ✓ Mini X Banner Meja, ✓ Y banner, ✓ Roll Up Banner.


Aktivitas suatu promosi produk memerlukan sebuah media yang memuat pesan-pesan yang ingin disampaikan. Standing banner atau juga dikenal dengan X-banner adalah salah satu pilihan untuk menjadi media yang praktis untuk promosi.

Mengapa Pilih Standing X Banner?

Media ini cukup populer diminati semua kalangan. Sangat mudah dijumpai di beberapa tempat umum. Misalnya di sebuah outlet atau sebuah toko fashion di dalam mall, di ruangan depan front office sebuah kantor perusahaan, atau ketika diselenggarakan sebuah pameran produk, x banner seringkali digunakan untuk media promosi.

Ada macam-macam x banner. Sesuai namanya x-banner menjadi media promosi yang memiliki ciri-ciri berdiri tegak karena ditopang oleh sebuah rangka penyangga.

X-banner memiliki kelebihan yakni sangat praktis dan juga ringan. Rangka dan bannernya bisa dilepas, bisa dilipat dan digulung sehingga sangat fleksibel dibawa ke manapun dengan mudah.

Namun, selain itu tentu juga memiliki kelemahan. Apa itu? karena memiliki berat yang ringan maka akan mudah jatuh jika tersenggol ataupun tertiup angin. Oleh karenanya, x banner ini sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang dilindungi dari terpaan angin.

Standing banner memiliki beberapa macam jenis, bentuk dan variasi ukurannya. Mau pilih menggunakan variasi yang mana, semua dikembalikan dan disesuaikan lagi pada kebutuhan dan juga anggarannya.

Misal, mini x banner memiliki ukuran yang kecil maka ini biasanya diletakkan pada sebuah meja. X/y banner dapat diletakkan di sudut-sudut ruangan, selain untuk media promosi ini juga dapat berfungsi sebagai dekorasi ruangan.

Macam-macam Ukuran X Banner Design

Dalam membuat sebuah desain x banner, ukuran tentu menjadi hal yang sangat penting diperhatikan di awal. Tamplat x banner harus dibuat sesuai dengan ukuran yang tepat. Jika tidak, bisa jadi saat dicetak nanti hasilnya tidak simetris dan tidak jelas.

Untuk itu, perhatikan dengan baik macam macam standing banner beserta standar ukuran yang harus digunakan. Ukuran desain x banner photoshop dan coreldraw bisa disesuaikan dalam pixel, mm, atau cm.

1. Ukuran X Banner Standar

ukuran x banner
image:site\aliexpress.com

Standing X banner adalah pilihan yang paling umum digunakan dipasaran untuk media promosi usaha bisnis dari level UMKM hingga Perusahaan. Jenisnya bisa berupa x banner indoor ataupun x banner outdoor.

Dalam dunia percetakan di Indonesia, ukuran x banner standar yang paling umum digunakan adalah 60 x 160 cm dan atau 80 x 180 cm.

Jenis x banner ini umumnya ditempatkan pada area-area yang mudah dilihat oleh khalayak umum. Misal di dekat pintu masuk toko atau outlet, kantor, perusahaan maupun instansi.

2. Ukuran Standing Y Banner

standing y banner
y banner mockup, image:site\directbannerprinting.com

Jenis standing banner ini hampir sama dengan x banner, y banner terdiri dari banner dan rangka yang saling terpisah. Bedanya dimana?, perbedaanya ada pada tiang penyangga yang memiliki bentuk seperti huruf ‘y’.

Y banner ini kurang populer jika dibandingkan dengan x banner. Ukuran y banner juga terbilang sama dengan x banner yakni 60 x 160 cm dan atau 80 x 180 cm.

3. Ukuran Mini X Banner

ukuran x banner mini
image:instagram\alkautsar_digitalprinting

Mini x banner juga banyak disebut dengan x banner meja. Hal ini karena ukurannya yang tergolong kecil dan biasanya diletakkan di atas sebuah meja.

Mini x banner selain digunakan sebagaimana fungsinya untuk media promosi, biasanya juga digunakan untuk mempercantik dekorasi meja front office maupun meja saat ada event-event pameran.

Beberapa variasi ukuran x banner mini yang umum digunakan adalah 26 x 38 cm atau 25 x 40 cm atau 30 x 42 xm.

Ukuran Roll Banner

ukuran roll banner
image:site\freepik.com by:pixia

Roll banner menjadi pilihan standing banner untuk media promosi yang lebih eksklusif. Terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan lainnya. Namun, sesuai dengan hasil yang didapatkan.

Media roll up banner dapat berdiri tegak vertikal 90 derajat karena memiliki rangka pada bagian atas dan bawah. Tingginya dapat disesuaikan karena kain bannernya dapat ditarik untuk digulung tanpa harus melepas keseluruhan rangkanya.

Ukuran roll banner standar yang umum digunakan adalah 60 x 160 cm, 85 x 200 cm, 80 x 200 cm

Penutup

Ukuran media dalam sebuah desain menjadi prioritas penting untuk pondasi awal. Hal ini berkaitan dengan resolusi pixel yang dihasilkan saat printout di percetakan.

Kesalahan pemilihan ukuran bisa berakibat fatal pada hasil cetaknya. Setidaknya harus mengulang pekerjaan yang banyak untuk memperbaiki ukuran desaiannya.

Cermati lagi sebelum membuat desain. Kita harus benar-benar sudah memiliki konsep desain, materi desain sampai kepada detail ukuran yang harus digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai ukuran standing x banner. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Leave a Reply