Skip to main content

10+ Contoh Brosur Dengan Desain Menarik

trifold-brochure-template

Serbabisnis, Contoh Brosur – Dalam dunia bisnis, perusahaan yang memiliki modal untuk promosi kadang memilih Televisi, majalah, koran, atau media lain untuk mengiklankan produk mereka. Bagaimana dengan yang tak cukup modal untuk beriklan dengan biaya besar di media seperti itu? jawabannya adalah Brosur, bisa menjadi salah satu pilihan untuk beriklan.

Meskipun disisi lain saat ini promosi melalui internet menjadi alternatif yang lebih murah, mudah, dan juga lebih cepat. Namun brosur juga masih tetap memiliki sasaran tersendiri dan hasilnya juga masih bisa dibilang efektif.

Apa itu Brosur?

Yuk sedikit mengulas istilah brosur. Apa si brosur itu?. secara umum bisa kita bilang bahwa brosur adalah sebuah lembaran mirip buku tipis yang berisi konten informasi tulisan dan juga gambar, dimanfaatkan untuk mengiklankan produk atau jasa. Di dalamnya juga berisi informasi perusahaannya.

Baca juga >> Maksimalkan Brosur Untuk Promosi

Perbedaan Brosus dan Flyer

Brosus dan Flyer sama sama berfungsi sebagai Media Promosi. Keduanya termasuk dalam media promosi cetak yang sangat efektif untuk mempengaruhi konsumen membeli suatu produk atau jasa.

Lalu apa perbedaan antara brosur dan flyer. Yuk simak beberapa perbedaanya.

1. Bentuk atau layout

Brosur memiliki bentuk yang lebih beragam, semua sisinya tercetak berisi informasi yang lebih detail. Oleh karena itu pada umumnya brosur memiliki lipatan sebagai halaman informasi produk atau jasa yang ditawarkan.

Sedangkan Flyer berbentuk lembaran cetak tunggal yang tidak dilipat. Biasanya tercetak hanya satu sisi lembar saja, sedangkan sisi lainnya kosong. Lebih akrab disebut dengan selebaran, karena biasanya disebar secara manual ke orang-orang yang berjalan. baik di sebuah acara, pameran, di pinggir jalan, ataupun tempat umum lain yang ramai.

2. Ukuran dan Jenis Kertas Cetak

Brosur bisa dicetak dan dibuat dengan ukuran yang beragam. Brosur dicetak menggunakan kertas yang lebih tebal dan berat dibandingkan dengan flyer. Bisa menggunakan kertas ivory 210gram dan lebih tebal lagi.

Sedangkan Flyer lazimnya dicetak menggunakan kertas yang lebih tipis dan ringan berukuran A4 atau 21×29,7cm atau kertas dengan ukuran yang lebih kecil seperti A5 (14,8x21cm) dan A6 (10,5×14,8cm).

Cara Membuat Desain Brosur dengan Aplikasi Online Canva

Jaman serba digital semua serba dimanjakan. Jika kamu tidak memiliki keahlian dalam mendesain, sekarang sudah ada aplikasi online yang cukup mudah untuk mendesain brosur. Dengan template yang sudah tersedia akan membuat siapa saja bisa mendesain dengan gampang.

Yuk simak cara membuat brosur online dengan canva.

1. Login ke canva

Kami asumsikan kamu sudah memiliki akun di canva.com. Jika belum silahkan daftar sign up dulu. Gampang, bisa langsung sign up menggunakan gmail atau facebook. gratis kok!

2. Pilih Template Brosur dan Desain sesuai kebutuhan kamu

Halaman dashboar aplikasi canva setelah login

Setelah login, kamu akan masuk ke halaman dashboardnya aplikasi canva. Untuk membuat desain brosur, pilih tombol creat a design di menu kiri atas dan pilih template brochure. Kamu juga bisa langsung klik categori brochure yang ada di tengah halaman.

Di aplikasi canva sudah disediakan banyak sekali template brosur. Kalian tinggal pilih mana template desain brosur yang kamu inginkan untuk produk atau jasa yang akan kamu bikin brosurnya.

banyak pilihan template desain di aplikasi canva

Tinggal pilih dan klik saja desain mana yang akan kamu pakai. kemudian klik tombol use this template untuk memilih.

tombol use this template canva

Setelah memilih salah satu template desain brosur maka akan dialihkan ke halaman editor desain online aplikasi canva. lihat gambar

halaman editor desain online aplikasi canva setelah memilih templat brosur

Saatnya untuk berkreasi, untuk merubah tulisan bisa langsung klik di kolom tulisan. Bisa juga menambah atau mengganti tulisan sesuai dengan menu yang ada di sebelah kiri. Bisa dengan cara drag an drop dari menu kiri ke kolom halaman yang akan di tambahi.

Jika ingin menambahkan foto dari komputer kamu bisa melalui menu upload di menu sebelah kiri halaman.

Setelah selesai mendesain kamu bisa download hasil desain brosur kamu dengan klik tombol download di menu atas. Ada beberapa format file yang bisa dipilih yaitu, PDF, PNG, Jpeg. lihat gambar!

well, kamu sudah memiliki file desain brosur sendiri yang siap untuk dicetak.

Ukuran defoult template desain brosur yang kamu dapatkan adalah ukuran kertas legal yaitu 11×8,5 in atau 279.4×215.9 mm. Nah, jika ingin merubah ukuran diversi free tidak diperbolehkan, dengan kata lain harus upgrade akun ke versi yang berbayar.

Tips Membuat Brosur Yang Menarik

Yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah brosur adalah bagaimana informasi yang ada di dalam brosur bisa diterima oleh pembacanya, sehingga menarik minat untuk membeli produk/ jasa yang ditawarkan dalam brosur.

Berikut ini adalah tips membuat brosur agar lebih menarik dan efektif.

1. Lihat Target Pasar

Brosur yang baik adalah brosur yang sesuai dan tepat dengan siapa sasarannya. Baik dari gaya bahasanya hingga desainnya. Untuk itu sebaiknya sebelum membuat desain harus mengetahui dulu siapa target pasarnya.

2. Buat Halaman Depan Semenarik Mungkin

Halaman depan atau cover menjadi bagian terpenting untuk menarik minat baca. Buat headline semenarik mungkin dan tepat sasaran, judul dan sub judul brosur yang menarik.

Rata rata orang hanya mau melihat dalam hitungan detik pada pandangan pertamanya. Jangan sia siakan waktu yang singkat itu supaya pembaca memutuskan untuk lanjut melihat isi konten brosur lebih dalam.

3. Bikin Poin Poin Penting

Seperti yang sudah dijeaskan sebelumnya, para pembaca brosur tidak akan membuang waktu mereka dalam watu yang lama. Untuk itu selain membuat detail detail informasi maka perlu dibuat point penting agar pembaca bisa langsung menangkap dan menerima maksud yang tertuang dalam brosur dalam waktu yang singkat.

Poin poin itu misalnya seperti info penawaran produknya, informasi promo, harga, penawaran garansi dan informasi lain yang diinginkan. Poin poin tersebut bisa diletakkan dibawah header.

4. Buat Desain Brosur Nampak Profesional

Sebuah brosur tentu harus bisa menarik perhatian perhatian pembaca. Desain juga berperan penting dalam hal ini. Perpaduan warna dan background, penggunaan ukuran dan jenis font, tata letak hingga kerapihan brosur tentu menjadi nilai plus untuk meningkatkan ketertarikan bagi pembacanya.

5. Terakan Informasi Kontak yang Jelas

Sebuah brosur tentu harus menerakan informasi kontak untuk mempermudah pembaca menghubungi perusahaan. Saat ini menerakan nomer telepon sudah kurang efektif, terakan juga semua media sosial (Facebook, Instagram), kontak WhatsApp, BBM, website atau bahkan email.

Contoh Contoh Desain Brosur

Butuh referensi untuk desain brosur? berikut ini sudah kami kumpulkan beberapa desain brosur. Didalamnya juga termasuk dalam contoh brosur sederhana, contoh brosur simple namun tetap terlihat profesional dan menarik.

Contoh Brosur Laundry Kiloan

Bagi kalian yang memiliki bisnis loundry dan akan membuat brosurnya, gambar brosur dibawah ini bisa menambah ide kamu.

Gambar Contoh Brosur Reguler loundry kiloan | Facebook:\@Laundry Simply Fresh Jambi
Gambar Contoh Brosur Diskon loundry kiloan | Facebook:\@Laundry Simply Fresh Jambi

Contoh Brosur Wisata

Contoh brosur paket wisata explore green canyon ini terlihat sederhana namun sangat menarik.

Brosur Wisata Green Canyon | Source:\ gogreencanyon.com
Paket Wisata Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran, Jelajahi Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Menyusuri Sungai Cijulang dan semi Body Rafting
Brosur Paket Wisata Green Canyon | Source:\ gogreencanyon.com

Contoh Brosur Produk

Brosur produk berikut terlihat sangat profesional, selain fokus pada penawarannya desainnya pun juga bagus.

Gambar Contoh Brosur Produk Pupuk Hayati Biokonversi | Twitter:\@biokonversi_id
Gambar Contoh Brosur Produk Pupuk Hayati Biokonversi | Twitter:\@biokonversi_id

Contoh Brosur Sekolah

Berikut ini adalah contoh brosur sekolahan yang keren. Tidak berlebihan dan tetap menampilkan desain yang bagus dan juga informatif.

Brosur Sekolah Penerimaan Peserta Didik Baru Halaman 1 | Source:\smanu2gresik.sch.id
Brosur Sekolah Penerimaan Peserta Didik Baru Halaman 2 | Source:\smanu2gresik.sch.id
Brosur Sekolah SMPIT & SMAIT Al Ukhuwah PPDB TP 2020/2021 halaman 1 | Source:\smpitalukhuwah.sch.id
Brosur Sekolah SMPIT & SMAIT Al Ukhuwah PPDB TP 2020/2021 halaman 1 | Source:\smpitalukhuwah.sch.id

Contoh Brosur Les Privat

Mau bikin brosur bimbingan belajar atau les privat? gambar brosur dibawah ini mungkin bisa menambah ide dan inspirasi.

Brosur bimbingan belajar Youth Educational Centre Halaman 1 | source:\bimbelyec.com
Brosur bimbingan belajar Youth Educational Centre Halaman 2 | source:\bimbelyec.com
Contoh Brosur Les Privat Cimahi / TK, SD, SMP, SMA Royal Education | source:\gurulesprivatcimahi.wordpress.com

Contoh Brosur Kerajinan

Produk produk kerajinan juga bisa dibikin dalam brosur layaknya katalog seperti dalam contoh berikut.

Contoh brosur produk kerajinan UMKM untuk kegiatan ekspo

Contoh Brosur Makanan

Bagi pelaku bisnis kuliner brosur makanan bisa jadi alternatif untuk strategi pemasaran. Contoh berikut ini terlihat profesional dan keren juga.

Brosur Toko Kue Solidarity Bakery Aceh Besar
Brosur dan Daftar Harga Della Roti halaman depan| Source:\jerukoffset.com
Brosur dan Daftar Harga Della Roti halaman belakang | Source:\jerukoffset.com
BROSUR A4 Royal Snack Box Dengan Harga Halaman Depan | source:\royalsnackbox.com
BROSUR A4 Royal Snack Box Dengan Harga Halaman Depan | source:\royalsnackbox.com

Contoh Brosur Kesehatan

Rumah sakit dan puskesmas biasanya yang menyediakan brosur dibidang kesehatan. Seperti contoh berikut ini nih.

Brosur Dimensia, Brosur dalam bidang kesehatan | source:\rsud.tabanankab.go.id
Brosur Geriatri, Brosur dalam bidang kesehatan | source:\rsud.tabanankab.go.id
Brosur Osteoporosis, Brosur dalam bidang kesehatan | source:\rsud.tabanankab.go.id

Contoh Brosur Bengkel Motor

Bengkel motor pun tidak mau ketinggalan bikin brosur.

Brosur Promo Ahass Surya Mustika | source:\suryamustikamotor.com

Contoh Brosur Bahasa Inggris

Kalau yang ini si udah level internasional, jadi brosur yang dibuat memang harus memakai bahasa inggris.

Brochure balinese initiative page 1, contoh brosur dalam bahasa inggris
Brochure balinese initiative page 2, contoh brosur dalam bahasa inggris

One thought to “10+ Contoh Brosur Dengan Desain Menarik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *